User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit kutil kelamin wanita adalah pertumbuhan lunak pada kulit dan selaput lendir pada alat kelamin. Kutil kelamin dapat ditemukan pada penis, vulva, uretra, vagina, serviks (leher rahim) dan di sekitar anus. Kutil kelamin menyebar melalui kontak seksual. Penyakit kutil kelamin wanita didapatkan dari kontak seksual seseorang yang memiliki virus.

Penyakit kutil kelamin wanita menyebar melalui kontak kulit ke kulit dan biasanya dari kontak dengan kutil. Lalu dapat menyebar melalui kontak seksual vagina, anal, oral dan tangan. Penyakit kutil kelamin akan menyebar saat terlihat dan setelah perawatan. Pasangan seksual dengan penyakit jangka panjang biasanya memiliki jenis penyebab kutil yang sama.

Pengertian Umum Penyakit Kutil Kelamin Wanita

Penyakit kutil kelamin adalah kutil di area kelamin yang disebabkan oleh virus yang disebut Human Papilloma Virus (HPV). Ada banyak jenis HPV yang berbeda. Tipe 6 dan tipe 11 adalah tipe yang biasanya menyebabkan kutil kelamin. Kutil kelamin mirip dengan kutil yang bisa didapat di bagian tubuh yang lain.
 
Biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya. Kutil terkadang bisa sembuh tanpa pengobatan, akan tetapi bisa bertahan berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. ada beberapa jenis HPV yang dapat menyebabkan kanker, terutama kanker dubur, tenggorokan dan penis pada pria dan kanker serviks (leher rahim) pada wanita. Jika memiliki kutil kelamin maka segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter untuk melakukan tes atau pengujian rutin untuk semua infeksi menular seksual (IMS) termasuk klamidia, gonore (kencing nanah), sipilis (raja singa) dan HIV.

Penyakit Kutil Kelamin Wanita Disebabkan Oleh Apa?


Virus yang dapat menyebabkan kutil kelamin disebut Human Papilloma Virus (HPV). Infeksi HPV adalah infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum. Ada lebih dari 180 jenis HPV. Banyak yang tidak menimbulkan masalah. Beberapa dapat menyebabkan kutil pada bagian yang lain dari tubuh dan bukan pada alat kelamin. tipe 6 dan tipe 11 paling sering dikaitkan dengan kutil kelamin. Jenis HPV tertentu lainnya dapat menyebabkan perubahan prakanker di serviks (leher rahim) atau kanker serviks (leher rahim). Ini adalah HPV berisiko tinggi. Selain itu juga dapat menyebabkan kanker vagina dan kanker vulva, kanker dubur dan kanker tenggorokan atau mulut.

Baca Juga : Ketahui Penyebab Umum Kutil Kelamin Gatal

 

Ketahui Gejala Penyakit Kutil Kelamin Wanita

Kutil kelamin dapat tumbuh dimana saja di area genital seperti:
 
• Di vagina.
• Di sekitar lubang vagina.
• Pada serviks (leher rahim) atau pembukaan rahim.
• Di selangkangan.
• Di dalam atau di sekitar anus.
• Di mulut atau di tenggorokan.
 
Kutil kelamin bisa berukuran apa saja dari ukuran yang sangat kecil sehingga tidak bisa dilihat hingga kelompok besar dan gumpalan. Bisa halus dan bergelombang seperti kembang kol. Lembab dan berwarna seperti daging. Dapat menyebabkan rasa gatal atau rasa terbakar dan nyeri. Tidak semua infeksi HPV dapat menyebabkan kutil kelamin. Infeksi HPV sering tidak memiliki gejala yang dapat dilihat atau dirasakan. Beberapa infeksi HPV dapat menjadi lebih serius. Bahkan jika tidak bisa melihat kutil kelamin, namun masih bisa mengalami infeksi HPV.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Kutil Kelamin Wanita


Kutil kelamin didiagnosis oleh dokter dan memeriksa area yang terkena. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Pada wanita, ini termasuk pemeriksaan panggul (pelvic). Kolposkopi digunakan untuk melihat kutil yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Dengan menggunakan mikroskop cahaya dengan daya rendah untuk membantu menemukan dan mengambil sampel (biopsi) dari area abnormal di serviks (leher rahim).

Virus yang menyebabkan kutil kelamin dapat menyebabkan hasil abnormal pada pemeriksaan pap smear. Jika memiliki jenis perubahan ini, maka kemungkinan memerlukan pemeriksaan pap smear lebih sering atau kolposkopi. Tes atau pengujian DNA HPV dapat mengetahui ketika memiliki tipe HPV risiko tinggi yang diketahui menyebabkan kanker serviks (leher rahim), tes atau pengujian ini dapat dilakukan saat:

• Jika memiliki kutil kelamin.
• Sebagai pengujian atau tes skrining untuk wanita diatas usia 30 tahun.
• Pada wanita dari segala usia yang memiliki hasil tes atau pengujian pap smear sedikit tidak normal.

Pastikan diskrining untuk kanker serviks (leher rahim), vagina, vulva atau dubur jika telah didiagnosis dengan kutil kelamin.

Penyakit Kutil Kelamin Wanita Dan Cara Mengobatinya


Terkadang kutil kelamin hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, akan tetapi kebanyakan orang lebih memilih untuk mendapatkan perawatan. Perawatan kemungkinan memerlukan beberapa minggu atau beberapa bulan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Terkadang kutil akan kambuh setelah melakukan pengobatan. Pengobatannya termasuk:

• Beberapa obat-obatan sesuai resep dokter.
• Cryotherapy (pembekuan) kutil kelamin.
• Operasi jika kutilnya parah dan tidak merespon pengobatan yang lain.

Lakukan semua pengobatan ini hanya di Klinik Utama Gracia. Salah satu tempat pengobatan terbaik yang pernah ada dalam menangani penyakit kutil kelamin. Untuk memudahkan dalam melakukan pengobatan. Hubungi nomor berikut ini 081336361555 untuk menanyakan hal lebih lanjut dan gunakan layanan konsultasi chat online dibawah ini.

Baca Juga : Kutil Kelamin Adalah Virus Yang Berbahaya

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.