User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Herpes genital adalah infeksi menular seksual (IMS) dan biasanya ditandai dengan luka yang berisi cairan di alat kelamin, di rektum, di pantat atau di paha yang pecah dan dapat menyebabkan luka lain. Jika tidak segera diobati dapat menyebabkan bahaya herpes genital yang lebih parah. Pada kebanyakan orang tidak pernah mengalami adanya gejala yang ringan atau terdapat bahaya herpes genital sehingga orang tidak menyadarinya ketika memiliki virus dan tanpa disadari dapat menularkan ke pasangannya.

Herpes genital dapat disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus tipe 1 (HSV-1) atau Herpes Simpleks Virus tipe 2 (HSV-2). Virusnya dapat menyebabkan luka di mulut dan di bibir. Orang yang terinfeksi virus di mulut dapat mentransfer virus ke alat kelamin pasangannya selama melakukan seks oral. Begitu terinfeksi, virus tetap ada di dalam tubuh.

Meskipun pengobatan bisa dilakukan secara efektif dalam mengurangi frekuensi dan durasi gejala dan bahaya herpes genital, namun tidak ada obatnya. Frekuensi gejala menurun seiring waktu. Jika sedang hamil, maka sangat penting untuk mengkonsultasikannya dengan pasangan Anda yang pernah didiagnosis herpes genital.

Apa Itu Herpes Genital? Apa Bahaya Herpes Genital Paling Umum?

Pada kebanyakan herpes genital disebabkan oleh HSV-2. Sebagian besar orang tidak memiliki atau hanya sedikit gejala dan bahaya herpes genital yaitu dari infeksi HSV-1 atau HSV-2. Infeksi dengan HSV-1 ini ditularkan melalui kontak oral ke mulut untuk menyebabkan infeksi di dalam atau di sekitar mulut (herpes mulut). HSV-2 hampir secara eksklusif ditularkan secara seksual dan menyebabkan infeksi di area kelamin atau dubur (herpes genital).
 
Namun HSV-1 juga dapat ditularkan ke area genital melalui kontak oral-genital untuk menyebabkan herpes genital. Infeksi herpes mulut dan infeksi herpes genital sebagian besar tanpa adanya gejala akan tetapi dapat menyebabkan gejala yang ringan atau bahaya herpes genital dengan adanya lepuhan atau borok yang sangat menyakitkan di area infeksi.

Penyebab Umum Herpes Genital


HSV dapat menyebabkan luka dekat mulut (herpes mulut atau luka) atau pada alat kelamin (herpes genital). HSV-1 adalah penyebab umum herpes mulut dan HSV-2 adalah penyebab umum herpes genital. Akan tetapi kedua jenis HSV ini dapat menginfeksi salah satu bagian tubuh. Dan salah satu jenis yang dapat menginfeksi bayi.

Herpes disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV). Pria maupun wanita bisa terkena herpes dan sangat menular serta menyebar melalui kontak seksual dan kulit ke kulit. 2 jenis infeksi virus ini yang dapat menyebabkan herpes. Virus ini pada umumnya dapat menyebar melalui kontak seksual termasuk seks vagina, seks anal dan seks oral atau kontak kulit ke kulit.

Setelah memiliki virus hepes yang menetap di tubuh dan gejala yang dapat aktif kapan saja. Biasanya terjadi karena ada pemicunya tertentu yang dapat mengaktifkan kembali virus karena kambuh kembali. Terlepas dari pemicunya, rekurensi herpes dapat bersifat simptomatik (gejala yang ditunjukkan) atau tanpa adanya gejala (tidak ada gejala yang ditunjukkan). Gejalanya meliputi kemerahan di area yang terkena dan benjolan atau sekelompok lepuhan (vesikula) pada kulit yang membentuk luka yang dapat muncul di area yang sedikit berbeda.

Baca juga : Benarkah Virus Herpes Kelamin Pada Wanita Berbahaya?

 

Gejala Utama Dari Bahaya Herpes Genital

Gejala yang muncul dari 1 hari hingga 30 hari setelah berhubungan seksual seperti:
 
• Adanya lepuhan yang kecil yang sangat menyakitkan.
• Terasa gatal atau terasa terbakar sebelum lepuhan muncul.
• Lepuhan bertahan 1 minggu sampai 3 minggu.
• Lepuhan kadang hilang namun Anda masih terinfeksi herpes dan lukanya dapat kambuh.
 
Biasanya gejala lain dapat muncul beberapa minggu atau beberapa bulan setelah gejala utama muncul. Infeksi herpes genital tidak memiliki gejala. Pada kebanyakan orang yang terinfeksi tidak menyadari jika memiliki infeksi. Ketika gejalanya muncul, herpes genital ditandai dengan 1 lepuhan atau banyak lepuhan pada area genital, anal atau luka terbuka yang biasa disebut ulkus.
 
Selain ulkus genital, gejala infeksi herpes genital termasuk demam, nyeri pada tubuh dan pembengkakan kelenjar getah bening. Setelah infeksi herpes genital awal dengan HSV-2, gejala yang berulang sering terjadi akan tetapi tidak terlalu parah daripada gejala yang awal. Frekuensi gejala cenderung menurun seiring waktu. Orang-orang yang terifeksi HSV-2 kemungkinan mengalami sensasi seperti kesemutan yang ringan atau nyeri di area kaki, pinggul dan bokong sebelum terjadinya ulkus genital.

Herpes Genital Dan Cara Mendiagnosisnya


Jika memiliki gejala, tes atau pengujian terbaik adalah dengan kultur viral. Untuk melakukan tes dan pengujian ini, dokter harus mengambil sampel dari gejala herpes ketika sedang aktif. Jika tidak memiliki gejala, tes atau pengujian darah dapat mengetahui adanya HSV-2, jenis herpes yang biasanya dapat menginfeksi saluran genital.

Tes atau pengujian darah juga dapat mengetahui ketika memiliki HSV-1, akan tetapi dalam banyak kasus ini berarti termasuk ke dalam herpes oral. Tes atau pengujian lain dilakukan untuk di analisis di laboratorium. Konsultasikan dengan dokter mengenai tes atau pengujian ini karena berbeda secara regional dan beberapa tes atau pengujian tidak akurat.

Pengobatan Untuk Bahaya Herpes Genital


Tidak ada pengobatan yang dapat menyembuhkan herpes genital, akan tetapi obat-obatan antivirus dapat mempersingkat dan mencegah bahaya herpes genital selama kondisinya berlangsung. Pada bayi yang baru lahir dengan HSV memerlukan pengobatan untuk antivirus intravena selama 21 hari. Beberapa bayi yang menderita herpes dapat menderita kematian atau kerusakan otak akibat infeksi HSV.

Infeksi virus herpes umumnya tidak akan sepenuhnya hilang, meskipun luka yang muncul akan sembuh secara periodik. Pengobatan untuk kedua jenis yang umumnya di fokuskan pada kenyamanan, meskipun HSV-2 juga berpusat pada pengurangan penyebaran ke pasangan seksual dan mencegah penularan infeksi ke bayi yang baru lahir.

Pengobatan bahaya herpes genital yang khusus secara efektif itu bisa Anda dapat di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik ternama di Jakarta Indonesia yang menangani permasalahan herpes genital. Atau dengan menghubungi nomor 081336361555 Anda bisa dengan mudah melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia. Tentunya dengan mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter, dan bisa melalui layanan konsultasi chat online kami secara gratis.

Baca Juga : Kenali Infeksi Virus Herpes Genital Pria

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.