User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit klamidia disebabkan oleh bakteri yang disebut Chlamydia Trachomatis. Penyakit klamidia adalah penyakit menular seksual (PMS) yang umum. Dapat menginfeksi pria dan wanita. Pada wanita bisa mendapatkan klamidia di serviks (leher rahim), rektum atau tenggorokan. Pada pria juga bisa mendapatkan klamidia di uretra (di dalam penis), di rektum atau di tenggorokan.

Apa Itu Penyakit Klamidia?

Klamidia adalah infeksi menular seksual (IMS) yang umum dan disebabkan oleh bakteri. Orang yang mengalami klamidia sering tidak memiliki gejala luar pada tahap awal. Kemungkinan Anda tidak perlu mengkhawatirkannya. Namun klamidia dapat menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari termasuk mencegah wanita hamil atau bahkan membahayakan kehamilannya.
 
Jika melakukan hubungan seksual tanpa kondom dengan seseorang yang mempunyai infeksi menular seksual (IMS) nya tidak diyakini, maka segera lakukan tes atau pengujian untuk klamidia dan infeksi menular seksual (IMS) lainnya. Harus melakukan pengujian atau tes setiap kali terpapar. Pengobatan untuk klamidia adalah dengan antibiotik oral yang diberikan dalam beberapa dosis atau hanya 1 dosis oleh dokter. Semua obat-obatan harus sesuai resep dokter. Jika tidak segera melakukan pengobatan untuk klamidia maka dapat menyebabkan komplikasi serius. Konsultasikan dengan dokter jika kemungkinan terpapar.

Ketahui Penyebab Penyakit Klamidia Secara Umum


Melakukan hubungan seksual tanpa kondom dan seks oral tanpa kondom adalah cara utama infeksi klamidia dapat menyebar. Tidak harus mengalami penetrasi untuk tertular. Dengan menyentuh alat kelamin secara bersama-sama dapat menularkan bakteri. Bisa juga tertular selama seks anal. Bayi yang baru lahir dapat memperoleh klamidia dari ibunya yang terinfeksi selama kelahirannya.

Pada kebanyakan tes atau pengujian pranatal termasuk tes atau pengujian Chlamydia, tidak ada salahnya untuk memeriksa ulang dengan OB-GYN selama pemeriksaan pranatal pertama. Infeksi klamidia bisa tertular di mata melalui kontak oral atau genital dengan mata akan tetapi kondisi ini tidak umum terjadi.

 

Kenali Tanda Dan Gejala Penyakit Klamidia

Banyak orang dengan klamidia tidak memiliki gejala apapun. Jika mendapatkan gejala kemungkinan tidak memperhatikannya hingga beberapa minggu setelah terinfeksi. Di lain itu dapat mengambil kesimpulan beberapa bulan atau sampai infeksinya menyebar ke bagian lain dari tubuh. Kemungkinan infeksi klamidia muncul di area kelamin (vagina dan penis), anus (bawah), tenggorokan dan mata. Banyak orang dengan klamidia tidak memiliki gejala apapun. Jika tertular gejala, kemungkinan tidak memperhatikannya hingga beberapa minggu setelah terinfeksi. Di lain itu kondisinya jika tidak segera ditangani selama beberapa bulan akan menyebar ke bagian lain dari tubuh. Gejala-gejalanya meliputi:
 
• Gejala Penyakit Klamidia Untuk Wanita
Peradangan (kemerahan) mata (konjungtivitis) yang disebabkan oleh sperma yang terinfeksi atau cairan vagina yang masuk ke mata. Klamidia biasanya tidak menyebabkan gejala apapun. Jadi kemungkinan tidak menyadari bahwa memilikinya. Seseorang dengan klamidia yang tidak memiliki gejala masih bisa menularkan penyakitnya ke orang lain. Jika memiliki gejala, kemungkinan tidak muncul sampai beberapa minggu setelah berhubungan seksual dengan pasangan yang terinfeksi. Jika memiliki gejala kemungkinan termasuk:
 
o Adanya peningkatan keputihan yang disebabkan oleh rahim yang meradang (serviks atau leher rahim).
o Terasa nyeri atau sensasi terbakar saat kencing.
o Terasa nyeri saat berhubungan seksual atau perdarahan setelah berhubungan seksual.
o Nyeri di peurt bagian bawah terutama ketika berhubungan seksual.
o Perdarahan antara periode yang lebih berat.
o Terasa nyeri atau keluarnya perdarahan di anus (bawah).
o Keputihan yang tidak normal yang kemungkinan memiliki bau yang kuat.
 
Jika infeksinya menyebar kemungkinan akan mengalami nyeri perut bagian abwah, nyeri saat berhubungan seksual, mual atau demam.
 
• Gejala Penyakit Klamidia Untuk Pria
 
o Adanya cairan putih, keruh atau berair dari penis.
o Terasa nyeri atau sensasi terbakar saat kencing.
o Terasa nyeri atau pembengkakan pada buah zakar.
o Terasa nyeri dan keluarnya perdarahan dari anus (bawah).
 
Jika klamidia menginfeksi rektum (pria dan wanita), klamidia dapat menyebabkan rasa nyeri dan perdarahan rektal.

Saat Penyakit Klamidia Didiagnosis


Adanya tes atau pengujian klamidia untuk di analisis di laboratorium. Dokter akan mengambil sampel urine. Untuk wanita, dokter terkadang menggunakan kapas untuk mendapatkan sampel dari vagina untuk dilakukan pengujian atau tes klamidia. Ada beberapa tes atau pengujian yang berbeda yang dapat digunakan dokter untuk mendiagnosis klamidia. Kemungkinan dengan menggunakan sampel untuk mengambil sampel dari uretra pada pria atau dari serviks (leher rahim) pada wanita dan kemudian spesimen ke laboratorium untuk di analisis. Ada juga tes atau pengujian lain yang memeriksa sampel urine untuk kemunculan bakteri.

Cara Mengobati Penyakit Klamidia


Klamidia biasanya mudah diobati dengan antibiotik jangka pendek. Hindari melakukan hubungan seksual sampai Anda dan pasangan seksual Anda melakukan pengobatan dan dinyatakan sembuh oleh dokter meskipun tidak diyakini Anda dan pasangan seksual Anda memiliki gejala atau tidak. Jika sudah menjalani pengobatan maka harus menghindari berhubungan seksual selama 7 hari sesudahnya.

Konsultasikan dengan dokter saat aman melakukan hubungan seksual lagi. Antibiotik akan menyembuhkan infeksi. Dosis antibiotik tidak dapat memperbaiki kerusakan secara permanen yang disebabkan oleh penyakitnya. Untuk mencegah penyebaran penyakit ke pasangan seksual, usahakan tidak melakukan hubungan seksual sampai infeksinya telah sembuh.

Anda harus melakukan pengujian atau tes kembali setelah 3 bulan pengobatan. Karena untuk menghindari infeksi berulang. Anda bisa melakukan konsultasi dan pengobatan di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani klamidia. Klinik Utama Gracia sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya. Tidak hanya itu biaya yang harus dikeluarkan juga sangat terjangkau. Segera hubungi nomor 081336361555 untuk melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia atau dengan layanan konsultasi dibawah ini.

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.