User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kencing nanah pada wanita adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Kencing nanah dapat menginfeksi tenggorokan, anus, uretra (saluran air kencing), serviks (leher rahim) dan mata. Jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius termasuk infeksi pada kulit, sendi dan penutup otak (meningitis).

Kencing nanah pada wanita yang tidak segera diobati dapat menyebabkan infeksi jangka panjang dari rahim dan saluran yang disebut penyakit radang panggul (PID) dan dapat menyebabkan infertilitas atau kemandulan (ketidakmampuan untuk hamil). Kencing nanah adalah infeksi yang disebarkan oleh bakteri dapat mempengaruhi baik wanita maupun pria. Wanita bisa mendapatkannya di area yang lembab dan hangat seperti vagina, organ reproduksi, anus, mulut, tenggorokan dan mata.

Pengertian Kencing Nanah Pada Wanita


Kencing nanah adalah penyakit menular seksual (PMS) umum atau infeksi atau penyakit kelamin (STD). Infeksi biasanya muncul di serviks (leher rahim) yaitu bagian bawah rahim yang membuka ke vagina. Bakteri juga dapat menginfeksi tenggorokan atau rektum selama seks oral atau anal. Kencing nanah yang tidak segera diobati dapat menyebar ke aliran darah dan ke bagian tubuh lainnya.

• Dapat menginfeksi sendi dan menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan (arthtitis).
• Dapat menyebar ke otak dan menyebabkan meningitis.
• Bisa menginfeksi jantung.
• Bisa menyebabkan kematian.

Jika memiliki kencing nanah dan kemudian melakukan hubungan seksual yang tidak aman dengan seseorang yang mengidap HIV kemungkinan besar akan terinfeksi HIV juga.

Baca Juga : Tahap Dan Cara Mengobati Penyakit Gonore

 

Penyebab Kencing Nanah Pada Wanita

Infeksi ini disebabkan oleh bakteri yang disebut Neisseria Gonorrhoeae. Biasanya diteruskan dari orang ke orang selama seks oral, vaginal dan anal. Infeksi dapat ditularkan dari wanita hamil ke bayinya selama kelahiran. Kencing nanah dapat menyebabkan infeksi mata pada bayi. Kencing nanah dapat ditularkan melalui seks anal, vaginal dan oral, bahkan ketika tidak ada gejala.
 
Kencing nanah juga bisa diteruskan ke bayi saat melahirkan. Wanita yang mendapatkan kencing nanah dari kontak seksual dengan seseorang yang terinfeksi, dan siapapun yang memiliki kencing nanah dapat menyebar ke orang lain. Kencing nanah dapat menyebar melalui oral, vagina dan hubungan seksual antara :
 
• Pria dengan wanita.
• Wanita dengan wanita.
• Pria dengan pria.

Apa Saja Gejala Kencing Nanah Pada Wanita?

Beberapa wanita dan pria dapat mengalami kencing nanah tanpa gejala. Kencing nanah pada wanita termasuk :
 
• Kencing yang sangat menyakitkan atau terasa terbakar.
• Meningkatnya keputihan.
• Perdarahan antar periode atau setelah berhubungan seksual.
• Vagina terasa gatal dan iritasi.
• Ketidakmampuan atau rasa sakit saat berhubungan seks.
• Demam area dubur, terasa nyeri, perdarahan atau terasa gatal.
• Demam, sakit perut, ruam dan bengkak atau nyeri pada persendian seiring berjalannya waktu.
• Sakit tenggorokan.
• Mata merah atau gatal.
 
Dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan pengujian jika memiliki gejala kencing nanah. Seorang wanita bisa mendapatkan atau menyebarkan HIV lebih mudah jika memiliki kencing nanah.

Cara Mendiagnosis Kencing Nanah Pada Wanita


Dokter akan menanyakan mengenai gejala dan riwayat seksual serta medis dan melakukan pemeriksaan. Tes yang dilakukan termasuk :

• Tes urine.
• Pemeriksaan panggul (pelvic).
• Usapan untuk sampel pengujian dari serviks (kencing nanah) atau bagian bawah rahim yang terbuka ke vagina selama pemeriksaan panggul (pelvic).

Bagaimana Cara Mengobati Kencing Nanah Pada Wanita


Kencing nanah dapat diobati dan disembuhkan dengan atibiotik. Selesaikan semua pengobatan antibiotik jangan pernah menunda-nunda, karena akan memulai lagi dari awal pengobatannya, bahkan jika gejala kencing nanah hilang sekalipun terus lakukan pengobatan. Hindari berhubungan seks sampai pengobatannya selesai dan gejalanya hilang.

Konsultasikan dengan dokter jika gejala tidak hilang setelah menyelesaikan pengobatan. Kencing nanah diobati dengan obat-obatan antibiotik. Jika yang terinfeksi serviks (leher rahim), pengobatan yang tepat yaitu menghilangkan infeksinya dalam waktu kurang lebih 10 hari. Jika infeksinya telah menyebar ke rahim dan ovarium, kemungkinan memerlukan obat-obatan yang diberikan melalui intravena. Tergantung pada tingkat keparahan penyakit. Kencing nanah dapat menyebabkan penyakit radang panggul (PID) yang dapat menyebabkan :

• Nyeri perut yang tidak hilang bahkan setelah infeksi diobati.
• Infertilitas atau kemandulan (hilangnya kemampuan untuk memiliki anak).
• Risiko kehamilan tuba yang lebih tinggi yang merupakan kehamilan diluar rahim dan kondisi berbahaya yang membutuhkan operasi.

Selalu pastikan untuk mengkonsultasikan dengan dokter jika ada kemungkinan hamil. Dokter akan meresepkan pengobatan yang aman untuk bayi. Adapun tempat pengobatan yang sangat merekomedasi untuk menangani kencing nanah. Pengobatan kencing nanah hanya ada di Klinik Utama Gracia.

Anda bisa menghubungi kami untuk melakukan pengobatan di nomor 081336361555 dan untuk memudahkan Anda dalam melakukan konsultasi. Anda bisa melakukan konsultasi online secara gratis dibawah ini. Klinik Utama Gracia di lengkapi dengan reservasi secara online guna menghemat waktu Anda dan tidak perlu mengantri dan mendapat prioritas.

Baca Juga : Ternyata Begini Cara Mengobati Gonore Yang Benar


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.