User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kutil kelamin laki laki adalah pertumbuhan berdaging yang kecil, benjolan atau perubahan kulit yang muncul di sekitar area genital atau anal. Kutil kelamin sangat umum, kutil kelamin adalah jenis infeksi menular seksual (IMS) kedua yang paling umum setelah klamidia. Kutil kelamin adalah hasil dari infeksi kulit virus yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Biasanya tidak menyakitkan dan tidak meimbulkan ancaman serius bagi kesehatan. Akan tetapi bisa menjadi tidak menyenangkan untuk dilihat dan menyebabkan tekanan psikologis.

Fakta Umum Kutil Kelamin Laki Laki

Pada pria, kutil kelamin tidak biasa seperti pada wanita. Kutil muncul di ujung penis akan tetapi juga dapat muncul di sekitar anus, terutama ketika virus ditularkan selama seks anal. Sebagian besar jenis kutil akan muncul antara 1 bulan hingga 3 bulan setelah infeksi. Jika terinfeksi, maka harus memeriksakannya untuk menghindari komplikasi dan untuk mencegah agar tidak menularkan infeksi ke pasangan seksualnya.
 
Hampir semua kasus kutil kelamin muncul pada batang penis dan biasanya tepat dibawah kulit khatan. Kutil kelamin ada disekitar anus, kutil kelamin berada di kepala (glans) penis, kutil kelamin berada di dalam uretra, kutil kelamin berada dibawah kulit khatan, kutil kelamin muncul diantara anus dan skrotum dan kutil kelamin ada di skrotum.

Apa Yang Menyebabkan Kutil Kelamin Laki Laki?


Kutil kelamin disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). HPV bukan virus tunggal, akan tetapi lebih dari 100 jenis virus. Strain yang berbeda biasanya mempengaruhi bagian tubuh yang berbeda termasuk tangan atau kaki. Meskipun sekitar 30 jenis HPV berbeda dapat mempengaruhi kulit genital, sebagian besar kasus infeksi HPV tidak menyebabkan gejala yang terlihat. Semua jenis kasus kutil kelamin disebabkan oleh 2 jenis virus tipe 6 dan tipe 11. Jenis-jenis HPV yang menyebabkan kutil kelamin yang terlihat tidak menyebabkan kanker genital, jenis HPV lain dapat menyebabkan kanker serviks (leher rahim).

Baca Juga : Pengobatan Untuk Kutil Kelamin Apakah Bisa Sembuh Total?

 

Apa Saja Gejala Utama Kutil Kelamin Laki Laki?

Kutil kelamin laki laki biasanya muncul sebagai benjolan kecil atau sekelompok benjolan di area genital di sekitar penis atau anus. Kutil ini kemungkinan kecil atau pun besar, terangkat ataupun rata atau datar dan berbentu seperti kembang kol. Kutil dapat hilang atau akan tetap sama pertumbuhannya, atau tumbuh setiap ukurannya atau jumlahnya. Biasanya dokter dapat mendiagnosis kutil kelamin hanya dengan melihatnya. Kutil kelamin dapat muncul kembali bahkan setelah pengobatan selesai. Jenis-jenis HPV yang menyebabkan kutil tidak dapat menyebabkan kanker.

Bagaimana Mendiagnosis Kutil Kelamin Laki Laki?


Mendiagnosis kutil kelamin bisa sangat rumit, pada kebanyakan orang merasa malu saat mengkonsultasikannya dengan dokter. Kutil kelamin tidak selalu terlihat dengan mata telanjang. Kemungkinan harus dilakukan tes atau pengujian untuk menentukan saat terinfeksi atau tidaknya. Jika merasa khawatir memiliki gejala kutil kelamin atau tidaknya, maka segera lakukan pemeriksaan dengan dokter.

Jika tes atau pengujian lebih lanjut kemungkiann memerlukan melakukan bipsi (pengambilan sampel jaringan dari kutil atau area kulit) dan di analisis di laboratorium. Ini akan sangat membantu mendeteksi tanda-tanda kanker genital atau kanker serviks (leher rahim). Bagi orang-orang yang dianggap berisiko harus melakukan tes atau pengujian HPV, dan melakukan pemeriksaan secara rutin (termasuk biopsi) untuk memastikan kondisinya.

Bagaimana Mengobati Kutil Kelamin Laki Laki?


Pengobatan untuk kutil kelamin tregantung pada berapa banyak kutil yang dimiliki dan dimana letaknya. Beberapa pengobatan tersedia, seperti cairan atau obat-obatan untuk membekukan kutil (cryotherapy). Jika didiagnosis dengan kutil kelamin maka usahakan tidak melakukan hubungan seksual termasuk seks anal dan seks oral sampai kutil genital telah sepenuhnya sembuh.

Ini akan sangat membantu untuk mencegah dalam menularkan infeksi pada orang lain. Ini juga akan membantu mempercepat pemulihan. Pengobatan ini bisa Anda temui di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani kutil kelamin terbaik di Jakarta Indonesia. Pengobatannya sangat terjamin aman dan nyaman serta terpercaya. Segera hubungi nomor kami di 081336361555 atau konsultasikan seperti dibawah ini.

Baca Juga : Kutil Kelamin Apakah Bisa Sembuh Dengan Obat-Obatan

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.