User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit pada alat reproduksi atau infeksi saluran reproduksi adalah infeksi yang mempengaruhi saluran reproduksi yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Pada wanita, infeksi saluran reproduksi dapat mempengaruhi saluran reproduksi bagian atas (saluran tuba, ovariun dan uterus) dan saluran reproduksi bagian bawah (vagina, serviks atau leher rahim dan vulva).

Pada pria, infeksi ini mempengaruhi penis, testis, uretra dan vas deferens. 3 jenis infeksi saluran reproduksi adalah infeksi endogen, infeksi iatrogenik dan infeksi menular seksual (IMS). Masing-masing memiliki penyebab dan gejala yang khusus yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau organisme lain. Beberapa infeksi mudah diobati dan dapat disembuhkan, beberapa lebih sulit dan beberapa tidak dapat disembuhkan seperti AIDS dan herpes.

Apa Itu Penyakit Pada Alat Reproduksi?

Penyakit alat reproduksi yaitu segala penyakit dan gangguan yang mempengaruhi sistem reproduksi manusia. Termasuk produksi hormon abnormal (tidak normal) oleh ovarium atau testis atau oleh kelenjar endokrin lainnya seperti hipofisis, tiroid atau adrenal. Penyakit semacam itu juga dapat disebabkan oleh kelainan genetik atau bawaan, infeki, tumor atau gangguan yang tidak diketahui penyebabnya.
 
Penyakit alat reproduksi diantaranya adalah kelainan genetik dan bawaan, kelainan genital fungsional, infeksi, perubahan struktural dari penyebab yang tidak diketahui dan tumor. Konsultasikan dengan dokter mengenai penyakit dan gangguan yang mempegaruhi kehamilan. Untuk penyakit dan gangguan yang mempengaruhi persalinan. Sistem reproduksi pria dan wanita terbuka untuk lingkungan eksternal dan organ-organ itu dapat dengan mudah dijangkau oleh organisme infeksius. Penyakit tersebut kemudian dapat menyebar ke organ tubuh manusia yang lebih dalam.

Apa Saja Penyebab Penyakit Pada Alat Reproduksi?


Penyebab umum kematian selama persalinan sebelum meluasnya penggunaan praktik sanitasi modern dan antibiotik, infeksi nifas terjadi ketika bakteri Streptococcus menyerang luka pada saluran lahir. Infeksinya dapat menyebabkan pembentukan abses dan dapat melibatkan semua organ genital dan pembuluh darah yang berdekatan, struktur reproduksi dan jaringan perut lainnya. Pengobatannya biasanya antibiotik, terapi suportif dan terkadang drainase abses dengan pembedahan.

 

Apa Saja Gejala Penyakit Pada Alat Reproduksi?

Berikut ini gejala penyakit alat reproduksi pada wanita dan pada pria, meliputi:
 
• Gejala Penyakit Pada Alat Reproduksi Wanita
Beberapa kondisi yang kemungkinan dialami wanita pada suatu waktu dalam kehidupannya meliputi:
 
o Endometriosis yaitu keberadaan dan pertumbuhan jaringan endometrium yang berfungsi di tempat-tempat selain rahim.
o Fibroid yaitu tumor rahim yang tidak ganas.
o Infertilitas yaitu ketidakmampuan untuk hamil.
o Menstruasi yang menyakitkan.
o Ketegangan pramenstruasi.
o Infeksi menular seksual (IMS) bakteri atau virus yang diperoleh melalui kontak seksual, beberapa diantaranya dapat menyebabkan kanker atau infertilitas atau kemandulan.
 
• Gejala Penyakit Pada Alat Reproduksi Pria
Beberapa kondisi yang kemungkinan dialami pria pada suatu saat dalam kehidupannya meliputi:
 
o Impotensi yaitu masalah dengan mendapatkan atau mempertahankan ereksi.
o Infertilitas atau kemandulan yaitu ketidakmampuan untuk mencapai kehamilan pada wanita subur karena produksi sprema rendah, penyumbatan atau faktor lainnya.
o Penyakit prostat atau pembesaran prostat jinak dan kanker prostat.
o Infeksi menular seksual (IMS) bakteri atau virus yang di dapat melalui kontak seksual.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Pada Alat Reproduksi?


Untuk mendiagnosis penyakit alat reproduksi melibatkan masalah reproduksi, komplikasi kehamilan dan hidrops janin, diantaranya:

• Masalah Reproduksi
Diagnosis masalah kesuburan seseorang (pria dan wanita) dengan disftrofi miotonik dapat meliputi:

o Tes atau pengujian darah untuk mengukur kadar hormon yang beredar.
o Analisis semen.

• Komplikasi Kehamilan
Pelihidramnion biasanya didiagnosis dengan pemeriksaan ultrasonografi. Peningkatan volume cairan ketuban dapat bersifat kualitatif atau kuantitatif. Pemeriksaan dapat mengidentfiikasi masalah potensial bahkan jika sensitivitas dan nilai prediksi positif rendah dalam salah satu tes atau pengujian.

• Hidrops Janin
Hidrops janin biasanya didiagnosis dengan pemeriksaan ultrasonografi.

Cara Mengatasi Penyakit Pada Alat Reproduksi


Penyakit alat reproduksi menyebabkan banyak pasangan infertil (mandul) berusaha mengobatinya. Konsultasikan dengan dokter untuk membantu dan untuk meringankan peluang agar bisa hamil. Dokter akan menyarankan untuk melakukan pengobatan khusus atau memungkinkan pencegahan ketika Anda mengalami masalah kesuburan.

Dokter akan berspesialisasi dalam perawatan seseorang dengan gangguan reproduksi. Banyaknya pasangan infertil (mandul) melakukan konsultasi ke dokter dan melakukan pemeriksaan, melakukan berbagai tes atau pengujian yang disarankan oleh dokter serta melakukan pengobatan. Mengindentifikasi faktor-faktor yang terlibat dalam infertilitas atau kemandulan dan metode yang tepat untuk mengobati faktor-faktor ini. Berikut sejumlah masalah berbeda terkait dengan sistem reproduksi seperti:

o Gangguan hormonal.
o Masalah menstruasi.
o Infertilitas atau kemandulan.
o Keguguran secara berulang.
o Disfungsi seksual.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, sudah banyak pengobatan mengenai penyakit alat reproduksi. Anda pun bisa melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani pernasalahan reproduksi. Hanya dengan menghubungi nomor 081336361555 Anda sudah bisa melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia. Atau bisa juga dengan melakukan konsultasi online dibawah ini.

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.