User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit kutil kelamin termasuk dalam penyakit menular seksual (PMS) yang mana penularan kutil kelamin tersebut melalui hubungan seksual sebagai media utamanya. Saat ini penyakit kutil kelamin sangatlah umum atau sering dijumpai pada kebanyakan orang, khususnya bagi orang-orang yang aktif dalam berbagai bentuk kontak seksual.

Anda mungkin juga tidak akan menyadari adanya pertumbuhan kutil pada area alat kelamin sampai akhirnya mereka membesar dan menimbulkan keluhan lainnya muncul bersamaan. Sebagian besar orang yang memiliki keluhan pada area alat kelaminnya pasti akan merasa malu untuk melakukan pemeriksaan atau konsultasi dengan orang lain, namun hal tersebut sangatlah tidak disarankan untuk dilakukan bagi Anda yang memiliki keluhan penyakit menular seksual (PMS).

Seperti kutil pada umumnya kutil kelamin juga memiliki bentuk dan penampakan fisik yang sama ketika Anda memiliki kutil pada bagaina tubuh lainnya. namun Anda juga perlu memperhatikan dari jenis-jenis kutil tersebut agar tidak menimbulkan adanya bahaya lain bagi tubuh Anda. penyakit kutil pada alat kelamin tentu akan memberikan pengaruh atau efek yang buruk bagi kesehatan penderitanya.

Baca Juga :  Inilah, Cara Menghilangkan Kutil Kelamin Dengan Cara Yang Tepat

Penyebab Penularan Kutil Kelamin


Penyebab adanya penularan kutil kelamin adalah ketika Anda mendapatkan kontak kulit ke kulit dengan seseorang yang terinfeksi. Kontak yang dilakukan berupa vaginal, anal, maupun oral serta kontak tidak langsung yang dilakukan juga bisa menimbulkan adanya kemungkinan keluhan kutil kelamin tersebut.

Yang menyebabkan adanya infeksi penyakit tersebut adalah adanya human papilloma virus (HPV) yang menyebar. Ada banyak jenis HPV, yang salah satunya juga bisa menyebabkan kutil pada area tubuh selain alat kelamin, serta untuk jenis yang lebih berbahaya adalah HPV yang menyebabkan penyakit kanker. Dan kondisi tersebut tidaklah jenis yang sama dengan infeksi penyebab kutil kelamin.

Penyakit menular seksual (PMS) dari kutil kelamin akan menjadi sulit untuk dipahami, karena jenis HPV yang berisiko kecil adalah munculnya kutil kelamin baik pada vulva, vagina, leher rahim, penis, skrotum, rektum, dan juga anus. Ketika Anda menyentuh permukaan atau berada terlalu dekat dengan kutil tersebut maka perpindahan virus juga dimungkinkan terjadi pada Anda.

Ada beberapa macam faktor risiko yang mendukung penularan kutil kelamin atau mendapatkan keluhan tersebut, yaitu :

• Orang-orang dengan rentang usia dibawah 30 tahun
• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah
• Adanya riwayat pelecehan seksual yang dilakukan
• Sering bergonta-ganti pasangan seksual
• Memiliki gaya hidup atau kebiasaan yang cenderung mengarah pada aktifitas seksual yang berisiko (perokok aktif, alkoholik, pengguna narkoba, dan lainnya)
• Seorang anak yang dilahirkan dari ibu dengan infeksi virus HPV

Sebuah kutil tidak dapat menyebar dari tangan seseorang ke bagian alat kelaminnya dan begitu pula sebaliknya. meskipun kutil yang dialami memiliki bentuk dan penyebab yang sama, tetapi keduanya disebabkan oleh strain atau jenis HPV yang berbeda. Virus yang sudah masuk kedalam tubuh Anda tentu akan sulit untuk dihilangkan, sehingga Anda memerlukan perawatan untuk menekan perkembangannya.

Menangani Gejala Munculnya Penularan Kutil Kelamin


• Muncul benjolan atau bintil seperti daging tumbuh berwarna merah muda
• Permukaan atas terasa halus dan sedikit bergelombang yang menyerupai akar
• Ada yang tumbuh satuan namun ada juga yang bergerombol
• Berbentuk seperti puting susu, kembang kol, atau jengger ayam
• Gatal dan berbau bahkan bisa juga mengeluarkan cairan akibat gesekan yang terus dialami (jarang dirasakan)

Gejala dari penularan kutil kelamin mungkin tidak bisa terlihat, karena dalam banyak kasus infeksi virus penyebab kutil kelamin bisa bersifat subklinis. yang berarti Anda mungkin membawa HPV pada kulit meskipun Anda tidak memiliki kutil yang terlihat. Hal tersebut juga didukung dengan adanya masa inkubasi dari virus penularan kutil kelamin yang cukup lama yaitu sekitar 1-3 bulan.

Ketika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, maka gejala dari virus penyebab penularan kutil kelamin dapat berkembang dengan cepat. Seperti keluhan penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus, kutil kelamin akan sangat bergantung pada sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh Anda. sehingga bagi Anda yang didiagnosis dengan penyakit kutil kelamin dan bahkan sudah melakukan perawatan maka keluhannya dapat muncul kembali atau berulang.

Diperlukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk bisa mendiagnosis keluhan kutil kelamin Anda serta perkembangan dari penyebabnya. Khususnya bagi seorang wanita tentu akan diperlukan pemeriksaan pap smear atau juga pemeriksaan panggul. Itu berguna untuk mengantisipasi jika ada kemungkinan perkembangan kanker serviks (leher rahim) pada wanita yang disebabkan oleh infeksi HPV.

Penentuan perawatan yang akan dilakukan tentu harus didasari dengan letak, bentuk, jumlah, dan gejala yang dialami oleh orang tersebut. jika penularan kutil yang Anda alami tidak bisa disembuhkan dengan metode pengobatan secara umum, Anda mungkin perlu perasi kecil untuk menghilangkannya. Beberapa metode yang mungkin akan dilakukan diantaranya :

• elektrokauter
• cryosurgery
• perawatan laser
• eksisi atau pemotongan
• suntikan interferon

Untuk mendapatkan atau melakukan tindakan tersebut dalam perawatan Anda harus melakukan pemeriksaan serta konsultasi dengan dokter ahli yang memang berkompeten dalam menagani keluhan Anda. menggunakan perawatan yang salah tentu bisa lebih berbahaya dan berisiko tinggi bagi Anda, segera konsultasikan keluhan Anda dan jangan menunda perawatan atau pengobatan yang dibutuhkan.

Klinik Utama Gracia merupakan klinik khusus kesehatan organ genital yang menangani keluhan mengenai penyakit menular seksual (PMS), andrologi, ginekologi, dan juga keluhan genital lainnya. Klinik Utama Gracia menggunakan metode modern serta canggih pada setiap tindakan yang dilakukan. Sehingga untuk pengobatan diklinik kami tidak hanya menggobati keluhan secara fisik atau yang terlihat tetapi juga terfokus pada pengobatan untuk penyebabnya.

Keluhan yang sudah berlangsunng pada tahap serius tentu akan membutuhkan waktu pengobatan dan juga pemulihan lebih lama jika dibandingkan dengan keluhan yang diketahui dalam tahap awal. Segera lakukan pemeriksaan diklinik kami atau hubungi 081336361555 untuk berkonsultasi dengan dokter maupun tenaga medis ahli kami. Anda juga bisa menggunakan layanan konsultasi online gratis dengan cara klik gambar dibawah ini.

Baca Juga :  Waspadalah, Inilah Ciri Ciri Kutil Kelamin Pada Pria Dan Wanita


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.