User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit pada kelamin wanita adalah kesehatan kelamin wanita atau bagian penting dari kesehatan wanita secara keseluruhan. Masalah kelamin wanita dapat mempengaruhi kesuburan, hasrat untuk berhubungan seksual dan kemampuan mencapai orgasme. Masalah kesehatan kelamin wanita yang sedang berlangsung juga dapat menyebabkan masalah stress atau hubungan yang berdampak pada kepercayaan diri.

Apa Saja Penyakit Pada Kelamin Wanita?

Penyakit pada kelamin wanita adalah perubahan abnormal (tidak normal) pada bagian bawah sistem reproduksi wanita yang meliputi serviks (leher rahim), vulva dan kelamin wanita. Perubahan abnormal (tidak normal) disebut luka pra kanker atau neoplasia intraepitel. Pengobatan yang tepat untuk luka pra kanker ini sangat penting untuk mencegah perkembangan kanker di area ini.
 
Sebagian besar wanita mengalami masalah kelamin wanita yang ringan dari waktu ke waktu. Masalah-masalah ini dapat terkait dengan siklus menstruasi, jenis kelamin, infeksi, metode KB, penuaan, obat-obatan atau perubahan setelah kehamilan. Perubahan keputihan normal kemungkinan merupakan tanda pertama dari masalah kelamin wanita. Perubahan dalam kencing seperti harus kencing lebih sering atau memiliki perasaan terbakar ketika kencing juga merupakan gejala dari masalah kelamin wanita.

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Pada Kelamin Wanita?


Kelamin wanita adalah saluran otot tertutup yang memanjang dari vulva atau bagain luar area genital wanita ke serviks (leher rahim). Berbagai faktor dapat mempengaruhi kesehatan kelamin wanita termasuk:

• Seks.
• Kondisi kesehatan tertentu atau penangana kesehatan tertentu.
• Pengendalian kelahiran (KB) dan produk-produk kesehatan wanita.
• Kehamilan dan persalinan.
• Masalah psikologis.
• Tingkat hormon.

Baca Juga : Penyakit Kelamin Apakah Bisa Sembuh? Bagaimana Cara Pengobatannya?

 

Gejala Yang Mempengaruhi Penyakit Pada Kelamin Wanita

Segera konsultasikan dengan dokter jika mengalami:
 
• Perubahan warna, bau atau jumlah keputihan.
• Kemerahan atau terasa gatal-gatal ada kelamin wanita.
• Perdarahan kelamin wanita antar periode setelah berhubungan seksual atau setelah menopause.
• Tonjolan pada kelamin wanita.
• Nyeri saat berhubungan intim.
 
Jika mengalami iritasi dan keputihan pada kelamin wanita terutama jika telah didiagnosis dengan infeksi jamur kelamin wanita yang diketahui adalah riwayatnya dan mengalami tanda dan gejala yang sama segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter.

Cara Mendiagnosis Penyakit Pada Kelamin Wanita


Bagi sebagian besar pasangan, beberapa tes atau pengobatan kemungkinan diperlukan sebelum memulai pengobatan. Ini dilakukan untuk mencari masalah yang dapat berdampak buruk pada pengobatan atau kehamilan berikutnya.

Penyakit Pada Kelamin Wanita Dan Cara Mengobatinya


Untuk pengobatan dapat dengan langkah-langkah dengan melindungi kesehatan kelamin wanita dan kesehatan secara keseluruhan, sebagai contoh:

• Gunakan kondom atau untuk mempertahankan hubungan dengan saling monogami dengan pasangan yang bebas dari infeksi menular seksual (IMS). Jika menggunakan mainan seks maka bersihkan setelah digunakan.
• Vaksinasi dapat melindungi dari HPV, virus yang terkait dengan kanker serviks (leher rahim) serta hepatitis B, infeksi hati serius yang dapat menyebar melalui kontak seksual.
• Latihan kegel dapat membantu mengencangkan otot-otot dasar panggul (pelvic) jika mengalami prolaps, kebocoran urine atau kelemahan pada dasar panggul (pelvic).
• Konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan obat-obatan dan kemungkinan efek samping kelamin wanita.
• Penyalahgunaan alkohol kronis dan konsumsi alkohol yang berlebih dapat merusak fungsi seksual. Nikotin dapat menghambat gairah seksual. penyalahgunaan zat juga dapat menyebabkan kesehatan fisik dan mental yang buruk yang dapat mempengaruhi fungsi seksual. Meskipun tidak semua masalah kelamin wanita dapat dicegah, pemeriksaan secara rutin dapat membantu untuk memastikan masalah yang mempengaruhi kelamin wanita saat didiagnosis. Jangan pernah merasa malu untuk pencegahan dan mengkonsultasikan dengan dokter mengenai masalah apapun mengenai kesehatan kelamin wanita.

Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia dengan biaya yang sangat terjangkau. Selain itu Anda akan ditangani oleh para dokter yang sudah ahli dan berpengalaman di dalam bidangnya. Selain itu, melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia akan di manjakan dengan pelayananya yang sangat baik. Tunggu apalagi, segera lakukan pengobatan untuk mendapatkan hasil kesehatan yang memuaskan. Hanya dengan menghubungi nomor kami di 081336361555 atau dengan konsultasi pada layanan online kami, Anda sudah bisa melakukan pengobatan.

Baca Juga : Apakah Penyakit Kelamin Itu Dapat Menyebabkan Kematian?

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.