User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kutil kelamin adalah infeksi menular seksual (IMS) yang umum. Kutil sering muncul pada kulit di sekitar bagian bawah anus, di alat kelamin eksternal (seperti vulva atau labia dan klitoris), di alat kelamin internal (seperti vagina dan serviks atau leher rahim). Kutil juga dapat muncul di paha atas dan di kulit sekitar area genital.

Apa Itu Kutil Kelamin? Apakah Kutil Kelamin Berbahaya?

Kutil kelamin adalah virus yang berbahaya. Penularan kutil kelamin terjadi saat melakukan hubungan seksual dan dapat menyebabkan kutil yang berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan setelah infeksi. Kutil biasanya tidak menyebabkan rasa sakit atau iritasi. Penderitanya yang tidak menyadari telah tertular infeksi sampai pertumbuhannya menyebar luas.
 
Kutil kelamin adalah benjolan kecil yang biasanya tumbuh didalam dan disekitar kelamin. Dapat berupa berbagai bentuk dan ukuran dan dapat menyerupai kutil yang datar, kecil dan besar, tumbuh tunggal atau berkelompok dan kemungkinan tumbuh sangat kecil sehingga tidak terlihat oleh kasat mata. Kutil kelamin adalah pertumbuhan berdaging atau benjolan yang ditemukan disekitar alat kelamin dan dubur.

Penyebab Dari Kutil Kelamin Yang Membahayakan


Beberapa jenis Human Papilloma Virus (HPV) menyebabkan kutil kelamin. Jenis HPV yang menyebabkan kutil kelamin tidak dapat menyebabkan kelainan pada serviks (leher rahim) atau kanker serviks (leher rahim) juga. Jika memiliki kutil kelamin bukan berarti Anda memiliki atau terkena kanker serviks (leher rahim) juga.

Ada 2 jenis HPV yang dapat menyebabkan kutil kelamin adalah HPV 6 dan HPV 11. Tergantung pada usia, Anda bisa mengantisipasinya dengan vaksin yang dapat melindungi terhadap jenis HPV yang dapat menyebabkan kutil kelamin, serta jenis HPV lainnya. Sistem kekebalan tubuh biasanya dapat menyingkirkan HPV.

Baca Juga : Waspadai Penularan Kutil Kelamin Dan Cara Mengatasinya

 

Gejala-Gejala Kutil Kelamin Yang Paling Umum

Infeksi HPV sangat umum. Terkadang infeksi HPV dapat menyebabkan kutil menjadi terlihat, namun banyak orang yang terkena virus tidak dapat mengembangkan kutil menjadi terlihat karena sistem kekebalan tubuhnya dapat menjaga virus tetap terkendali. Kutil lebih sulit diobati pada seseorang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti memiliki HIV.
 
Beberapa kutil kelamin kemungkinan akan sulit untuk dilihat ketika muncul didalam vagina, serviks (leher rahim) atau anus. Jika mengembangkan kutil kelamin yang terlihat bukan berarti baru terinfeksi namun karena infeksinya kemungkinan telah terjadi dari beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun yang lalu. Gejala-gejala kutil kelamin adalah sebagai berikut:
 
• Kulit yang berwarna dan adanya benjolan kecil.
• Kulit yang mengangkat atau yang datar.
• Kutil yang dapat muncul dalam kelompok besar atau hanya dapat muncul 1 atau 2 kutil tunggal.
• Kutil yang kemungkinan besar muncul di area yang lembab.
• Jika tidak segera ditangani, kutil akan tumbuh dan menyebar ke area yang lebih luas.
 
Kutil kelamin juga bisa menyebar melalui seks anal dan oral serta dapat menyebabkan kutil tumbuh di anus dan di mulut. Kutil kelamin dapat terlihat berbeda, tergantung pada seberapa banyaknya. Bisa terlihat seperti benjolan berdaging di kulit dan di sekitar alat kelamin atau anus. Bisa terlihat sangat kecil dengan kutil tunggal yang kemungkinan terlihat seperti perubahan warna yang berbeda pada kulit. Terkadang muncul dalam kelompok dari beberapa kutil yang memiliki penampilan seperti kembang kol. Kutil kelamin seharusnya tidak menyebabkan rasa sakit atau masalah serius. Akan tetapi bisa membuat ketidaknyamanan. Jika kutil mempengaruhi kulit di sekitar penis, vagina atau anus, terkadang dapat menyebabkan perdarahan di area tersebut. Kutil kelamin adalah virus yang dapat mempengaruhi pria dan wanita.
 
1. Kutil Kelamin Pada Wanita
 
• Tumbuh di paha atas atau di kulit sekitar area genital.
• Tumbuh di vulva yang merupakan area genital eksternal yang meliputi labia dan klitoris.
• Tumbuh di vagina.
• Tumbuh di serviks (leher rahim).
• Tumbuh di anus atau disekitar pembukaan dan di dalam nya.
 
2. Kutil Kelamin Pada Wanita
 
• Tumbuh di paha atas atau di kulit sekitar area genital.
• Tumbuh di penis, di luar dan di dalam uretra tempat urine keluar.
• Tumbuh di skrotum yang merupakan kulit yang menutupi buah zakar.
• Tumbuh di anus atau di sekitar pembukaan dan di dalam nya.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Kutil Kelamin Pada Remaja?


Kutil kelamin adalah pertumbuhan atau tonjolan pada kulit disekitar area genital seperti di vulva, di vagina, di serviks (leher rahim), di penis, di skrotum, di uretra (pembukaan urine) di anus, di selangkangan atau di paha. Pertumbuhannya bisa menjadi datar, tunggal atau ganda, kecil dan besar. Beberapa kutil kelamin adalah HPV yang dapat mengelompok bersama untuk membentuk.

Kutil terkadang bisa sangat sulit untuk dilihat. Terkadang juga sulit untuk membedakan selaput HPV dengan benjolan atau jerawat lainnya. Untuk mendiagnosis kutil kelamin adalah dengan pengenalan visual oleh dokter. Berbagai tes atau biopsi namun biasanya tidak diperlukan. Namun ada baiknya Anda mengkonsultasikannya langsung dengan dokter, agar dokter mengetahui kondisi Anda dan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai kutil.

Pengobatan Khusus Untuk Kutil Kelamin


Jika memiliki kutil atau kemungkinan telah terkena kutil kelamin dan mengkhawatirkan terinfeksi HPV, segera lakukan konsultasi dengan dokter spesialis untuk melakukan pemeriksaan. Dalam kebanyakan kasus, keberadaan kutil dapat diketahui dengan memeriksa area genital. Infeksi HPV dapat muncul tanpa kutil yang terlihat sekalipun.

Tidak ada tes atau pengujian darah atau swab untuk mendeteksi infeksi HPV. Tidak ada obat-obatan untuk infeksi HPV, meskipun pada kebanyakan orang dengan kutil dan infeksi HPV akan hilang dengan sendirinya tanpa melakukan pengobatan. Berbagai pengobatan yang kemungkinan berguna jika kutil mengakibatkan ketidaknyamanan.

Maka konsultasikan dengan dokter spesialis mengenai perubahan sel-sel serviks (leher rahim) yang disebabkan oleh infeksi HPV juga bisa diobati. Dan Anda bisa melakukan pengobatan kutil kelamin di Klinik Utama Gracia, salah satu klinik ternama dan terpercaya di Jakarta Indonesia. Klinik yang sangat mengutamakan kesembuhan dan kepuasan setiap pasiennya.

Oleh karena itu kami sangat merekomendasikan Anda untuk melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia. Dengan menghubungi nomor 081336361555 dan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis, Anda bisa menggunakan layanan konsultasi chat online dibawah ini secara gratis.

Baca Juga : Begini Cara Mengobati Kutil Kelamin Dengan Tepat

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.