User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Gonore adalah kencing nanah yang disebabkan oleh bakteri. Oleh karena itu harus segera mencari cara mengobati gonore tersebut agar tidak bertambah parah. Bakteri dapat menginfeksi selaput lendir dari tubuh. Gonore juga dapat menginfeksi saluran genital, termasuk serviks (leher rahim), rahim, saluran tuba, uretra (tabung yang memungkinkan air mani dan air seni keluar dari tubuh). Juga dapat menginfeksi mata melalui kontak dengan cairan yang terinfeksi.

Pengertian Gonore Pada Umumnya

Gonore dapat ditularkan melalui kontak seksual. Semua orang yang aktif secara seksual kemungkinan berisiko terkena gonore. Banyak orang dengan gonore tidak memiliki gejala apapun. Jika gejalanya muncul, biasanya muncul sampai 7 hari setelah infeksi.
 
Gejala dapat berupa nyeri vagina, kencing yang menyakitkan, dan keluarnya cairan dari vagina, uretra dan dubur. Untuk menguji gonore, sampel diambil dari area yang terinfeksi dan diuji keberadaan bakterinya. Cara mengobati gonore dengan menggunakan antibiotik, meskipun beberapa strain gonore menjadi resisten terhadap beberapa antibiotik. Gonore dapat meningkatkan risiko penularan HIV secara seksual. Penggunaan kondom yang benar dan konsisten mengurangi risiko penularan gonore.
 
Gonore jika tidak segera diobati maka dapat menyebar ke bagian yang lebih tinggi dari saluran reproduksi dan menyebabkan prostatitis (peradangan prostat) dan epididimitis (radang epididimitis) pada pria dan penyakit radang panggul (PID) pada wanita. Gonore juga dapat menyebabkan proktitis gonococcal (radang anus dan rektum).
 
Pada orang yang melakukan seks oral dapat menginfeksi tenggorokan dan menyebabkan faringitis gonococcal. Namun adapun yang kurang umum, gonore dapat menyebar ke bagian tubuh lain melalui aliran darah dan menyebabkan demam, ruam khas dan radang sendi. Pada wanita hamil dengan gonore (kencing nanah) yang tidak diobati maka bakteri dapat menyebar ke mata bayi selama persalinan dan menyebabkan ophthalmia gonococcal atau infeksi mata yang parah pada bayi yang baru lahir.

Apa Yang Menyebabkan Gonore?


Gonore adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Neisseria Gonorrhoeae atau Gonococcus. Bakteri ini dapat tumbuh dengan cepat pada selaput lendeir di tubuh. Infeksi ini menyebar melalui kontak seksual seperti vagina, anal atau oral. Pada bayi dapat mengidap gonore dari ibu hamil yang terinfeksi saat persalinan yang dapat menyebabkan kebutaan pada bayi kecuali segera diobati atau ditangani.

Baca Juga :  Tahap Dan Cara Mengobati Penyakit Gonore

Gejala Gonore Pada Pria Dan Wanita


Anda kemungkinan tidak memiliki gejala apapun jika menderita gonore (kencing nanah). Namun jika gejalanya muncul, biasanya muncul dalam 1 hari hingga 14 hari setelah terinfeksi. Selain itu, Anda bisa menularkan gonore pada orang lain. Berikut gejala-gejala gonore diantaranya :

1. Gejala Gonore Pada Pria

• Seperti keputihan yang berwarna putih, kuning atau hijau dari penis.
• Terasa terbakar saat kencing.
• Nyeri dan bengkak saat kencing.
• Gejala biasanya akan muncul dalam 14 hari setelah terinfeksi.

2. Gejala Gonore Pada Wanita

• Keputihan pada vagina.
• Terasa terbakar saat kencing.
• Nyeri saat hubungan seksual.
• Nyeri di perut bagian bawah atau panggul (pelvic).
• Periode menstruasi tidak teratur.

3. Gejala Gonore Pada Pria Dan Wanita

• Sakit tengorokan.
• Nyeri dan perdarahan dari anus.
• Kemerahan, terasa gatal pada mata.
• Pembengkakan sendi dan ruam kulit.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Gonore?

Dokter dapat mendiagnosis gonroe dengan menguji sampel urine atau swab dari area yang terkena seperti penis, vagina, serviks (leher rahim), anus, tenggorokan dan mata). Sangat penting untuk dilakukan pengujian atau tes, untuk mengetahui adanya gonore (kencing nanah) atau infeksi menular seksual (IMS) lainnya. Gonore dapat didiagnosis dengan menguji urine, uretra (untuk pria), atau endoserviks vagina (untuk wanita). Jika seseorang telah melakukan oral atau anal seks, maka faring atau rektum harus dilakukan pengujian juga.

Cara Mengobati Gonore Menurut Medis


Gonore dapat disembuhkan dengan mencari cara mengobati gonore tersebut dengan tepat. Cara mengobati gonore dengan antibiotik, meskipun beberapa strain bakteri menjadi resisten terhadap obat-obatan. Usahakan untuk menghidari melakukan hubungan seksual saat terinfeksi dan semua pasangan seksual harus melakukan pemeriksaan dan perawatan secara khusus, bahkan jika tidak memiliki gejala apapun.

Namun jika memiliki gejala, maka haris segera mencari cara mengobati gonore tersebut dengan pengobatan yang tepat. Orang-orang yang memiliki infeksi gonore dan klamidia juga harus mencari cara mengobati gonore dan klamidia dengan menggunakan kombinasi antibiotik. Pada bayi yang baru lahir yang terinefksi diberikan antibiotik intravena (langsung ke vena).

Cara mengobati gonore juga tidak sembarangan, harus mengkonsultasikannya dengan dokter terlebih dahulu, agar diberikan pemeriksaan awal yang nantinya didiagnosis lalu ditentukan jenis pengobatan yang cocok untuk penyakit dan tingkat keparahannya. Klinik Utama Gracia adalah salah satu klinik yang menangani permasalahan gonore.

Sudah banyak pasien yang datang untuk melakukan pengobatan gonore dan hasilnya sembuh. Karena bagi kami kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya adalah prioritas utama. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 dan jika ada pertanyaan lain seputar gonore. Anda bisa menggunakan layanan konsultasi online gratis dibawah ini.

Baca Juga :  Ciri Ciri Dan Gejala Kencing Nanah Yang Harus Di Waspadai


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.