User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kencing nanah pada pria adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Neisseria Gonorrhoeae. Gonore atau kencing nanah pada pria adalah infeksi menular seksual (IMS) kedua yang paling umum setelah klamidia. Infeksi kencing nanah pada pria menyebar melalui kontak seksual. Seseorang yang dapat tertular infeksi kencing nanah bisa melalui selaput lendir (tempat kulit luar bertemu jaringan lunak, lembab dan dalam). Termasuk saluran reproduksi wanita, anus, bagian dalam kelopak mata, uretra dan tenggorokan.

Fakta Kencing Nanah Secara Umum

Ini adalah infeksi menular seksual (IMS) yang biasa terjadi pada manusia. Dan yang paling umum pada orang dewasa atau remaja. Bakteri penyebab kencing nanah dapat menginfeksi saluran genital, mulut atau anus. Kencing nanah umumnya menyebar selama hubungan seksual vaginal, oral atau anal dengan pasangan yang terinfeksi.
 
Pada wanita hamil dapat menularkan infeksinya pada bayinya saat melahirkan. Gejala yang biasanya terjadi pada pria adalah terasa terbakar daat kencing dan keluarnya cairan dari penis. Pada wnaita, di sisi lain tidak menunjukkan adanya gejala namun bisa saja mengalami keputihan dan nyeri panggul (pelvic). Pada pria dan wanita jika kencing nanah dibiarkan dan tidak diobati maka dapat menyebar secara lokal yang dapat menyebabkan epididimitis atau penyakit radang panggul (PID) yang mempengaruhi sendi dan katup jantung.

Apa Saja Yang Menyebakan Kencing Nanah Pada Pria?


Suatu jenis bakteri Neisseria Gonorrhoeae yang menjadi penyebab kencing nanah pada pria. Infeksi ditularkan dari 1 oang ke orang lain melalui hubungan seks vaginal, oral dan anal. Bakteri ini biasa ditemukan keluar dari penis dan cairan vagina pria dan wanita yang terinfeksi. Wanita hamil dapat menyebarkan kencing nanah ke bayinya selama kelahiran.

Hal ini dapat menyebabkan bayi baru lahir mengalami infeksi mata (konjungtivitis) yang dapat menyebabkan kebutaan jika tidak diobati. Bakteri Neisseria Gonorrhoeae yang masuk ke dalam tubuh dan berkembang biak dengan cepat. Seks oral kemungkinan adalah cara penularan yang paling tidak umum. Wanita hamil yang terinfeksi dapat menularkan penyakit ke bayinya yang baru lahir (transmisi vertikal) dimana dapat menyebabkan kebutaan akibat jaringan parut kornea.

Baca Juga : Beberapa Efek Kencing Nanah Yang Tidak Diobati

 

Kenali Tanda Dan Gejala Kencing Nanah Pada Pria

Tertular kencing nanah dari bakteri. Kuman ini menginfeksi Anda ketika seseorang yang memilikinya menularkan selama kontak seksual. Gejala paling umum muncul di selaput lendir (lapisan lubang tertentu di tubuh) yang terlibat dalam jenis hubungan seksual. Termasuk saluran genital, rektum dan tenggorokan. Kencing nanah juga dapat menyebabkan masalah dengan bagian tubuh yang lain seperti persendian atau bahkan mata. Kemungkinan bagi pria yang tidak memiliki gejala apaun, namun ketika memiliki gejala bisa termasuk:
 
• Terasa terbakar saat kencing.
• Cairan yang berwarna kuning, putih atau hijau dari ujung penis.
• Testis yang terasa sakit dan bengkak.
• Seringnya kencing dari biasanya.
 
Gejala seperti debit uretra kekuningan biasanya muncul dalam waktu 14 hari setelah infeksi awal. Yang menjadi perhatian khusus bagi pria yaitu kencing nanah dapat menyebar dan akhirnya mempengaruhi prostat jika dibiarkan dan tidak didiagnosis. Bahkan dapat melukai bagian dalam uretra. Dan pada akhirnya, bisa membuat kencing menjadi sulir dan menyakitkan. Dalam beberapa kasus bisa disertai dengan nyeri testis dan nyeri skrotum atau suatu kondisi terpisah biasanya disebut epididimitis. Dan ini juga yang menyebabkan infertilitas atau kemandulan jika tidak segera diobati.

Diagnosis Kencing Nanah Pada Pria


Dokter akan mengirim sampel ke laboratorium untuk di analisis, dimana akan dilakukan pengujian atau tes untuk bakteri penyebab kencing nanah. Peluang untuk tertularnya penyakit menular seksual (PMS) lain seperti klamidia sehingga dokter juga dapat merekomendasikan sampel yang dilakukan pengujian atau tes di laboratorium. Jika seorang wanita, ada juga alat tes atau pengujian yang dapat digunakan untuk memeriksa kencing nanah. Penyeka yang digunakan pada vagina untuk mengumpulkan sampel.

Cara Mengobati Kencing Nanah Pada Pria


Dokter mengobati kencing nanah dengan antibiotik. Membutuhkan 2 antibiotik karena kuman kencing nanah tidak dapat dibunuh hanya dengan 1 antibiotik. antibiotik pertama diberikan sebagai suntikan dan yang kedua sebagai obat-obatan oral. Semua pasangan seksual dari 2 bulan terakhir membutuhkan perawatan khsuus, bahkan jika tidak memiliki gejala sama sekali.

Jika masih memiliki gejala setelah dilakukan perawatan, kemungkinan memerlukan perawatan dengan antibiotik yang berbeda atau kemungkinan telah terinfeksi kencing nanah lagi. Untuk menghindari gejalanya kambuh kembali Anda tidak boleh melakukan hubungan seksula lagi sampai batas waktu:

• Setidaknya 7 hari setelah Anda dan pasangan seksual Anda selesai melakukan pengobatan dan dinyatakan sembuh oleh dokter.
• Anda dan pasangan seksual Anda tidak memiliki tanda atau gejala kencing nanah.

Seseorang bisa tertular kencing nanah lagi jika:

• Penyakitnya tidak diobati dengan baik dan benar serta tepat.
• Melakukan pengobatan namun berhubungan seksual dengan orang lain yang menderita kencing nanah lagi.

Klinik Utama Gracia menawarkan berbagai macam pengobatan untuk kencing nanah. Anda bisa melakukan pengobatan kencing nanah di Klinik Utama Gracia yang sangat terjangkau. Anda tidak perlu khawatir, karena Klinik Utama Gracia sangat ahli dan berpengalaman di dalam bidangnya. Segera hubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan melakukan konsultasi online dibawah ini.

Baca Juga : Cari Tahu Apa Saja Gejala Kencing Nanah Pada Wanita

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.