User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang dapat menjadi penyebab penyakit sipilis dengan kondisi yang mengancam jiwa jika tidak segera diobati. Baik pada pria maupun wanita bisa terkena penyakit ini. Tanpa adanya pengobatan, infeksi ini dapat menyebabkan penyakit jantung, kebutaan, masalah mental atau kematian.

Penyebab penyakit sipilis adalah bakteri Treponema Pallidum (T. Pallidum) yang dapat menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa jika tidak segera diobati. Penyakit sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang berarti menular melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi. jika menderita penyakit sipilis dapat menyebarkannya ke orang lain. Baik pria maupun wanita juga bisa terkena penyakit ini. Tanpa pengobatan, infeksi ini dapat menjadi penyebab penyakit sipilis seperti:

• Penyakit jantung.
• Gangguan saraf.
• Kerusakan otak.
• Cacat mental.
• Kebutaan.
• Aneurisma aorta.

Komplikasi ini dapat berkembang selama bertahun-tahun.

Pengertian Penyakit Sipilis Pada Umumnya

Penyakit sipilis dapat menginfeksi area genital, bibir, mulut atau anus pria dan wanita. Biasanya tertular penyakit sipilis dari kontak seksual dengan seseorang yang memilikinya. Itu juga dapat menular dari ibu ke bayinya selama kehamilan. Pada tahap awal penyebab penyakit sipilis biasanya seperti nyeri tunggal dan terkadang tidak nyeri.
 
Terkadang penyebab penyakit sipilis bisa merupakan pembengkakan di kelenjar getah bening di dekatnya. Jika tidak segera diobati penyebab penyakit sipilis seperti ruam kulit yang tidak terlalu gatal dan sering terjadi di tangan dan kaki. Pada kebanyakan orang tidak memperhatikan gejalanya selama bertahun-tahun.
 
Gejalanya bisa hilang dan bisa kambuh. Luka yang disebabkan oleh penyakit sipilis lebih mudah untuk menularkan seseorang yang terkena HIV saat berhubungan seksual. Jika sedang hamil, penyebab penyakit sipilis yaitu menimbulkan komplikasi ataupun bisa kehilangan bayi. Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, penyebab penyakit sipilis yaitu masalah kesehatan yang serius dan bahkan kematian.
 
Penyakit sipilis mudah disembuhkan dengan antibiotik jika diobati sejak dini. Penggunaan kondom lateks yang benar bisa mengurangi, akan tetapi tidak sepenuhnya menghilangkan penyakitnya. Cara yang paling dapat diandalkan untuk menghindari infeksi adalah tidak melakukan seks anal, seks vaginal dan seks oral.

Inilah Penyebab Penyakit Sipilis Berbahaya


Penyebab penyakit sipilis adalah bakteri Treponema Pallidum (T. Pallidum). Infeksi ini hampir selalu ditularkan melalui kontak seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Bakteri menyebar dari orang ke orang melalui kontak seksual. Luka ditemukan terutama pada alat kelamin luar, vagina,a nus, rektum, bibir dan mulut.

Juga dapat melewati kulit yang rusak di bagian lain dari tubuh. Selain itu, seorang wanita hamil dengan penyakit sipilis juga dapat menularkan infeksi pada bayinya, akibatnya dapat mengembangkan masalah mental dan fisik. Penyakit sipilis tidak dapat ditularkan melalui kontak dengan kursi toilet, kolam renang, bak mandi, pakaian bersama atau peralatan makan.

Baca Juga : Simak Penanganan Gejala Penyakit Sipilis Dengan Tepat


 

Ketahui Gejalanya Penyakit Sipilis

Gejala penyakit sipilis tergantung pada tahap infeksinya, tahapan penyakit sipilis meliputi:
 
• Gejala Penyakit Sipilis Tahap Primer
Adanya luka berwarna merah, tanpa rasa sakit atau chancre yang berkembang pada organ seks atau mulut. Luka juga dapat berkembang di bagian dalam tubuh dimana tidak bisa dilihat. Luka dapat hilang dengan sendirinya dalam 1 minggu hingga 6 minggu.
 
• Gejala Penyakit Sipilis Tahap Sekunder
Setelah chancre hilang, ruam kulit yang kemerahan dan bergelombang kemungkinan akan muncul di seluruh bagian tubuh. Demam, sakit tenggorokan, skait tubuh, skait kepala, kehilangan nafsu makan atau gejalanya mirip flu lainnya kemungkinan muncul. Gejala-gejala ini bisa rungan dan bisa muncul dan hilang sekitar 1 tahun hingga 2 tahun. Pada tahap ini adalah yang paling menular dari semua tahap. Sebagian orang yang tidak mengobati penyakit sipilis pada tahap primer akan berkembang ke tahap kedua ini. Pada penyakit sipilis tahap sekunder, bakteri telah menyebar dalam aliran darah dan telah mencapai jumlah tertinggi. Tanpa adanya pengobatan, akan mengalami komplikasi penyakit sipilis tahap akhir.
 
• Gejala Penyakit Sipilis Tahap Laten
Dengan penyakit sipilis tahap laten, infeksi ini tidak menular akan tetapi daat mempengaruhi jantung, otak, saraf, mata, tulang dan bagian tubuh lainnya.

Uji Penyakit Sipilis Di Laboratorium


Penyakit sipilis dapat mempengaruhi begitu banyak orang dan menyerupai begitu banyak penyakit lain. Saat dicurigai adanya penyakit sipilis dari gejalanya, dengan menggunakan mikroskop untuk mencari Spirochete dalam cairan yang diambil dari luka atau memeriksa penyakit sipilis dengan melalui tes atau pengujian darah.

Jika Spirochete penyakit sipilis ada, kemungkinan dilakukan pemeriksaan bakteri yang telah memasuki sistem saraf pusat. Membutuhkan aliran tulang belakang dimana jarum di masukkan di sebelah sumsum tulang belakang untuk menghilangkan beberapa cairan tulang belakang untuk dilakukan pengujian atau tes.

Biasanya direkomendaasikan tes atau pengujian untuk penyakit menular seksual (PMS) lainnya termasuk HIV juga. Selain itu direkomendasikan pada siapa yang berhubungan seksual dengan orang yang terinfeksi untuk dilakukan tes atau pengujian penyakit sipilis dan penyakit menular seksual (PMS) lainnya.

Obati Penyakit Sipilis Dengan Tepat


Penyakit sipilis diobati dan biasanya diberikan pengobatan melalui intravena. Antibiotik dapat membunuh bakteri penyebab infeksi. Saat Anda dan pasangan seksual Anda terinfeksi, maka harus melakukan pengobatan keduanya. Sangat penting untuk menyelesaikan pengobatan, bahkan jika luka atau ruam kulit hilang. Dan harus melakukan pemeriksaan ulang untuk infeksi. pengobatan dilanjutkan selama beberapa minggu dan harus memperhatikan:

• Saat melakukan hubungan seksual dalam 2 tahun terakhir bahwa terinfeksi. Langkah ini sangat penting karena gejala penyakit sipilis ringan dan kemungkinan tidak diperhatikan.
• Jangan berhubungan seksual kecuali jika dokter mengatakan Anda sembuh dan terbebas dari infeksi ini.
• Lakukan pemeriksaan ulang untuk memastikan infeksi telah sembuh.
• Lakukan pemeriksaan HIV (AIDS) dan infeksi menular seksual (IMS) lainnya seperti herpes, gonore (kencing nanah) dan klamidia.

Jangan pernah menunggu penyakitnya menjadi parah, namun Anda harus segera melakukan pemeriksaan secepatnya. Anda bisa melakukan pemeriksaan di klinik kami yang sudah menjadi rekomendasi banyak orang yaitu Klinik Utama Gracia. Klinik dengan berbagai peralatan medis terbaru yang sudah canggih dan modern sangat membantu pengobatan Anda. Segera hubungi nomor 081336361555 dan lakukan konsultasi dengan dokter dengan layanan dibawah ini.

Baca Juga : Ketahui Bahaya Akibat Penyakit Sipilis

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.