User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kutil kelamin adalah pertumbuhan kulit yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Kutil kelamin gatal adalah salah satu gejala yang disebabkannya. Ada lebih dari 60 jenis HPV, dan beberapa diantaranya cenderung menyebabkan kutil pada kulit. HPV menstimulasi pertumbuhan sel yang cepat pada lapisan luar kulit. Dalam kebanyakan kasus, kutil yang umum muncul di jari-jari di dekat kuku jari tangan atau di tangan. Jenis HPV tertentu juga dapat menyebabkan kutil kelamin gatal muncul di area genital.

Seberapa Umumkah Penyakit Kutil Kelamin?

Kutil kelamin gatal terlihat seperti pertumbuhan kecil berwarna merah jambu atau merah didalam atau di sekitar organ seksual. Kutil juga kemungkinan mirip dengan bagian kecil yang mirip dengan kembang kol atau kemungkinan sangat kecil dan sulit untuk dilihat dengan kasat mata. Dan biasanya sering muncul dalam kelompok atau tunggal dan dapat tumbuh atau menyebar dengan cepat. Biasanya tidak menyakitkan meskipun dapat menyebabkan rasa nyeri yang ringan atau perdarahan dan kutil kelamin gatal juga bisa dirasakan oleh penderitanya.

Penyebab Munculnya Kutil Di Kelamin


Kutil kelamin gatal disebabkan oleh virus dan dapat muncul dimana saja di tubuh. Kemudian yang muncul di area genital disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) dan mudah ditularkan melalui kontak seksual. Infeksi HPV adalah penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum. Bentuk-bentuk tertentu dari virusnya dapat menyebabkan kanker serviks (leher rahim), kanker rektum, kanker vulva, kanker vagina dan kanker penis.

Pria dan wanita yang aktif secara seksual akan mendapatkan infeksi HPV genital di beberapa titik dalam hidupnya. Setelah seseorang terinfeksi oleh HPV, kemungkinan diperlukan waktu 1 bulan hingga 3 bulan untuk kutilnya muncul. Beberapa orang yang terinfeksi, tidak semua mengalami adanya gejala.

Baca Juga : Kutil Kelamin Adalah Virus Yang Berbahaya

 

Kutil Kelamin Gatal Berikut Gejala Lainnya

Seperti banyaknya penyakit kelamin (STD), HPV tidak selalu memiliki gejala yang terlihat. Akan tetapi gejalanya memang bisa muncul, kutil kelamin dapat terlihat di area genital. Pada wanita, kutil dapat berkembang di luar dan di dalam vagina, di serviks (leher rahim) atau di sekitar anus. Pada pria, kutil dapat terlihat di ujung penis, di batang penis, di skrotum atau di sekitar anus.
 
Kutil kelamin juga bisa berkembang di mulut atau di tenggorokan seseorang yang pernah melakukan hubungan seksual secara oral dengan seseorang yang terinfeksi. Karena tidak adanya cara untuk memprediksi kutil tumbuh dan menghilang, seseorang yang terinfeksi harus melakukan pemeriksaan dan harus melakukan penanganan khusus.
 
Kutil biasanya tidak ada gejala. Dalam kasus lain, pertumbuhan yang dapat dirasakan dari kutil kelamin kemungkinan munculnya di area genital atau di rektal dalam waktu beberapa minggu, beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun mendatang setelah kontak dengan orang yang terinfeksi. Kutil kelamin mirip dengan kutil biasa. Kutil kelamin berwarna seperti daging, putih atau ke abu-abuan. Biasanya akan tampak sebagai tonjolan yang tipis, fleksibel dan padat pada kulit yang terlihat (seperti kembang kol).
 
Namun beberapa kutil yang berukuran kecil dan datar kemungkinan juga tidak mudah untuk bisa dikenali. Kutil kelamin gatal adalah gejala infeksi HPV. Kutil kelamin gatal adalah benjolan yang datar yang biasanya tidak nyeri dan terkadang berdarah. Kutil dapat ditemukan di selangkangan, di alat kelamin, di pantat dan di dalam vagina atau di anus. Kutil jarang ditemukan di area mulut. Karena banyaknya strain HPV tidak menghasilkan kutil yang terlihat, dan kebanyakan orang tidak menujukkan tanda dan gejala infeksi HPV. Akibatnya dapat memberikan HPV pada orang lain tanpa orang lain tersebut menyadarinya.

Cara Mendiagnosis Kutil Kelamin Yang Parah


Dokter dapat melakukan tes atau pengujian untuk memeriksa kutil kelamin atau penyakit kelamin (STD) yang terkait seperti:

• Pemeriksaan pertumbuhan yang terlihat untuk melihat kutil kelamin.
• Pemeriksaan untuk menyorot pertumbuhan yang tidak terlalu terlihat.
• Pemeriksaan panggul (pelvic) secara lengkap dan pap smear (untuk wanita).
• Tes atau pengujian khusus untuk HPV yang berisiko tinggi (dan risiko rendah tidak harus disaring), dikumpulkan dengan cara yang sama dengan pap smear.
• Biopsi jaringan servikal (jika pap smear abnormal atau kelainan yang terlihat) untuk memastikan tidak adanya sel-sel abnormal yang bisa berkembang menjadi kanker serviks (leher rahim) yang berhubungan dengan HPV, biopsi serviks (leher rahim) melibatkan pengambilan sampel kecil jaringan dari serviks (leher rahim) dan memeriksanya dibawah mikroskop.
• Pemeriksaan rektum dan melakukan tes atau pengujian serta biopsi lebih lanjut (untuk wanita).

Penanganan Kutil Kelamin Secara Tepat


Tidak ada penanganan yang dapat membunuh virus HPV yang menyebabkan kutil kelamin. Dokter dapat menghilangkan kutil dengan terapi laser atau dengan membekukannya atau dengan menggunakan bahan-bahan kimia lainnya. Beberapa penanganan khusus harus sesuai dengan resep dokter sebelum digunakan.

Pembedahan kemungkinan sangat diperlukan untuk kutil kelamin yang besar dan sulit untuk diobati atau ditangani. Namun kekambuhan tetap menjadi salah satu masalahnya. Setelah melakukan segala jenis penanganan dan pengobatan diharuskan untuk melakukan perawatan lebih lanjut dengan dokter.

Tidak ada obat-obatan untuk HPV, akan tetapi sistem kekebalan tubuh yang sehat biasanya dapat melawan virusnya. Ada perawatan untuk masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh HPV genital, seperti kutil kelamin, perubahan sel serviks (leher rahim) dan kanker serviks (leher rahim). Dan terdapat beberapa cara untuk mengobati HPV.

Anda harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai pilihan pengobatan. Karena setiap daya tahan tubuh seseorang akan berbeda-beda, begitupun cara pengobatannya. Kutil kelamin diobati berdasarkan tingkat keparahannya juga. Untuk melakukan pengobabatan efektif mengenai kutil kelamin, Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia.

Klinik yang sangat terpercaya dalam penanganan masalah kutil kelamin gatal. Tidak hanya itu biaya yang harus dikeluarkan sangatlah terjangkau, dengan sistem pengobatan dan pelayanan yang sangat baik serta sesuai dengan standar nasional. Untuk lebih memudahkan Anda dalam melakukan pengobatan kutil kelamin gatal di Klinik Utama Gracia bisa dengan menghubungi nomor 081336361555 dan bisa juga dengan menggunakan layanan konsultasi chat online dibawah ini.

Baca Juga : Waspadai Penularan Kutil Kelamin Dan Cara Mengatasinya 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.