User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Herpes genital pria adalah virus yang sangat umum dan penderitanya mengalami wabah berulang. Herpes genital pria diobati dengan pengobatan antiviral yang membantu tubuh melawan virus. Yang mengakibatkan wabah herpes lebih ringan dan lebih cepat hilang daripada tanpa pengobatan antiviral lainnya.

Siapapun dapat terkena herpes genital saat berhubungan seks dengan pasangan yang terinfeksi. Namun herpes terkadang tidak menimbulkan adanya gejala. Dan tidak disadari penularannya dan tidak diketahui bahwa terinfeksi. Dengan menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks dapat mengurangi risiko terkena herpes genital atau infeksi menular seksual (IMS) lainnya.

Apa Itu Herpes Genital?

Herpes genital adalah infeksi menular seksual (IMS) umum yang disebabkan oleh virus. Kontak seksual adalah cara utama penyebaran virus. Setelah infeksi awal, virus terbengkalai ditubuh dan dapat aktif kembali beberapa kali dalam 1 tahun. Herpes genital dapat menyebabkan rasa sakit, gatal dan luka di area kelamin.
 
Akan tetapi kemungkinan tidak memiliki tanda-tanda atau gejala herpes genital. Jika terinfeksi, maka bisa menular bahkan jika tidak memiliki luka yang terlihat. Pengobatan dapat meringankan gejala dan mengurangi risiko menginfeksi orang lain. Kondom juga dapat membantu mencegah penyebaran infeksi herpes genital.

Penyebab Herpes Genital Pria


Ini disebabkan oleh herpes simpleks virus (HSV), lebih dari 25 virus yang menyebabkan luka dingin. Herpes genital pria disebabkan oleh 2 jenis ini meliputi :

• Herpes Simpleks Virus Tipe 1 (HSV-1)

Virus yang menyebabkan luka dingin dan herpes genital. Biasanya menghasilkan gejala lebih ringan daripada herpes simpleks virus tipe 2 (HSV-2) akan tetapi masih sangat menular dan bisa sangat menimbulkan ketidaknyamanan.

• Herpes Simpleks Virus Tipe 2 (HSV-2)

Menghasilkan gejala yang lebih parah dari herpes simpleks virus tipe 1 (HSV-1) dan sama menular. Meskipun sangat menular, sebagian besar penularan terjadi ketika tidak ada tanda-tanda infeksi yang jelas. Virus ini meniti jumlah partikel melalui kulit dari akar saraf dimana berada didalam tubuh. Infeksi sebelumnya dengan herpes simpleks virus tipe 1 (HSV-1) tidak memberikan kekebalan terhadap herpes simpleks virus tipe 2 (HSV-2), meskipun dapat membuat serangan utama yang parah.

Baca Juga : Gejala Umum Herpes Genitalis

 

Tanda Dan Gejala Herpes Genital Pria

Tanda dan gejala herpes genital pria termasuk vesikel, luka dan bisul yang menyakitkan, gatal dan terasa terbakar di area kelamin, anus dan paha atas. Orang dengan herpes genital tidak mengalami atau memiliki adanya gejala yang begitu ringan. Sehingga dibingungkan dengan kondisi kulit lainnya. Dalam kasus dimana gejala tidak muncul herpes genital masih dapat ditularkan. Dokter menyarankan untuk menjalani tes HSV-1 dan tes HSV-2 untuk mengetahui kondisinya.
 
Tanda Dan Gejala Umum
 
• Tanpa adanya gejala.
 
Tanda Dan Gejala Kurang Umum
 
• Luka pada penis.
• Demam.
• Sakit kepala.
• Kelelahan.
• Pegal-pegal.
• Kelenjar getah bening yang membengkak.
 
Tanda Dan Gejala Umum Paling Sedikit
 
• Luka atau bisul.
• Muncul didalam atau disekitar anus.
• Muncul disekitar bokong dan paha.
• Meningitis.
• Radang otak.
• Infeksi mata.
• Eksim herpetiform.

Diagnosis Herpes Genital Pria


Dokter dapat mendiagnosis herpes dengan melihat luka selama pemeriksaan fisik dengan menguji cairan yang diambil dari luka untuk melihat HSV-1 atau HSV-2. Ada juga tes darah spesifik yang dapat membantu pada beberapa penderita untuk mengetahui jenis virus yang menyebabkan gejala atau untuk mengetahui salah satu pasangan telah terinfeksi oleh herpes.

Jika memiliki luka herpes di area genital, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter dan lakukan pemeriksaan awal agar ditindak lanjuti. Seseorang dengan herpes genital harus memberitahu pasangan seksualnya. Karena kemungkinan gejala tidak muncul selama berbulan-bulan sampai bertahun-tahun setelah terinfeksi.

Pengobatan Herpes Genital Pria


Untuk mengobati herpes genital sama dengan mengobati infeksi menular seksual (IMS) lainnya. Menjauh dari aktifitas seksual atau membatasi kontak seksual hanya pada 1 orang yang terbebas dari infeksi dapat dengan :

• Kondom lateks selama melakukan kontak seksual.
• Hindari hubungan seksual jika salah satu pasangan memiliki wabah herpes di area genital atau dimanapun.

Herpes genital berbeda untuk setiap orang. Tanda-tanda dan gejalanya dapat kambuh selama bertahun-tahun. Beberapa orang mengalami banyak periode setiap tahunnya. Bagi kebanyakan orang wabah berjalan seiring waktu. Selama kekambuhan terkadang akan terasa seperti :

• Terbakar, kesemutan dan gatal dimana infeksi pertama kali masuk ke tubuh.
• Nyeri dipunggung bawah, pantat dan kaki.

Dengan melakukan pemeriksaan awal, akan mengurangi risiko komplikasi lainnya. Oleh karena itu, ketika ada tanda-tanda gejalanya muncul maka segera lakukan konsultasi dengan dokter spesialis dan lakukan pemeriksaan agar kondisinya ditindak lanjuti lebih awal. Dokter akan menyarankan dan menganjurkan untuk melakukan berbagai tes untuk diuji di laboratorium.

Yang nantinya dianalisis mengenai penyakit dan tingkat keparahannya. Dari hasil tes tersebut bisa dipastikan jenis pengobatan yang harus dilakukan untuk menangani kondisi Anda. Salah satu tempat pengobatan yang menangani herpes genital hanya ada di Klinik Utama Gracia. Anda tidak perlu ragu dan khawatir. Karena Klinik Utama Gracia sangat terpercaya dalam menangani herpes genital. Untuk mempermudah silahkan hubungi nomor 081336361555 dan lakukan konsultasi online gratis dibawah ini.

Baca Juga : Ini Dia Virus Penyebab Penyakit Herpes


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.