User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit sipilis adalah infeksi bakteri yang biasanya menyebar melalui kontak seksual. Gejala penyakit sipilis muncul sebagai rasa nyeri tanpa adanya rasa sakit dan biasanya ada pada alat kelamin, rektum atau mulut. Penyakit sipilis menyebar dari orang ke orang melalui kulit atau selaput lendir kontak dengan luka.

Setelah infeksi awal, bakteri penyakit sipilis menjadi non aktif di tubuh selama beberapa dekade sebelum menjadi aktif kembali. Penyakit sipilis dini dapat disembuhkan dan terkadang dengan suntikan intravena. Tanpa adanya pengobatan, penyakit sipilis dapat sangat merusak jantung, otak atau organ lain dan dapat mengancam jiwa atau ditularkan dari ibu ke bayi yang belum lahir.

Penjelasan Penyakit Sipilis Secara Umum

Penyakit sipilis mudah diobati dan dapat disembuhkan pada tahap awal, akan tetapi jika tidak mendapatkan pengobatan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk kerusakan pada jantung dan otak yang dapat menjadi ireversibel (permanen). Seorang wanita dengan infeksi penyakit sipilis dapat meneruskannya atau menularkannya ke bayinya yang belum lahir (penyakit sipilis kongenital) dan meningkatkan risiko keguguran, kelahiran mati atau kematian bayi yang baru lahir dalam beberapa hari setelah kelahiran.

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Sipilis Pada Penderitanya


Penyebab penyakit sipilis adalah bakteri yang disebut Treponema Pallidum. Penularannya yang paling umum adalah melalui kontak dengan orang yang terinfeksi sakit selama aktifitas seksual. Penyakit sipilis menular selama tahap primer dan tahap sekunder atau terkadang pada periode tahap laten awal. Penyakit sipilis yang menyebar melalui kontak secara langsung tanpa adanya pelindung dengan luka yang aktif (saat berciuman) atau melalui ibu yang terinfeksi pada bayinya selama kehamilan atau selama persalinan (penyakit sipilis kongenital).

Penyakit sipilis tidak dapat disebarkan dengan menggunakan toilet duduk, bak mandi (bathub), pakaian atau peralatan makan yang sama atau dari gagang atau pegangan pintu, kolam renang atau kolam bak air panas. Setelah penyakit sipilis sembuh, penyakit sipilis ini tidak kambuh dengan sendirinya. Namun bisa menjadi terinfeksi kembali jika memiliki kontak dengan seseorang yang mempunyai penyakit tersebut.

Baca Juga : Penyebab Dan Gejala Seorang Penderita Sifilis

 

Gejala-Gejala Penyakit Sipilis Yang Harus Dihindari

Ada 4 tahap gejala penyakit sipilis yaitu sipilis primer (utama), sipilis sekunder, sipilis laten dan sipilis tersier. Penyakit sipilis yang paling menular adalah penyakit yang dalam 2 tahap utama. Ketika penyakit sipilis berada di tahap laten, penyakitnya tetap aktif akan tetapi seringkali tanpa adanya gejala. Penyakit sipilis tahap tersier adalah tahap yang paling merusak kesehatan. Berikut gejala penyakit sipilis yang harus diketahui:
 
1. Gejala Penyakit Sipilis Tahap Primer (Utama)
Tahap primer (utama) penyakit sipilis terjadi sekitar 3 minggu hingga 4 minggu setelah seseorang mengidap bakteri. Ini muncul dengan adanya luka kecil berbentuk bulat yang disebut chancre. Chancre tidak menimbulkan rasa sakit, akan tetapi sangat menular. Rasa sakit ini dapat muncul dimana bakteri memasuki tubuh seperti pada mulut, pada alat kelamin atau pada dubur. Rasa sakit akan muncul sekitar 3 minggu setelah infeksi, akan tetapi dapat memakan waktu antara 10 hari dan 90 hari untuk muncul. Adanya radang muncul dimana saja antara 2 minggu sampai 6 minggu. Penyakit sipilis ditularkan melalui kontak langsung dengan rasa sakit. Ini biasanya terjadi selama aktifitas seksual, termasuk seks oral.
 
2. Gejala Penyakit Sipilis Tahap Sekunder
Ruam kulit dan sakit tenggorokan dapat berkembang selama tahap kedua ini. Ruam tidak akan terasa gatal dan biasanya ditemukan pada telapak tangan dan telapak kaki, akan tetapi bisa terjadi dimana saja pada tubuh. Beberapa orang tidak memperhatikan ruam sebelum hilang dengan sendirinya. Adapun gejala penyakit sipilis tahap sekunder yang lain kemungkinan termasuk:
 
• Sakit kepala.
• Kelenjar getah bening yang membengkak.
• Kelelahan.
• Demam.
• Penurunan berat badan.
• Rambut rontok.
• Sendi sakit.
 
Gejala penyakit sipilis tahap ini akan hilang atau tidaknya dengan pengobatan yang dilakuakn. Akan tetapi tanpa adanya pengobatan, seseorang masih akan menderita penyakit sipilis. Terkadang penyakit sipilis tahap sekunder sering disalah artikan dengan kondisi lain.
 
3. Gejala Penyakit Sipilis Tahap Laten
Ini adalah penyakit sipilis tahap ketiga ini atau tahap laten (tersembunyi). Gejala penyakit sipilis tahap primer dan tahap sekunder hilang dan tidak ada gejala yang nyata pada tahap ini. Namun bakteri tetap berada di dalam tubuh. Tahap ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun sebelum berlanjut ke tahap tersier.
 
4. Gejala Penyakit Sipilis Tahap Tersier
Tahap teraktir infeksi adalah tahap tersier. Penyakit sipilis tahap tersier dapat terjadi selama bertahun-tahun atau dekade setelah infeksi awal. Penyakit sipilis tahap tersier dapat mengancam jiwa. Beberapa hasil yang potensial lainnya dari penyakit sipilis tahap tersier meliputi:
 
• Kebutaan.
• Tuli.
• Penyakit kejiwaan.
• Hilang ingatan.
• Penghancuran jaringan lunak dan tulang.
• Gangguan neurologis seperti stroke atau meningitis.
• Penyakit jantung.
• Neurosipilis yang merupakan infeksi otak atau sumsum tulang belakang.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Sipilis?


Penyakit sipilis dapat didiagnosis dengan menguji sampel seperti:

• Darah
Tes atau pengujian darah dapat mengkonfirmasi keberadaan antibodi yang diproduksi tubuh untuk melawan infeksi. Antibodi terhadap bakteri yang dapat menyebabkan penyakit sipilis akan tetap ada didalam tubuh selama bertahun-tahun, sehingga tes atau pengujian ini dapat digunakan untuk menentukan infeksi saat ini atau di masa lampau.

• Cairan Tulang Belakang Serebral
Jika khawatir memiliki komplikasi sistem saraf penyakit sipilis, dokter kemungkinan akan melakukan pengumpulan sampel cairan serebrospinal melalui prosedur seperti pungsi lumbal (saluran tulang belakang). Melalui pusat pengendalian dan pencegahan penyakit, pasangan Anda juga harus melakukan tes atau pengobatan untuk mengetahui apabila keduanya terinfeksi. Agar dilakukan pengobatan dan penyebaran penyakit sipilis dapat dibatasi.

Pengobatan Untuk Penyakit Sipilis Yang Parah


Penyakit sipilis dapat disembuhkan dengan antibiotik. Namun sangat penting untuk melakukan pengujian atau tes dan diobati sejak dini, karena kerusakan yang disebabkan oleh infeksi penyakit sipilis tahap akhir seringkali tidak dapat diubah (karena bersifat permanen). Anda harus melakukan pengujian atau tes darah secara rutin setidaknya 1 tahun setelah pengobatan untuk memastikan bahwa infeksi telah hilang.

Pengobatan untuk penyakit sipilis tidak membuat kekebalan pada tubuh karena seseorang itu bisa mendapatkan penyakit sipilis lebih dari 1 kali. Jika saat melakukan tes atau pengujian hasilnya positif, maka setiap pasangan seksual Anda yang baru juga harus melakukan tes atau pengujian yang sama dan diobati. Hindari berhubungan seksual sampai selesai melewati pengobatan, sampai lukanya sembuh dan dokter mengatakan Anda sembuh.

Melakukan pengobatan penyakit sipilis yang paling efektif, Anda bisa temukan di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani permasalahan penyakit sipilis. Anda tidak perlu khawatir lagi karena Klinik Utama Gracia sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya dengan segala pelayanannya yang sangat baik.

Hubungi kami di nomor 081336361555 untuk mempermudah Anda ketika ingin melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia. Atau Anda bisa dengan menggunakan layanan konsultasi chat online kami dibawah ini. Percayakan pengobatan penyakit sipilis Anda di klinik kami. Kami siap membantu mengobati penyakit Anda.

Baca Juga : Ketahui Bahaya Akibat Penyakit Sipilis

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.