User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kencing nanah gonore adalah penyakit menular seksual (PMS) yang melewati seks oral, seks anal dan seks vaginal. Seseorang yang menderita kencing nanah gonore terutama wanita dan biasanya tidak memiliki tanda dan gejala. Bagi yang mengalami gejala, meliputi sensasi terbakar saat kencing, peningkatan keputihan atau perdarahan vagina diantara siklus menstruasi.

Gejala umum kencing nanah pada pria termasuk sensasi terbakar ketika kencing, atau cairan yang berwarna putih, kuning atau hijau dari penis atau testis yang sangat menyakitkan atau pembengkakan. Kencing nanah juga dapat menginfeksi rektum dan tenggorokan. Gejala infeksi dubur dapat berupa keluarnya cairan dubur, terasa gatal di dubur, nyeri, perdarahan atau buang air besar (BAB) yang menyakitkan.

Infeksi di tenggorokan dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Bahkan tanpa adanya gejala, kencing nanah dapat ditularkan ke pasangan seksual melalui seks anal, seks oral dan seks vaginal. Jika tidak segera diobati atau seseorang mengalami infeksi ulang, maka dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan permanen pada pria dan wanita.

Pada wanita, kencing nanah yang tidak segera diobati dapat menyebabkan penyakit radang panggul (PID) atau pembengkakan yang menyakitkan pada organ reproduksi internal, infertilitas atau kemandulan yang berarti ketidakmampuan untuk memiliki anak dan kehamilan ektopik atau kehamilan yang tidak biasa di saluran tuba. Pada pria, dapat meneybar ke darah dan persendian yang bisa mengancam jiwa. Jika memiliki infeksi lain seperti HIV, sipilis (raja singa) atau klamidia dan bisa lebih rentan terhadap infeksi kencing nanah.

Apa Itu Kencing Nanah Gonore?

Kencing nanah gonore adalah penyakit menular seksual (PMS) dan ini yang paling umum pada orang dewasa. Bakteri penyebab kencing nanah dapat menginfeksi saluran genital, mulut atau anus. Serta bisa mendapatkan kencing nanah selama hubungan seks vaginal, seks oral atau seks anal dengan pasangan yang terinfeksi.
 
Seorang wanita hamil dapat menularkannya pada bayinya saat melahirkan. Kencing nanah tidak selalu menyebabkan gejala. Pada pria kencing nanah dapat menyebabkan rasa sakit saat kencing. Jika tidak segera diobati dapat menyebabkan masalah dengan prostat dan testis. Pada wanita, gejala awal kencing nanah dikatakan ringan.
 
Kemudian dapat menyebabkan perdarahan di antara siklus menstruasi, rasa sakit saat kencing dan peningkatan keluarnya cairan dari vagina. Jika tidak segera diobati maka dapat menyebabkan penyakit radang panggul (PID) yang menyebabkan masalah dengan kehamilan dan infertilitas atau kemandulan.
 
Dokter akan mendiagnosis kencing nanah dengan melakukan tes atau pengujian di laboratorium. Pengobatan dengan antibiotik. Mengobati kencing nanah menjadi lebih sulit karena jenis yang kebal obat-obatan meningkat. Penggunaan kondom lateks yang benar dapat mengurangi gejala, akan tetapi tidak dapat menghilangkan gejala.

Apa Saja Penyebab Kencing Nanah Gonore?


Penyebab kencing nanah gonore adalah Neisseria Gonorrhoeae. Seseorang yang aktif secara seksual dapat terinfeksi kencing nanah. Serta dapat menyebar melalui hubungan seks oral, seks vaginal atau seks anal dengan orang yang terinfeksi. Ini dapat menyebar ke pasangan sesama jenis. Atau menyebar dari seorang ibu ke bayinya saat melahirkan.

Baca Juga : Atasi Penyakit Kencing Nanah Pada Pria

 

Gejala Yang Mempengaruhi Kencing Nanah Gonore

Seseorang yang terinfeksi kencing nanah kemungkinan tidak menunjukkan gejala apapun. Jika gejalanya muncul bisanya 2 hari hingga 7 hari setelah terpapar. Baik pada pria maupun pada wanita kemungkinan memiliki sensasi terbakar saat kencing. Selain itu bagi kebanyakan pria kemungkinan memiliki rasa gatal di sekitar pembukaan penis, keluarnya cairan yang tidak normal dari penis dan testis yang menyakitkan atau bengkak.
 
Pada wanita kemungkinan mengalami sakit perut bagian bawah, seks yang menyakitkan, peningkatan keputihan atau perdarahan vagina diantara siklus menstruasi. Bayi yang baru lahir dapat mengalami konjungtivitis atau sepsis. Pada kebanyakan wanita dengan kencing nanah tidak mengalami gejala. Jika gejalanya ada, biasanya muncul 2 hari hingga 5 hari atau 30 hari (1 bulan) setelah paparan. Gejalanya meliputi:
 
• Gejala Kencing Nanah Pada Wanita
o Sensasi menyakitkan atau terbakar saat kencing.
o Peningkatan keputihan berwarna putih, kuning atau hijau.
o Perdarahan vagina antar menstruasi.
o Nyeri dubur, terasa gatal, perdarahan atau keputihan (infeksi dubur).
o Pergerakan usus yang menyakitkan (infeksi dubur).
o Radang tenggorokan (infeksi tenggorokan).
o Nyeri panggul (pelvic) dan perut bagian bawah.
 
• Gejala Kencing Nanah Pada Pria
o Sensasi yang menyakitkan atau terbakar saat kencing.
o Keluar cairan berwarna putih, kuning dan hijau dari penis.
o Testis yang menyakitkan atau bengkak.
o Nyeri dubur, terasa gatal, perdarahan atau adanya cairan (infeksi dubur).
o Pergerakan usus yang menyakitkan (infeksi dubur).
o Radang tenggorokan (infeksi tenggorokan).

Bagaimana Kencing Nanah Gonore Didiagnosis?


Dokter kemungkinan akan menyeka serviks (leher rahim), vagina, rektum, uretra atau tenggorokan untuk di kultur. Tes atau pengujian urine juga dapat digunakan untuk menguji kencing nanah jika infeksi ada di uretra. Umumnya, swab adalah yang terbaik untuk wanita dan tes atau pengujian urine terbaik untuk pria kecuali jika dicurigai infeksi rektal atau tenggorokan. Jika dicurigai adanya infeksi rektum atau tenggorokan maka usahakan untuk swab yaitu metode diagnosis terbaik yang harus dilakukan.

Pengobatan Umum Mengenai Kencing Nanah Gonore


Kencing nanah dapat disembuhkan dengan antibiotik. Namun jenis kencing nanah yang kebal obat-obatan meningkat. Jadi penyakitnya menjadi semakin sulit diobati. Pengobatan akan menghentikan infeksi, akan tetapi tidak akan menyembuhkan cedera secara permanen yang dilakukan oleh penyakitnya.

Kencing nanah adalah infeksi bakteri yang berarti dapat disembuhkan dengan obat-obatan antibiotik. Namun seseorang bisa tertular kencing nanah lagi (infeksi ulang). Ini sebabnya mengapa sangat penting seseorang dengan kenicng nanah diobati dengan obat-obatan yang tepat. Selalu periksakan dengan dokter jika terinfeksi.

Karena peningkatan resistensi antibiotik terhadap bakteri tertentu seperti kencing nanah harus diobati untuk menyembuhkan infeksi secara memadai. Pengobatan sejak dini dengan tepat adalah cara untuk menghentikan penularan penyakit menular seksual (PMS) seperti kencing nanah ini. Jika menderita kencing nanah, sangat penting melakukan pengobatan dari 2 bulan sebelum didiagnosis dan dilakukan tes atau pengujian untuk perawatan selanjutnya jika terinfeksi.

Jika ada salah satu dari pasangan seksual yang menderita kencing nanah juga, harus segera mengkonsultasikan dengan dokter dan mendapatkan bantuan medis untuk menghindari komplikasi. Anda bisa melakukan pengobatan kencing nanah di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani kencing nanah gonore. Hanya dengan menghubungi nomor 081336361555 atau dengan chat online dibawah ini Anda sudah bisa melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia.

Baca Juga : Beberapa Efek Kencing Nanah Yang Tidak Diobati

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.