User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit kelamin (STD) adalah infeksi yang disebarkan melalui kontak seksual. Lalu bagaimana cara mencegah penyakit kelamin yang berbahaya ini?. Memiliki penyakit kelamin dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh, bahkan bisa menyebabkan kematian. Penyakit kelamin adalah penyakit yang paling umum menular dan mudah menyebar.

Meskipun beberapa penyakit kelamin dapat diobati dan disembuhkan, namun ada juga yang tidak bisa disembuhkan. Dengan cara mencegah penyakit kelamin, adalah salah satu cara untuk menghindari penyakit mematikan tersebut menyebar. Penyakit kelamin adalah penyakit menular yang ditularkan melalui hubungan seksual.

Penyakit kelamin terjadi pada orang-orang di usia 15 tahun hingga usia 24 tahun. Penyakit kelamin disebabkan oleh sejumlah mikroorganisme yang bervariasi dalam ukuran, siklus, gejala dan kerentanan terhadap pengobatan yang tersedia. Penyakit kelamin biasanya menyebar saat melakukan seks vaginal, oral dan anal. Setiap tahunnya wanita didiagnosis dengan penyakit kelamin yang lebih serius dibanding pria.

Penjelasan Penyakit Kelamin Secara Umum


Orang-orang mengidap penyakit kelamin melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi. Beberapa penyakit kelamin memiliki sarana transmisi non seksual lainnya. Risiko tertular penyakit kelamin dapat dikurangi dengan cara mencegah penyakit kelamin atau menghindari kontak seksual dengan penggunaan kondom secara konsisten selama aktifitas seksual atau dengan mempraktikan bentuk-bentuk keintiman seksual yang lebih aman lagi.

Dalam beberapa kasus, orang-orang juga dapat lebih mengurangi risiko tertular penyakit kelamin dengan cara mencegah penyakit kelamin atau divaksinasi. Penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi adalah ketika bakteri, virus atau parasit masuk dan tumbuh didalam tubuh. Penyakit kelamin juga disebut penyakit menular seksual (PMS). Beberapa penyakit kelamin dapat disembuhkan dan beberapa penyakit kelamin juga tidak dapat disembuhkan.

Baca Juga : Cari Tahu Apa Saja Gejala Kencing Nanah Pada Wanita

 

Penyakit Kelamin Berikut Penyebab Yang Mendasarinya

Penyakit kelamin disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri diobati dengan antibiotik. Penyakit kelamin yang disebabkan oleh virus tidak dapat disembuhkan, akan tetapi gejalanya dapat diobati, dengan cara mencegah penyakit kelamin secara efektif. Jika aktif melakukan hubungan seksual, kemungkinan akan berisiko memiliki penyakit kelamin. Risiko yang lebih tinggi jika memiliki banyak pasangan seksual, aktif melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang memiliki banyak pasangan atau melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan kondom.

Gejala-Gejala Dari Penyakit Kelamin Yang Membahayakan

Gejala-gejala penyakit kelamin sangat bervariasi tergantung pada infeksinya. Banyaknya penyakit kelamin dapat menyebabkan luka genital. Banyaknya penyakit kelamin yang hanya memiliki gejala ringan atau tanpa adanya gejala sama sekali. Ketika wanita memiliki gejala, kemungkinan akan keliru mengenai satu sama lainnya, misalnya infeksi saluran kemih (ISK) dan infeksi ragi. Gejala umum penyakit kelamin meliputi:
 
• Terasa gatal disekitar vagina atau keluarnya cairan dari vagina untuk wanita.
• Nyeri saat berhubungan seksual atau saat kencing.
• Nyeri di area panggul (pelvic).
• Sakit tenggorokan dirasakan orang yang melakukan oral seks.
• Nyeri disekitar anus dirasakan orang yang melakukan anal seks.
• Luka merah tanpa adanya rasa sakit pada area genital, anus, lidah atau tenggorokan.
• Adanya ruam dan bersisik di telapak tangan dan telapak kaki.
• Air kencing yang gelap dan mata terlihat berwarna kuning.
• Lepuhan kecil yang berubah menjadi keropeng di area genital.
• Kelenjar yang membengkak, demam dan nyeri di bagian tubuh.
• Infeksi yang tidak biasa, kelelahan, keringat malam dan penurunan berat badan.
• Kulit berwarna seperti daging di sekitar area genital.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Suatu Penyakit Kelamin?


Cara mendiagnosis penyakit kelamin adalah dengan cara mengevaluasi secara klinis penyakitnya serta tes atau pengujian di laboratorium. Penyakit kelamin didiagnosis dan diobati dalam berbagai cara. Tes atau pengujian diagnostik dilakukan lebih sering dilakukan dalam situasi seperti mendiagnosis tidak jelas, adanya infeksi yang parah, pengobatan awal tidak efektif dan dari alasan lain seperti kesehatan, psikososial, tekanan mental yang ekstrem dan depresi.

Cara Mencegah Penyakit Kelamin Di Kalangan Remaja


Selain untuk mengobati penyakit kelamin, cara mencegah penyakit kelamin juga harus dilakukan. Karena tes atau pengujian diagnostik terbatas atau tidak tersedia dan dapat menyebabkan sindrom presensi (misalnya urethritis, servisitis, ulkus genital dan penyakit radang panggul atau PID). Kebanyakan penyakit kelamin dapat diobati secara efektif dengan obat-obatan.

Namun resistansi obat-obatan bisa menjadi masalah yang meningkat. Orang yang mengalami penyakit kelamin bakteri harus menjauhkan diri dari hubungan seksual sampai infeksinya hilang, begitupun dengan pasangan seksualnya harus di evaluasi dan diobati secara bersamaan. Penyakit kelamin virus terutama herpes dan infeksi HIV biasanya menetap seumur hidup. Adapun cara mencegah penyakit kelamin dengan mengontrol penyakit kelamin akan tetapi bergantung pada:

• Fasilitas yang memadai dan orang yang terlatih untuk mendiagnosis serta melakukan pengobatan.
• Program kesehatan untuk mencari cara mencegah penyakit kelamin dan mengobati pasangan seksualnya.
• Tindak lanjut suatu pengobatan.
• Untuk menghindari perilaku yang berisiko tinggi.

Kondom atau bendungan vagina jika digunakan dengan benar, akan sangat mengurangi risiko untuk beberapa penyakit kelamin. Vaksin yang tidak tersedia untuk sebagian besar penyakit menular seksual (PMS) kecuali untuk hepatitis A, hepatitis B dan infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Namun ada tempat pengobatan yang paling ampuh dan efektif.

Anda bisa melakukan pengobatan penyakit kelamin di Klinik Utama Gracia. Karena Klinik Utama Gracia adalah salah satu klinik yang menangani permasalahan penyakit kelamin. Selain itu pelayanan medis di Klinik Utama Gracia sangat baik dengan memperhatikan dan mengutamakan kesembuhan dan kepuasan setiap pasiennya. Untuk mempermudah proses pengobatan, Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 dan Anda bisa mengkonsultasilkannya terlebih dahulu dengan dokter dengan menggunakan layanan konsultasi chat online gratis dibawah ini.

Baca Juga : Penyebab Dan Gejala Seorang Penderita Sifilis

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.