User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang dapat disembuhkan dan disebabkan oleh bakteri. Seringkali, tidak memiliki tanda-tanda penyakit sipilis ringan sehingga seseorang tidak memperhatikannya. Ada juga beberapa tahap penyakit sipilis yang kemungkinan tumpang tindih. Tahap-tahap tersebut dapat dipisahkan saat tidak adanya tanda-tanda penyakit sipilis.

Tanda penyakit sipilis bervariasi dengan setiap tahap dan tidak selalu terjadi dalam urutan yang sama. Penyakit sipilis dengan durasi kurang dari 2 tahun dapat muncul dengan tanda (tahap primer dan tahap sekunder). Penyakit sipilis dengan durasi lebih dari 2 tahun disebut penyakit sipilis laten lambat dan biasanya tanpa adanya tanda-tanda.

Semua tahap ini menular dan penyakit sipilis dapat ditularkan ke pasangan seksual hingga 2 tahun jika seseorang tersebut tidak melakukan pengobatan. Tidak semua orang yang menderita penyakit sipilis memiliki tanda-tanda infeksi, sehingga seseorang dapat memilikinya dan menularkannya tanpa diketahui.

Inilah Pengertian Penyakit Sipilis Pada Umumnya

Penyakit sipilis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke tubuh melalui luka kecil di kulit atau melalui selaput lendir. Tanda-tanda penyakit keputihan dapat muncul di vagina, di anus, di penis atau du skrotum dan terkadang pada bibir dan pada mulut. penyakit ini dibagi menjadi 3 tahap yaitu tahap primer, tahap sekunder dan tahap tersier.
 
Tanda awal dapat muncul 21 hari setelah penderita tertular infeksi, meskipun beberapa indikator dapat bermanisfestasi di kemudian hari. Luka penyakit sipilis kecil dan tidak nyeri disebut chancre yaitu tanda yang paling umum dari penyakit kelamin. Luka ini dapat menyebarkan infeksi penyakit sipilis pada orang lain, dan biasanya muncul di sekitaran alat kelamin luar, di vagina, di sekitar anus, di dubur atau di dalam dan di sekitar mulut.

Penyebab Penyakit Sipilis Yang Harus Diketahui


Penyebab utama penyakit sipilis adalah bakteri yang disebut Treponema Pallidum (T. Pallidum) yang ditularkan melalui kontak dengan luka pada orang yang terinfeksi selama aktifitas seksual. Bakteri Treponema Pallidum (T. Pallidum) memasuki tubuh melalui luka kecil pada kulit atau selaput lendir. Penyakit sipilis juga dapat menyebar melalui cara lain meskipun jarang terjadi. Misalnya bakteri dapat bergerak melalui kontak dekat langsung dan tidak terlindungi dengan luka aktif (seperti saat berciuman) atau ke bayi dari ibu yang terinfeksi.

Baca Juga : Kenali Penyebab Penyakit Sipilis Sejak Dini

 

Ketahui Tanda-Tanda Penyakit Sipilis Yang Tidak Diobati

Tanda-tanda penyakit sipilis yang mempunyai 3 fase meliputi:
 
• Penyakit Sipilis Tahap Primer
o Tanda-tandanya biasanya muncul 10 hari hingga 90 hari setelah kontak seksual dengan orang yang terinfeksi. Banyak orang tidak menyadari tanda-tanda penyakit sipilis tahap primer ini.
o Luka penyakit sipilis memerah tanpa rasa sakit atau chancre dapat muncul pada alat kelamin di area dimana infeksi terjadi. Kelenjar getah bening membesar.
 
Bahkan tanpa adanya pengobatan luka penyakit sipilis akan sembuh setelah 3 minggu atau 6 minggu, akan tetapi jika infeksi tidak diobati penyakit ini akan berlanjut ke tahap sekunder.
 
• Penyakit Sipilis Tahap Sekunder
o Tanda-tanda penyakit sipilis tahap sekunder biasnaya muncul berminggu-minggu hingga berbulan-bulan setelah sakit chancre yang pertama muncul. Banyak orang tidak menyadari tanda-tanda penyakit sipilis tahap sekunder ini.
o Demam, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, skait tenggorokan, nyeri otot, nyeri persendian, kelelahan, rambut rontok dan pembesaran kelenjar getah bening adalah gejala yang umum.
o Ruam penyakit sipilis tahap sekunder biasanya berkembang di telapak tangan dan di bawah telapak kaki. Ruamnya sangat kasar dengan bintik-bintik merah atau kemerahan.
 
• Penyakit Sipilis Tahap Tersier
o Jika penyakit sipilis tahap primer atau penyakit sipilis tahap sekunder tidak segera diobati, maka dapat menyebar melalui darah dan menyebabkan kerusakan pada jantung, otak, tulang dan kulit. Bahkan bisa menyebabkan kematian.
o Tanda-tanda penyakit sipilis kemungkinan termasuk kehilangan ingatan, masalah-masalah dengan fungsi mental, keseimbangan, kontrol dan penglihatan kanudng kemih.

Bagaimana Cara Menguji Penyakit Sipilis?


Darah diambil dari lengan dan dikirim ke laboratorium untuk dilakukan analisis. Jika memiliki luka penyakit sipilis, kapas kecil akan digunakan untuk mendapatkan spesimen dari luka. Spesimen akan dilakukan pemeriksaan di laboratorium untuk menganalisis kuman penyakit sipilis. Dokter dapat mendiagnosis penyakit sipilis dengan menggunakan mikroskop untuk memeriksa luka infeksi.

Jika bakteri penyakit sipilis muncul dalam luka, kemungkinan akan muncul dengan penampilan yang khas. Tes atau pengujian darah adalah cara lain untuk menentukan seseorang menderita penyakit sipilis. Setelah infeksinya muncul, tubuh memproduksi antibodi penyakit sipilis yang dapat dideteksi dengan dilakukan tes atau pengujian darah yang aman dan akurat. Tingkat antibodi yang rendah akan tetap berada dalam darah selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah penyakit tersebut berhasil diobati.

Bagaimana Cara Menangani Penyakit Sipilis?


Masa inkubasi infeksi penyakit sipilis dapat berlangsung antara 9 hari hingga 90 hari dengan rata-rata skeitar 21 hari. Selama periode ini tanda-tanda penyakit sipilis akan muncul, walaupun penyakit sipilis dapat disembuhkan dan tidak kambuh setelah pengobatan, itu bukan jaminan bahwa tidak akan terinfeksi lagi.

Penderitanta dapat mengalami infeksi berulang bahkan setelah pengobatan dan dinyatakan sembuh. Biasanya terjadi ketika seseorang melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang tidak diketahui memiliki penyakit, karena penyakit sipilis dapat disembunyikan. Penderitanya harus menjalani pengujian atau tes lanjutan dan pengobatan untuk memastikan pengobatan awal berhasil.

Selalu pastikan bahwa pasangan seksual Anda telah melakukan pengujian atau tes dan pengobatan dengan benar dapat membantu mengurangi risiko infeksi berulang penyakit sipilis. Untuk melakukan pengobatannya Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik terbaik yang menangani penyakit sipilis.

Anda hanya dengan menghubungi nomor kami di 081336361555 atau dengan menggunakan layanan konsultasi online dibawah ini yang sudah kami sediakan. Maka sudah bisa melakukan pendaftaran pengobatan di klinik Utama Gracia. Semakin cepat dilakukan pengobatan maka akan semakin baik, namun jika hanya menunda-nunda suatu pengobatan. Tidak menutup kemungkinan bahwa penyakitnya pun akan bertambah semakin parah.

Baca Juga : Pengobatan Medis Adalah Cara Mencegah Sipilis Yang Tepat

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.