User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kencing nanah adalah infeksi bakteri. Efek kencing nanah bisa didapat saat berhubungan seksual dengan pasangan yang sudah terinfeksi, terlepas dari melakukan seks anal, oral atau vaginal juga dapat menyebabkan efek kencing nanah yang lebih parah lagi. Adapun gejala yang dapat menyebabkan kencing nanah pada pria dan efek kencing nanah jangka panjang yang disebabkan oleh infeksi.

Kencing nanah adalah infeksi disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Kencing nanah adalah penyakit kelamin (STD) kedua yang paling sering muncul. Kencing nanah dapat ditemukan pada uretra (lubang kencing), vagina atau alat kelamin internal, rektum dan tenggorokan. Dalam kasus yang sangat jarang sekali terjadi, kencing nanah dapat menyebabkan infeksi pada mata, kulit dan persedian. Kencing nanah adalah infeksi yang menyebar melalui kontak seksual dengan orang lain. Kuman-kuman kencing nanah ditemukan di area lendir di tubuh seperti di vagina, di penis, di tenggorokan dan di rektum.

Penjelasan Umum Mengenai Kencing Nanah


Kencing nanah bisa termasuk bakteri yang menyerang sel-sel membran mukosa yang termasuk permukaan uretra, vagina, serviks (leher rahim), endometrium, tuba fallopi, anus, rektum, lapisan kelopak mata dan tenggorokan. Kencing nanah terkadang mempengaruhi semua pria dan semua wanita setiap tahunnya.
 
Kasus kencing nanah dapat didiagnosis muncul setiap tahunnya. Kencing nanah mudah ditangani, akan tetapi dapat menyebabkan efek kencing nanah serius dan terkadang permanen. Seperti penyakit radang panggul (PID) pada wanita ketika infeksi kencing nanah mempengaruhi uterus atau tuba fallopi. Efek kencing nanah pada wanita paling sering terkait dengan penyakit radang panggul (PID) dan infertilitas atau kemandulan. Efek kencing nanah pada pria termasuk epididimitis (peradangan tabung yang membawa sperma) dan infertilitas atau kemandulan.

Penyebab Kencing Nanah Yang Tidak Terkendali



Kencing nanah disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Dan tidak hanya mempengaruhi saluran reproduksi, akan tetapi juga dapat mempengaruhi membran mukosa mulut, tenggorokan, mata dan rektum. Infeksi ditularkan melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi yang melibatkan penis, vagina, anus atau mulut.

Pria tidak perlu ejakulasi untuk mengeluarkan kencing nanah. Kencing nanah juga dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi ke bayinya saat melahirkan. Meskipun semua individu aktif secara seksual akan berisiko terkena kencing nanah dengan tingkat infeksi tertinggi yang terjadi pada remaja, dewasa dan lainnya.

Baca Juga : Cari Tahu Apa Saja Tombol Kencing Nanah Pada Wanita

Simak Gejala-Gejala Dari Efek Kencing Nanah


Berikut terdapat beberapa gejala kencing nanah, pada kebanyakan wanita tidak mengalami gejala kencing nanah, akan tetapi pada kebanyakan pria bisa mendapatkannya. Ketika gejala muncul, kemungkinan hanya muncul 2 hari hingga 7 hari setelah infeksi. Namun ada juga yang tidak memiliki gejala sama sekali. Berikut gejala-gejala pada pria dan wanita meliputi:
 
1. Gejala Kencing Nanah Pada Pria
 
Pada pria, gejala muncul sampai 5 hari setelah terinfeksi, gejala bisa memakan waktu hingga 30 hari untuk muncul, gejala pada pria bisa meliputi:
 
• Seperti embun yang berwarna hijau atau kekuningan dari penis.
• Terasa nyeri atau terjadinya pembengkakan pada testis.
• Penis terasa gatal.
• Seperti sensasi terbakar saat kencing.
• Ada cairan berwarna putih, kuning atau hijau dari penis.
• Testis yang menyakitkan.
 
2. Gejala Kencing Nanah Pada Wanita
 
Pada wanita, gejala kencing nanah terasa ringan dan terkadang bisa keliru dengan infeksi kandung kemih atau infeksi vagina, gejala pada wanita bisa meliputi:
 
• Seperti sensasi yang menyakitkan atau terbakar saat kencing.
• Meningkatnya keputihan.
• Perdarahan vagina antar periode.
• Nyeri perut atau punggung bawah.
• Perdarahan vagina setelah berhubungan seksual atau antar periode menstruasi.
• Nyeri saat berhubungan seksual.

Cara Mendiagnosis Kencing Nanah Pada Umumnya



Untuk mengetahui jika memiliki kencing nanah, maka Anda harus melakukan pemeriksaan dan pengujian atau tes dengan dokter spesialis kencing nanah. Pengujian atau tes untuk kencing nanah dilakukan dengan melakukan tes urine atau tes swab dari vagina, uretra, rektum atau tenggorokan. Dan biasanya akan dilakukan pengujian mengenai penyakit kelamin (STD) lainnya pada saat yang bersamaan. Dokter akan melakukan pengujian atau tes mengenai sipilis (raja singa), klamidia dan HIV. Sebagian hasil tes atau pengujian yang akurat bisa diketahui dari waktu 7 hari setelah terinfeksi.

Pengobatan Khusus Untuk Menghindari Efek Kencing Nanah



Beberapa antibiotik dapat menyembuhkan kencing nanah. Namun kencing nanah yang resisten terhadap obat-obatan dapat meningkat dan pengobatan kencing nanah akan menjadi sangat sulit. Karena banyak orang dengan kenicng nanah mengalami klamidia, penyakit kelamin (STD) lainnya juga maka antibiotik untuk kedua infeksi ini biasanya akan diberikan secara bersamaan.

Orang-orang dengan kencing nanah harus melakukan pengujian untuk penyakit menular seksual (PMS) lainnya. Oleh karena itu harus melakukan semua pengobatan untuk hasil yang memuaskan dan tidak terkena efek kencing nanah yang serius. Meskipun obat-obatan akan menyembuhkan infeksi, namun kerusakan oleh penyakit ini bersifat permanen.

Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter jika gejalanya berlanjut, dan biasanya kencing nanah diobati dengan antibiotik terapi ganda sebagai dosis tunggal melalui mulut dan injeksi otot tunggal. Pasangan seksual yang memiliki kontak dengan orang yang terinfeksi dalam waktu 60 hari setelah didiagnosis maka membutuhkan pengujian dan pengobatan ulang agar tidak terjadi kekambuhan.

Untuk melakukan pengobatan, kami sangat merekomendasi Anda untuk melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia. Yang mana pengobatan di Klinik Utama Gracia sangat sesuai dengan pengobatan standar internasional. Berikut ini nomor Klinik Utama Gracia yang bisa Anda hubungi untuk melakukan pengobatan 081336361555 dan layanan chat konsultasi dibawah ini untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter.

Baca Juga : Ciri Ciri Dan Gejala Kencing Nanah Yang Harus Di Waspadai

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.