User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit sipilis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang cukup berbahaya jika terus dibiarkan didalam tubuh Anda dan akibat penyakit sipilis dapat menyebabkan komplikasi. Penyebab secara umum dari adanya penyakit sipilis adalah bakteri treponema pallidum yang menyebar melalui aktifitas seksual yang dilakukan baik langsung, oral, maupun anal. Setiap kasus penyakit sipilis adalah sesuatu yang unik untuk dipelajari, mengingat penyakit ini adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri namun bisa sangat berbahaya.

Bakteri akibat penyakit sipilis dapat merusak setiap jenis jaringan dan setiap organ didalam tubuh Anda, sehingga komplikasi atau kondisi yang diakibatkan dari infeksi tersebut dapat berlangsung lama atau jangka panjang. Tanda dan gejala dari penyakit sipilis secara umum juga bisa meliputi :
  • Munculnya luka atau lecet pada area alat kelamin dan sekitarnya yang disebut dengan chancre.
  • Luka tidak menimbulkan rasa sakit atau nyeri dan terasa keras ketika disentuh.
  • Memiliki ruam kulit atau semacam kemerahan pada permukaan kulit namun tidak terasa gatal dan bahkan bisa muncul diseluruh bagian tubuh.
  • Pembengkakan pada kelenjargetah bening.
  • Penurunan berat badan.
  • Kerusakan organ-organ vital seperti jantung, pembuluh darah, hati, tulang, dan lainnya.
  • Masalah neurologis atau kerusakan pada sistem saraf pusat.

Selain sebagai tanda dan gejala hal tersebut juga bisa dikatakan sebagai akibat penyakit sipilis yang menginfeksi kedalam tubuh Anda. Dalam jangka panjang sipilis juga bisa mengakibatkan hilangnya nyawa atau kematian. Untuk akibat penyakit sipilis yang paling ringan juga bisa menimbulkan adanya kerusakan yang besifat permanen pada organ tubuh Anda.

Dibutuhkan pemeriksaan serta perawatan untuk berjalannya proses pengobatan yang tepat dalam menangani keluhan sipilis. Penting untuk Anda ketahui bahwa penyakit sipilis dapat ditangani atau diobati secara tuntas hingga sembuh, selama pengobatan yang dilakukan dapat berjalan sesuai dengan anjuran dokter Anda.

Baca Juga :  Pengobatan Sipilis Yang Tepat Dan Aman

 

Akibat Penyakit Sipilis Bila Tidak Segera Di Tangani

Apa saja akibat penyakit sipilis jika tidak ditangani? Berikut adalah beberapa kondisi yang dimungkinkan untuk menjadi bagian akibat penyakit sipilis atau bahaya yang bisa ditimbulkannya, yaitu :
  • masalah kardiovaskular
  • masalah neurologis
  • cacat mental
  • gangguan pendengaran dan penglihatan
  • komplikasi kehamilan dan persalinan
  • gummas (benjolan semacam tumor dari jaringan yang mati dan bisa terbentuk diseluruh tubuh)
  • kerusakan saraf dan otot
  • meningitis (radang selaput otak)
  • disfungsi seksual
  • meningkatnya risiko terhadap HIV

Setiap kondisi atau kerusakan akibat penyakit sipilis tentunya bisa bersifat permanen dan setelah adanya pengobatanpun kondisi tersebut masih bisa Anda alami. Kerusakan pada sistem saraf pusat tentu dapat menyebabkan sejumlah kondisi serius bahkan mengancam jiwa, selain itu kondisi dari penyakit sipilis juga bisa berlangsung secara tersembunyi dan berkembang selama bertahun-tahun didalam tubuh Anda.

Diagnosa dan Pencegahan Penyakit Sipilis

Dibutuhkan pemeriksaan dan pengecekan secara laboratorium untuk dapat memastikan keluhan yang Anda rasakan mengarah pada diagnosis penyakit sipilis. Tes darah dapat mengkonfirmasi keberadaan antibodi yang diproduksi tubuh untuk melawan bakteri penyebab penyakit sipilis sehingga ini akan mendeteksi infeksinya. Selain itu dokter Anda mungkin juga akan meminta untuk :
  • Menghindari segala bentuk kontak seksual yang berisiko sampai pengobatan selesai hingga dinyatakan sembuh oleh dokter Anda.
  • Memberitahukan pada pasanagan Anda untuk menghindari adanya penularan serta untuk mengetahui apakah adanya kemungkinan infeksi sehingga bisa dilakukan pengobatan pada tahap awal.
  • Melakukan pemeriksaan secara berkala atau bertahap untuk bisa mengetahui perkembangan dari kondisi Anda dan memastikan perawatan yang dilakukan dapat bekerja secara efektif.
  • Melakukan tes atau uji terhadap infeksi menular seksual lain, khususnya HIV.

Selama pengobatan dilakukan dengan benar maka penyebab dan akibat penyakit sipilis tentu bisa diatasi dan ditangani. Pengobatan dilakukan dengan tujuan untuk menyembuhkan keluhan serta menghindari adanya bahaya lain yang berkembang. Kerusakan atau masalah yang sudah ditimbulkan akibat penyakit sipilis yang menginfeksi tidak bisa dihilangkan atau disembuhkan.

Namun dengan pengobatan yang dilakukan maka kondisinya akan dicegah untuk semakin meluas atau bertambah parah. Penyakit sipilis melibatakan beberapa tahapan yang dimana pada setiap tahapannya tentu bisa menimbulkan tanda dana gejala yang berbeda, terkadang gejalanya mungkin akan tumpang tindih atau bahkan terjadi bersamaan.

Hal utama yang perlu Anda ketahui adalah bahwa penyakit sipilis yang dibiarkan tanpa adanya pengobatan atau penanganan maka bakterinya akan tetap hidup didalam tubuh dan menularkannya pada orang lain sehingga bisa menimbulakan akibat yang berbahaya. Konsultasikan sesegera mungkin kondisi Anda jika mengalami keluhan atau mencurigai adanya gejala-gejala dari penyakit sipilis pada organ reproduksi Anda.

Klinik Utama Gracia merupakan klinik khusus kesehatan organ genital yang menangani keluhan mengenai penyakit menular seksual (PMS), andrologi, ginekologi, dan juga keluhan genital lainnya. Klinik Utama Gracia menggunakan metode modern serta canggih pada setiap tindakan yang dilakukan. Sehingga untuk pengobatan diklinik kami tidak hanya menggobati keluhan secara fisik atau yang terlihat tetapi juga terfokus pada pengobatan untuk penyebabnya.

Keluhan yang sudah berlangsung pada tahap serius tentu akan membutuhkan waktu pengobatan dan juga pemulihan lebih lama jika dibandingkan dengan keluhan yang diketahui dalam tahap awal. Segera lakukan pemeriksaan diklinik kami atau hubungi 081336361555 untuk berkonsultasi dengan dokter maupun tenaga medis ahli kami.

Baca Juga :  Pencegahan Penyakit Sipilis Atau Raja Singa


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.