User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Apa Itu Herpes? Dan Bagaimana Cara Penularannya?


Tahukah Anda bahwa penularan herpes hanya bisa terjadi ketika melakukan kontak fisik secara langsung dengan penderita herpes genital. Penyakit ini tidak akan menular ketika menggunakan benda mati secara bersamaan seperti, berbagi handuk, toilet duduk, dan benda lainnya.

Anda bisa mendapatkan penularan herpes tanpa disadari, karena penularan herpes genital jarang sekali menyebabkan gejala awal sampai bertahun-tahun terinfeksi. Herpes disebabkan oleh virus dan dapat mempengaruhi mulut (secara oral) dan area sekitar penis atau vagina (genital), paha atas atau bokong.

Apa Yang Menyebabkan Herpes Menular?


Virus yang menyebabkan herpes bisanya menyebar dari 1 orang ke orang lain selama seks vaginal, oral dan anal yang dinamakan Herpes Simpleks Virus (HSV). Virus dapat masuk ke tubuh melalui kulit. Bisa juga masuk melalui kulit mulut, penis, vagina, saluran kemih atau anus. Penularan herpes paling mudah menyebar ketika adanya luka pada orang yang terinfeksi.

Penularan herpes bisa menyebar kapan saja, bahkan ketika orang yang menderita herpes genital tidak mengalami gejala apapun. Herpes juga bisa menyebar dari 1 tempat ke tempat lain di bagian tubuh yang lain. Jika Anda menyentuh luka di alat kelamin dan dapat membawa virus di jari-jari tangan. Kemudian dapat memasukkannya ke bagian lain dari tubuh termasuk mulut atau mata.

Seorang wanita hamil harus mengkonsultasikan dengan dokter jika memiliki herpes genital. Jika memiliki infeksi herpes secara aktif saat persalinan, maka dapat menularkan ke bayi. Ketika bayi lahir melewati jalan lahir, kemungkinan kontak dengan luka dan terinfeksi oleh virus ini. Dan dapat menyebabkan kerusakan otak, kebutaan atau bahkan kematian pada bayi yang baru lahir. Jika Anda memiliki penyakit herpes yang aktif ketika persalinan, dokter akan melakukan operasi caesar (C. Section). Maka bayi tidak harus melalui jalan lahir dan terkena virus.

Baca Juga :  Bagaimanakah Cara Menyembuhkan Herpes Kelamin?

 

Tanda Dan Gejala Penularan Herpes

Pada kebanyakan orang tidak mengalami gejala selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah terinfeksi. Mereka yang memiliki gejala selama periode awal biasanya akan memperhatikan sekitar 4 hari setelah terpapar (kisaran 2-12 hari). Banyak orang dengan Herpes Simpleks Virus (HSV) mengalami herpes berulang. Ketika seseorang untuk yang pertama kalinya terinfeksi, infeksi berulang cenderung terjadi lebih sering. Gejalanya terbagi seperti :

• Gejala Infeksi Primer

Infeksi primer adalah terjangkitnya herpes yang terjadi ketika seseorang untuk yang pertama kalinya terinfeksi. Gejala-gejalanya bisa sangat parah dan kemungkinan termasuk :

• Luka dan ulserasi pada genitalia eksternal di vagina atau di serviks (leher rahim).
• Keputihan.
• Rasa sakit dan gatal.
• Kelenjar getah bening yang lunak dan membesar.
• Nyeri saat buang air kecil.
• Suhu tinggi (demam).
• Malaise (merasa tidak enak badan).
• Luka dingin di sekitar mulut.
• Lepuhan merah pada kulit.

• Gejala Infeksi Berulang


Gejala yang terjadi pada infeksi berulang cenderung lebih ringan dan tidak berlangsung selama tahap infeksi primer. Biasanya, gejala akan berlangsung tidak lebih dari 10 hari, termasuk :

• Terasa terbakar atau kesemutan disekitar alat kelamin sebelum luka muncul.
• Pada wanita yang mengalami luka dan ulserasi pada serviks (leher rahim).
• Luka dingin disekitar mulut.
• Lepuhan merah.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penularan Herpes?

Jenis virus ini pada umumnya didiagnosis dengan pemeriksaan fisik. Dokter akan memeriksa tubuh untuk mencari luka dan menanyakan mengenai beberapa gejalanya. Dokter akan menganjurkan untuk melakukan pengujian atau tes Herpes Simpleks Virus (HSV). Dan setelah itu sampel cairan dari luka tersebut dianalisis untuk diuji. Tes darah untuk mencari antibodi HSV-1 dan HSV-2 juga dapat membantu mendiagnosis infeksinya dan membantu ketika tidak adanya luka.

Cara Penanganan Herpes Yang Menular


Jika Anda menderita herpes, segera konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin. Untuk lebih mudah saat mendiagnosis ketika adanya luka. Dan pengobatan bisa dilakukan lebih cepat dan kemungkinan memiliki sedikit rasa sakit dengan infeksinya. Tidak ada obat-obatan untuk herpes. Akan tetapi obat-obatan dapat membantu.

Obat-obatan dapat membantu melawan penularan herpes. Dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit herpes bagi kebanyakan orang. Pengobatan awal dapat dilakukan untuk mengobati infeksi primer atau infeksi berulang. Jika obat-obatan yang digunakan untuk mengobati infeksi berulang, biasanya akan terasa kesemutan, seperti rasa terbakar atau rasa gatal serta untuk mencegah rekurensi.

Ketika Anda menginginkan perawatan yang sesuai maka Anda tidak salah pilih lagi, kami sangat merekomendasikan agar Anda melakukan perawatan di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik spesialis penyakit kelamin yang ada di Jakarta, Indonesia. Dengan pelayanannya yang sangat baik, serta Klinik Utama Gracia sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya.

Oleh karena itu sudah banyak yang melakukan perawatan di Klinik Utama Gracia dan hasilnya sembuh. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 dan jika ada pertanyaan lain seputar penyakit herpes, Anda bisa menggunakan layanan konsultasi online gratis dibawah ini.

Baca Juga :  Ternyata Seperti Ini Ciri-Ciri Herpes


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.