User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kencing nanah adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Neisseria Gonorrhoeae. Kencing nanah jika dibiarkan biasanya akan mempengaruhi area genital meskipun tenggorokan atau anus juga dapat terpengaruh. Kencing nanah mempengaruhi pria dan wanita dan mudah ditularkan selama hubungan seks vaginal. Ini juga dapat ditularkan selama seks anal dan seks oral.

Apa Yang Dimaksud Dengan Kencing Nanah?

Pada pria, paling sering menginfeksi uretra. Pada wanita, dapat menginfeksi uretra juga, serviks (leher rahim) atau keduanya. Selain itu dapat menginfeksi rektum, anus, tenggorokan dan organ panggul (pelvic). Dalam kasus yang sangat jarang sekali dapat menginfeksi mata. Kencing nanah jika dibiarkan tidak menyebabkan masalah jika mengobatinya dengan efektif. Akan tetapi kencing nanah jika dibiarkan dan tidak segera diobati dapat menyebabkan masalah yang serius. Bagi wanita, kencing nanah jika dibiarkan dan tidak diobati dapat pindah ke rahim, saluran tuba dan ovarium.

Apa Penyebab Kencing Nanah Jika Dibiarkan?


Jenis bakteri tertentu menyebabkan kencing nanah. Kencing nanah adalah infeksi menular seksual (IMS) yang berarti dapat menyebar dari 1 pasangan ke pasangan lain selama hubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral. Wanita yang sedang hamil dapat menularkan infeksinya pada bayinya selama persalinan.

Baca Juga : Penyakit Kencing Nanah Berbahaya Atau Tidak?

 

Apa Saja Gejala Kencing Nanah Jika Dibiarkan?

Gejala-gejala kencing nanah sedikit berbeda pada pria dan wanita.
 
1. Gejala Kencing Nanah Pada Wanita
 
Seringkali wanita dengan kencing nanah tidak mengalami adanya gejala. Hal ini dapat menyebabkan kencing nanah yang tidak terdeteksi lebih lama pada wanita dibandingkan pada pria (yang lebih sering mengalami gejala) jika tidak dilakukan tes atau pengujian secara teratur. Gejala kencing nanah pada wanita bisa meliputi:
 
o Keluarnya cairan yang tidak biasa dari vagina.
o Rasa sakit saat kencing.
o Rasa sakit saat berhubungan seksual.
 
2. Gejala Kencing Nanah Pada Pria
 
Kencing nanah biasanya menginfeksi bagian dalam penis (uretra). Gejala kencing nanah pada pria dapat meliputi:
 
o Sensasi terbakar saat kencing.
o Keluarnya cairan seperti nanah dari penis (bisa dilihat pada pakaian dalam).
o Pembengkakan dan nyeri pada testis yang dapat terjadi jika infeksi kencing nanah tidak diobati.
 
Pada sebagian pria tidak ada gejala sama sekali.
 
3. Gejala Kencing Nanah Oral Dan Anal
 
Baik pada pria maupun pada wanita gejalanya bisa meliputi:
 
o Kencing nanah anal sering terjadi tanpa adanya tanda dan gejala.
o Kencing nanah di tenggorokan dapat menyebabkan sakit pada tenggorokan namun biasanya terjadi tanpa adanya gejala.

Bagaimana Diagnosis Kencing Nanah Jika Dibiarkan?


Dokter akan menanyakan mengenai kesehatan dan riwayat seksual di masa lalu. Seperti banyaknya pasangan seksual yang dimiliki. Dokter kemungkinan akan melakukan pemeriksaan fisik untuk mencari tanda-tanda infeksi. Air seni atau cairan dari area yang terinfeksi akan dilakukan pengujian atau tes untuk kencing nanah.

Anda juga dapat melakukan tes atau pengujian untuk infeksi menular seksual (IMS) lainnya secara bersamaan. Setelah mengetahui menderita kencing nanah, pastikan pasangan seksual Anda juga melakukan pengobatan. Dokter merekomendasikan setiap orang yang melakukan hubungan seksual dengan Anda melakukan pengobatan dalam 60 hari terakhir.



Bagaimana Proses Pengobatan Kencing Nanah?


Kencing nanah diobati dengan antibiotik. Beberapa jenis kencing nanah kebal terhadap kebanyakan antibiotik. Dokter akan menyarankan antibiotik atau pengobatan lain berdasarkan hasil dari pemeriksaan dan hasil dari tes atau pengujiannya. Antibiotik diguanakan untuk mengobati kencing nanah. Selesaikan pengobatan sesuai resep dari dokter.

Kedua pasangan seksual membutuhkan pengobatan agar tidak terjadi infeksi secara berulang-ulang. Dengan pengobatan sesegera mungkin dapat membantu mencegah penyebaran infeksi dan menurunkan risiko untuk masalah lain seperti penyakit radang panggul (PID). Kebanyakan orang menderita kencing nanah juga menderita klamidia atau IMS lain.

Pengobatan bisa Anda lakukan di Klinik Utama Gracia. Pengobatan dengan standar nasional namun biaya sangat terjangkau dimana lagi kalau bukan di Klinik Utama Gracia. Pengobatan di klinik ini sangat efektif. Jangan menunggu lama, segera lakukan pengobatan diri Anda di Klinik Utama Gracia. Hanya dengan menghubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan konsultasi seperti dibawah ini.

Baca Juga : Kencing Nanah Apakah Bisa Sembuh Sendiri Jika Tidak Diobati

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.