User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Herpes kelamin pada wanita disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus tipe 2 atau HSV-2. Banyak wanita membawa virus tanpa pernah mengembangkan gejala herpes kelamin pada wanita. Bahkan jika tidak tidak pernah mengalami gejala, namun masih bisa menular pada setiap pria, karena wanita akan mendapatkannya lebih mudah. Cara terbaik untuk mencegah penularan herpes adalah dengan menggunakan kondom setiap kali melakukan hubungan seksual. Kondom tidak menjamin perlindungan secara penuh dari virus herpes, akan tetapi sangat mengurangi risiko untuk tertular.

 

Penjelasan Secara Umum Herpes Kelamin Pada Wanita

Herpes kelamin pada wanita adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV). Pada kebanyakan orang dengan herpes tidak memiliki gejala dan tidak mengetahui memilikinya. Herpes kelamin mempengaruhi banyak wanita. Gejala-gejala yang menyebabkan herpes kelamin memiliki risikonya. Herpes kelamin adalah infeksi menular seksual (IMS) umum yang dapat menyebabkan luka pada kulit kelamin seseorang yang terinfeksi (seperti vagina, penis atau testis) dan anus. Herpes kelamin pada wanita tidak menyebabkan kanker dan tidak mempengaruhi peluang wanita untuk hamil.

Berbagai Penyebab Herpes Kelamin Pada Wanita Yang Harus Diketahui


Salah satu penyebab herpes kelamin adalah virus. Virus yang dapat menyebabkan herpes kelamin, akan tetapi lebih sering menyebabkan kulit yang melepuh pada mulut dan bibir (misalnya luka dingin atau demam). Dokter mengatakan sekitar 1 orang dari 6 orang wanita lebih mudah terinfeksi herpes dibandingkan pada pria.

Baca Juga : Begini Cara Penularan Herpes Genital Yang Sering Di Abaikan

 

Gejala Yang Berpengaruh Terhadap Herpes Kelamin Pada Wanita

Wanita yang memiliki virus herpes kemungkinan tidak memiliki gejala atau tanda infeksi. Kebanyakan wanita tidak mengetahui jika memiliki virus. Setelah terinfeksi, virus akan tetap berada di sel saraf selama seumur hidup. Ketika virus tidak aktfif, maka tidak ada tanda-tanda infeksi. Ketika virus menjadi aktif, maka terjadi gejala herpes.
Beberapa wanita kemungkinan tidak memiliki gejala atau kemungkinan hanya memiliki satu gejala, sementara yang lain kemungkinan memiliki beberapa gejala. Gejala herpes paling sering terjadi dalam 2 minggu setelah tertular virus dari orang yang terinfeksi. Gejala herpes kelamin yang pertama kemungkinan termasuk:
 
• Terasa gatal, kesemutan atau rasa seperti terbakar di area vagina dan dubur.
• Gejalanya mirip dengan flu termasuk demam.
• Kelenjar yang membengkak.
• Nyeri di kaki, di pantat atau di area vagina.
• Perubahan cairan pada vagina.
• Sakit kepala.
• Kencing yang menyakitkan atau kencing yang sulit.
• Perasaan tertekan di area bawah perut.
 
Setelah beberapa hari, luka yang menyakitkan, lepuhan atau bisul dapat berkembang di area virus memasuki tubuh, dan biasanya area-area ini meliputi:
 
• Area vagina atau dubur.
• Mulut.
• Di dalam vagina.
• Di serviks (leher rahim)
• Di saluran kemih.
• Di bokong atau di paha.
• Di bagian lain di tubuh area virus masuk.
 
Terkadang gejala pertama tidak akan muncul sampai berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah infeksi. Namun ada gejala lainnya, biasanya setelah gejala pertama Anda kemungkinan memiliki lebih banyak gejala. Untuk sebagian besar, gejala ini terjadi lebih jarang dari waktu ke waktu. Gejala infeksi herpes biasanya lebih ringan daripada saat gejala pertama dan bisa menghilang lebih cepat. Pada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, gejalanya bisa menjadi parah dan bertahan lama.

Diagnosis Dari Pada Herpes Kelamin Pada Wanita


Dokter dapat mendiagnosis herpes dengan melihat luka selama pemeriksaan fisik dan dengan menguji cairan yang diambil dari luka untuk melihat adanya HSV-1 dan HSV-2. Ada juga tes darah yang spesifik yang dapat membantu pada beberapa penderitanya untuk mengetahui jenis virus yang dapat menyebabkan gejala atau untuk mengetahui salah satu pasangan yang telah terinfeksi oleh herpes. Jika memiliki luka herpes di area genital, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter agar segera dilakukan pemeriksaan, berbagai tes dan pengobatan.

Pengobatan Khusus Mengenai Herpes Kelamin Pada Wanita


Herpes kelamin dapat diobati, akan tetapi tidak dapat disembuhkan. Obat-obatan anti virus dapat membuat gejala yang singkat, tidak terlalu parah dan jarang terjadi. Biasanya penderita herpes akan merasa malu, khawatir mengenai infeksi pasangan seksualnya, khawatir jika herpes dapat mempengaruhi hubungan dengan pasangan seksual, menghindari berhubungan seksual.

Pada kebanyakan orang dengan herpes dapat hidup dengan virus dan gejalanya. Konsultasikan dengan dokter kemungkinan bisa membantu mengatasi masalah Anda. Dokter akan menjelaskan obat-obatan untuk mengobati gejala dan mengenai cara-cara untuk mengurangi kemungkinan meneruskan virus ke pasangan seksual.

Obat-obatan dapat membantu menurunkan kemungkinan akan menyebarkan virus ke orang lain. Ada banyak pengobatan yang dapat membantu herpes. Dokter akan meresepkan obat-obatan yang dapat mempercepat penyembuhan, dan membuat gejala tidak terlalu menyakitkan dan menurunkan risiko terkena gejala.

Obat-obatan tidak dapat membunuh virus dan tidak mencegah gejala di masa yang akan datang. Bahkan ketika tidak memiliki gejala sama sekali, virus yang ada didalam tubuh dan bisa aktif. Namun luka biasanya akan berkurang seiring waktu. Gejala dapat dicegah atau diobati lebih awal dengan obat-obatan anti virus untuk mengurangi gejala.

Salah satu tempat pengobatan herpes kelamin hanya ada di Klinik Utama Gracia. Karena penanganan di Klinik Utama Gracia sangat efektif, dengan pengobatan yang dilakukan secara efektif. Dokter yang menangani juga sangat ahli dan berpengalaman di dalam bidangnya. Selain itu, berbagai keunggulan yang ada di Klinik Utama Gracia, menjadikan Klinik Utama Gracia salah satu klinik yang paling diminati dan direkomendasikan menjadi klinik terbaik penanganan herpes kelamin.

Untuk melakukan pengobatan herpes kelamin di Klinik Utama Gracia sangat mudah. Dengan menghubungi nomor 081336361555 Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia. Atau dengan mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter melalui layanan chat konsultasi online gratis dibawah ini.

Baca Juga : Waspada, Infeksi Penyakit Herpes Kelamin

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.