User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Virus kutil kelamin disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Kutil kelamin berwarna seperti daging, berwarna merah muda atau berwarna putih ke abu-abuan yang muncul di area genital dan anal. Kontak kulit ke kulit selama aktifitas seksual adalah salah satu penyebaran utamanya. Hampir sekitar 20 juta orang memiliki virus kutil kelamin yang dapat menyebabkan kutil dengan penularan setiap tahunnya. Sebagian pria dan wanita yang aktif secara seksual memperoleh infeksi virus kutil kelamin di beberapa titik dalam hidupnya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Kutil Kelamin?

Kutil kelamin adalah infeksi pada kulit dan selaput lendir (lapisan lembab dan tipis dari banyaknya bagian tubuh seperti hidung, mulut, tenggorokan dan alat kelamin) yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Kutil kelamin adalah jenis virus tertentu yang mempengaruhi permukaan epitel.
 
Epitel pada dasarnya mengacu pada lapisan sel. HPV biasanya menyebabkan kutil di berbagai bagian tubuh termasuk kulit telapak tangan, kulit telapak kaki dan kulit pada alat kelamin. Selain itu, ada beberapa jenis HPV yang dapat menjadi predisposisi kanker serviks (leher rahim). Adapun masa inkubasi kutil kelamin dan masa infeksi kutil kelamin sebagai berikut:
 
• Masa Inkubasi Kutil Kelamin
Waktu antara terinfeksi dan pengembangan gejala sekitar 2 bulan hingga 3 bulan dengan kisaran 1 bulan hingga 20 bulan untuk kutil kelamin. Namun, untuk perkembangan kanker itu sendiri, diperlukan waktu hingga 10 tahun sampai risiko paling tertinggi kutil kelamin.
 
• Masa Infeksi Kutil Kelamin
Selama orang yang terinfeksi dapat menginfeksi orang lain. Tidak banyak yang mengetahui akan infeksinya menyebar dan menular, dan kemungkinan kutil kelamin baru akan terlihat.

Apa Saja Penyebab Kutil Kelamin?


Kutil kelamin disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Ada sekitar 100 jenis infeksi HPV dengan sekitar 300 jenis diantaranya ditularkan secara seksual. Ada banyak kekeliruan mengenai virus kutil kelamin ini dan komplikasi dari berbagai jenis virusnya. Sementara HPV adalah penyebab kutil kelamin, strain yang menyebabkan kutil kelamin bukan strain yang menyebabkan kanker. Kutil kelamin disebabkan oleh HPV tipe 6 dan HPV tipe 11. Strain yang menyebabkan kutil kelamin berbeda dari strain yang menyebabkan kanker serviks (leher rahim).

Baca Juga : Apakah Penyakit Kutil Kelamin Berbahaya Jika Tidak Diobati

Beberapa Tanda Virus Kutil Kelamin Yang Perlu Dicurigai

Pada kebanyakan orang yang terinfeksi HPV tidak mengetahuinya. Terkadang seorang wanita akan melihat pertumbuhan kutil yang berwarna ke abu-abuan pada vulva (bagian luar yang terlihat dari alat kelamin wanita), di dalam vagina atau di sekitar anus. Seorang pria yang kemungkinan memperhatikannya juga bisa melihat saat terletak di ujung penis atau d batang penisnya.
 
Pertumbuhan ini kemungkinan akan terasa gatal atau sedikit rasa sakit dan dapat meningkatkan ukuran serta mengembangkan penampilannya seperti kembang kol. Gejala lain yang kemungkinan termasuk yaitu iritasi ringan, terasa seperti terbakar, terasa gatal dan nyeri di sekitar alat kelamin atau anus, keputihan vagina dapat meningkat atau busuk seperti perdarahan pada vagina atau rasa sakit yang disertai saat berhubungan seksual.
 
Virus kutil kelamin akan tetap berada di kulit atau di selaput lendir dan tidak pernah memunculkan kutil. Dan jika kutil nya muncul, akan lebih baik karena bisa memperhatikan pertumbuhan kutil terutama jika tersembunyi di dalam vagina, di serviks (leher rahim) atau di dalam uretra. Kutil kemungkinan sangat kecil dan datar sehingga tidak mudah dilihat bahkan jika berada di luar tubuh sekalipun. Jika kutil kelamin tidak diobati, maka dapat menghilang sendiri dalam waktu 6 bulan.
 
Namun virus HPV masih akan ada di dalam tubuh Anda, sehingga kutil bisa muncul kembali suatu saat nanti. Pada kebanyakan infeksi HPV genital yang tidak memiliki gejala dan infeksinya dibersihkan dalam waktu 1 tahun hingga 2 tahun (virus tidak lagi terdeteksi). Namun beberapa infeksi HPV menetap di jaringan genital dan dapat menyebabkan kelainan pada sel. Beberapa strain HPV dianggap akan berisiko rendah dan menyebabkan kutil kelamin.
 
Kutil kelamin kemungkinan kecil dan sulit untuk dilihat dan hanya dideteksi oleh pemeriksaan medis. Infeksi dengan strain HPV lain yang berisiko tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko untuk mengembangkan kanker termasuk kanker serviks (leher rahim), vulva dan vagina atau anus dan penis. Infeksi HPV juga bisa menjadi penyebab beberapa kanker kepala dan leher.
 
Pada pria yang berhubungan seksual dengan pria lagi akan berisiko lebih tinggi terkena penyakit yang trekiat dengan HPV. Terkadang infeksi HPV dapat trejadi tanpa adanya gejala sama sekali, oleh karena itu sangat penting untuk menjalani pemeriksaan yang tepat untuk kondisi ini jika dianggap berisiko tinggi.

Virus Kutil Kelamin Dan Cara Mendiagnosisnya


Diagnosis kutil kelamin dibuat oleh dokter berdasarkan pada riwayat dan pemeriksanan klinis. Sebuah skrining tes atau pengujian serviks (leher rahim) dapat menunjukkan perubahan dalam sel-sel dari serviks (leher rahim) yang disebabkan oleh infeksi HPV. Dokter dapat melakukan sejumlah tes atu pengujian untuk memastikan diagnosis HPV. Tes atau pengujiannya sebagai berikut:

• Pap Smear
Tes atau pengujian skrining yang paling umum untuk kanker serviks (leher rahim). Tes atau pengujian ini dapat mendeteksi perubahan seluler spesifik yang terjadi pada infeksi virus. Selain itu, pap smear juga dapat mendeteksi perubahan sel abnormal awal yang menunjukkan kanker serviks (leher rahim) dini.

• Kolposkopi
Terkadang dokter menyarankan tes atau pengujian lebih khusus dimana lapisan dalam vagina dan serviks (leher rahim) dapat divisualisasikan menggunakan mikroskop. Hal ini memungkinkan luka yang lebih kecil untuk terlihat. Biopsi kecil (jaringan) juga dapat dikumpulkan.

• Tes Atau Pengujian DNA
Tes atau pengujian DNA khusus tersedia yang bertujuan untuk mendeteksi virus yang sebenarnya (bukan perubahan karakteristik) dari penyekaan atau sampel jaringan. Jika memiliki kutil kelamin, maka disarankan untuk melakukan diskrining infeksi menular seksual (IMS) lainnya juga. Dokter akan melakukan penyekaan vagina atau serviks (leher rahim) pada wanita serta sampel urine untuk dilakukan pengujian atau tes klamidia dan gonore (kencing nanah), dan tes atau pengujian darah untuk sipilis (raja singa), hepatitis B dan hepatitis C, terkadang HIV.

Penanganan Virus Kutil Kelamin Secara Tepat


Penanganan untuk infeksi virus kutil kelamin. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai kondisi Anda. Kutil akan hilang tanpa pengobatan namun infeksinya akan tetap berada didalam tubuh. Tidak ada perawatan yang terbukti dapat menghilangkan HPV dari tubuh atau menghentikan penularan infeksinya.

Kutil kelamin yang kecil dapat dihilangkan dengan mudah. Namun jika kutil kelamin nya lebih besar, maka dapat dibekukan atau diobati dengan diathermy atau perawatan laser. Terkadang jika kutil nya sangat besar, maka sebaiknya diangkat dengan pembedahan. Penanganan dilakukan setelah pemeriksaan skrining serviks (leher rahim) yang abnormal, tergantung pada jenis perubahan yang terlihat.

Tujuan utama pengobatan untuk virus kutil kelamin adalah untuk mengurangi gejala dalam kasus infeksi genital dan memastikan setiap displasia dihilangkan. Pada kebanyakan kutil pada umumnya akan sembuh dengan sendirinya akan tetapi terkadang bisa memakan waktu selama bertahun-tahun. Jika kutil dapat menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamann atau dapat menyebabkan masalah lainnya. Pengobatan virus kutil kelamin bisa meliputi:

• Cryotherapy
Metode umum untuk mengobati kutil dan luka kulit lainnya. Kutil di beku kan dan melepuh. Namun penanganan ini dapat menyakitkan dan menyengat.

• Kauter
Melibatkan penggunaan arus listrik untuk membakar luka. Terapi laser adalah alternatif lain.

• Penanganan Bahan Kimia
Obat-obatan tertentu dapat diaplikasikan secara topikal pada luka yang dapat mengubah respons imun terhadap virus kutil kelamin atau membunuh sel-sel abnormal.

• Bedah
Terkadang kutil yang besar dapat dihilangkan dengan memotongnya.

Lakukan pengobatan kutil Anda hanya di Klinik Utama Gracia. Dengan begitu klinik kami akan membantu menyembuhkan penyakit Anda. Anda tidak perlu khawatir, karena melakukan pengobata di Klinik Utama Gracia sangat terjangkau. Anda bisa dengan menghubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan menggunakan layanan konsultas online dibawah ini.

Baca Juga : Apakah Penyakit Kutil Kelamin Wanita Berbahaya?

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.