User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit herpes genital pada wanita adalah adanya luka pada vagina. Bisa menjadi beberapa hal penting untuk diperhatikan, akan tetapi jika lukanya memerah dan meradang lalu mengalami gejala seperti flu maka itu bisa menjadi pertanda herpes genital. Herpes genital adalah infeksi menular seksual (IMS) yang umum yang disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV). Ada 2 jenis virus yaitu:

• Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 1 adalah jenis yang menyebabkan luka dingin dan diperkirakan mempengaruhi sebagian populasi.
• Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 2 adalah jenis yang menyebabkan herpes genital dan menginfeksi sebagian populasi.

Pengertian Dari Pada Herpes Genital Pada Wanita

Herpes genital yang disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV) adalah infeksi menular seksual (IMS) yang umum dan sangat menular. Herpes geniital ini mempunya sifat menyebarkan luka kulit herpes (borok). Virus ini dapat menyebabkan benjolan berisi cairan yang dapat membuka dan mengeluarkan cairan berwarna bening.
 
Dapat ditemukan di area manapun di area genital. Namun pada kebanyakan orang yang terjangkait herpes genital tidak memiliki gejala apapun. Ciri-ciri herpes genital termasuk nyeri, gatal dan luka di area genital. Akan tetapi kemungkinan tidak memiliki tanda dan gejala herpes genital. Jika terinfeksi maka dapat menular walaupun tidak memiliki luka yang terlihat.
 
Herpes Simpleks Virus (HSV) menyebabkan herpes genital. Kontak seksual adalah cara utama penyebaran virus. Setelah infeksi awal, virus ini tidak aktif di tubuh dan dapat diaktifkan kembali beberapa kali dalam 1 tahun. Tidak ada obat-obatan untuk herpes genital, akan tetapi obat-obatan dapat meringankan gejala dan mengurangi risiko menulari orang lain. Kondom juga dapat membantu mencegah penularan virus.

Penyebab Umum Herpes Genital Pada Wanita


Herpes genital disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV). Virus ini adalah patogen atau parasit yang memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan kondisi tubuh dan dapat menyebabkan berbagai kondisi medis. Infeksi HSV tidak sepenuhnya dipahami. Kebanyakan orang yang tertular virus herpes terpajan secara merata terhadap HSV-1 seperti hal nya HSV-2.

Mekanisme imunologis yang mendasari infeksi HSV simtomatik berulang tidak sepenuhnya dipahami, akan tetapi bisa ditemukan bahwa keparahan gejala secara langsung dapat berkaitan dengan agresivitas respon imun setiap individu. Semakin besar respons imun awal, semakin besar kemungkinan gejala akan muncul kembali.

Baca Juga : Cegah Bahaya Herpes Genital Dengan Cepat

 

Beberapa Tanda Herpes Genital Pada Wanita

Tanda herpes genital yang pertama biasanya adalah peradangan kulit di area genital atau anal yang kemungkinan menyengat dan memiliki sensasi kesemutan atau kemungkinan mengalami rasa gatal-gatal. Selain itu bisa menjadi pembawa virus dan tidak mengalami gejala apapun. Banyak yang tidak memiliki tanda yang terlihat sama sekali atau tidak disadari. Tanda gejala berulang biasanya lebih ringan dibandingkan dengan tanda dan gejala pertama dan dapat sembuh lebih cepat (biasanya dalam waktu sekitar 1 minggu). Tanda herpes genital yang paling umum kemungkinan termasuk:
 
• Tanda dan gejalanya mirip dengan flu termasuk demam, kelelahan, sakit kepala dan kelenjar yang membengkak.
• Nyeri di punggung bagian bawah dan di selangkangan.
• Ketidaknyamanan di area genital atau anal termasuk menyengat, kesemutan atau terasa gatal.
• Debit dari vagina atau uretra.
• Luka bisa muncul di area genital atau anal disekitar bagian atas paha atau di bokong.
 
Lepuhan kecil berisi cairan yang pecah dalam 1 hari atau 2 hari dan menginggalkan luka kecil berwarna merah yang bisa sangat menyakitkan, terutama ketika kencing. Adapun gambaran klinis herpes genital pada wanita dapat meliputi:
 
• Lepuhan pada genitalia, lubang vagina, perineum, bokong, paha atas atau area perianal.
• Di area yang lembab, lepuh dapat pecah dan meninggalkan borok yang menyakitkan.
• Jaringan vagina bisa menjadi memerah dan bengkak.
• Gejala umum kemungkinan termasuk demam, sakit di tubuh, pembengkakan kelenjar getah bening dan sakit kepala.
• Servicitis (radang serviks atau leher rahim)
• Disuria (kesulitan kencing).
• Nyeri saat kencing.

Uji Tes Herpes Genital Pada Wanita Di Laboratorium


Ada beberapa cara berbeda yang dapat didiagnosis herpes genital dan itu tergantung pada tahap paparan. Tes atau pengujian darah tersedia untuk mendiagnosis dan harus diselesaikan sebelum gejala fisik muncul. Jika gejala fisik muncul, maka evaluasi dapat dilakukan oleh dokter. herpes genital biasanya didiagnosis berdasarkan pemeriksaan fisik dan hasil tes atau pengujian laboratorium termasuk:

• Tes atau pengujian darah.
• Tes atau pengujian adanya virus.
• Tes atau pengujian reaksi rantai polimer (PCR).

Tangani Herpes Genital Pada Wanita Dengan Tepat


Pengobatan kemungkinan tidak diperlukan jika gejala herpes genital dapat sembuh dengan sendirinya, namun meskipun tidak ada obat-obatan untuk virus ini. Pengobatan dapat meringankan dan membantu proses penyembuhan. Tujuan pengobatan adalah untuk menghilangkan rasa sakit dan untuk mencegah virus berkembang biak.

Pengobatan dapat membantu menghentikan gejala yang semakin memburuk, mengurangi durasi infeksi dan mengurangi risiko penularan virus ke seseorang. Oleh karena itu pengobatan sangat penting, jangan pernah merasa sia-sia melakukan pengobatan. Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia.

Karena Klinik Utama Gracia adalah salah satu klinik yang sangat terpercaya dalam menangani permasalahan herpes genital pada wanita. Untuk mempermudah Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 atau bisa juga dengan melakukan konsultasi secara langsung dengan menggunakan layanan konsultasi chat online dibawah ini.

Baca Juga : Kenali Infeksi Virus Herpes Genital Pria

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.