User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Sipilis atau raja singa adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi dari jenis bakteri treponema pallidum. Pengendalian atau pencegahan penyakit sipilis sendiri memang tidak bisa bekerja secara maksimal atau sepenuhnya untuk menghentikan penyebaran bakteri tersebut. maraknya hubungan seksual yang dilakukan tentu merupakan faktor yang menjadi media penyebaran utama dari bakteri tersebut.

Tanda pertama saat bakteri menginfeksi tubuh Anda adalah dengan munculnya gejala luka atau lecet (chancre) kecil dan tidak menyakitkan, biasanya ada pada bagian organ genital, rektum, ataupun didalam mulut. Kebanyakan orang tentu tidak akan menyadari gejala awal tersebut dan lebih sering dibiarkan hingga akhirnya bakteri tambah berkembang dan masuk kedalam tahap selanjutnya.

Penyakit sipilis memiliki beberapa tahapan dalam perkembangan infeksinya, sebagaian besar orang akan tahu kondisinya ketika dirinya sudah memasuki tahap yang lebih lanjut dibandingkan pada tahap awalnya. Berikut adalah tahapan dari penyakit sipilis beserta dengan gejala-gejala yang ditimbulkannya.

Baca Juga :  Bahaya Penyakit Sipilis Apabila Tidak Segera Diobati

o Penyakit sipilis tahap 1

Pada tahap ini, Anda akan memiliki sebuah luka yang dihasilkan dari bentuk aktifitas seksual yang sebelumnya dilakukan. Luka atau chancre tersebut memiliki batas yang tegas namun tidak terasa sakit bahkan ketika disentuh. Memiliki tingkat kekerasan saat Anda tekan dan seperti luka pada umumnya, dalam beberapa hari luka tersebut bisa sembuh.

o Penyakit sipilis tahap 2

Setelah luka sembuh, bahkan jika Anda tidak melakukan perawatan apapun pada luka tersebut. namun kondisi ini berarti bakteri penyebab penyakit berkembang atau berjalan kedalam sistem tubuh dan akan menimbulkan ruam atau semacam bentolan berwarna merah kecoklatan dan bisa muncul diseluruh bagian tubuh Anda.

o Penyakit sipilis tahap 3

Pada tahap ke 3 bakteri seolah-olah mati dan tidak menimbulkan gejala sama sekali. Hal ini membuat penderita beranggapan bahwa mereka sudah sembuh. Kondisi ini bisa bertahan sekitar 1-2 tahun, sebelum berlanjut ke tahap selanjutnya yang lebih berbahaya.

o Penyakit sipilis tahap 4

Tahap akhir atau dimana bakteri penyebab penyakit sipilis sudah menginfeksi organ vital dan sistem saraf pusat pada tubuh. Kondisi ini bisa mengakibatkan kematian sebagai bahaya utama atau adanya kerusakan fungsi tubuh yang bersifat permanen. Kondisi ini juga bisa menimbulkan adanya berbagai keluhan atau penyakit akibat sistem kekebalan tubuh yang semakin melemah.

Tindakan Yang Tepat Untuk Pencegahan Penyakit Sipilis


Diperlukan kesadaran pribadi yang tinggi serta tindakan pasti sebagai pencegahan penyakit sipilis dan juga penyebarannya. Penyakit sipilis merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri namun bisa berakibat hingga hilangnya nyawa seseorang akibat infeksinya. Penyakit sipilis dapat diatasi dengan pemeriksaan dan juga perawatan secara tepat.

Pencegahan penyakit sipilis sangat penting untuk dilakukan bagi setiap lapisan masyarakat, hal ini sangat dibutuhkan untuk menghindari adanya penularan atau penyebaran infeksi yang meluas. beberapa tindakan berikut bisa Anda terapkan sebagai tindakan pencegahan penyakit sipilis, seperti :

o Menghindari atau tidak melakukan berbagai macam kontak seksual yang berisiko
o Menerapkan mutual monogami, dimana Anda hanya melakukan kontak seksual dengan satu pasangan saja
o tidak berbagi atau memakai mainan seksual
o tidak menggunakan obat-obatan atau narkoba
o hindari berbagi jarum jika menggunakan obat yang disuntik
o menerapkan hubungan seksual atau aktifitas seksual secara bersih
o melakukan tes atau skrining kesehatan untuk infeksi menular seksual (IMS) secara berkala
o tidak melakukan kontak langsung atau berdekatan dengan luka infeksi dari seseorang yang terkena penyakit sipilis

Pemeriksaan Dilakukan Untuk Pencegahan Penyakit Sipilis

Cara terbaik untuk tindakan pencegahan penyakti sipilis maupun penyakit menular seksual (PMS) lainnya adalah dengan tidak berganti-ganti pasangan atau mempraktekan hubungan seksual yang aman. Hindari aktifitas yang berisiko tinggi untuk membantu menurunkan risiko penyebaran bakteri penyakit sipilis pada orang lain.
 
Tindakan pencegahan penyakit sipilis seperti diatas tentu bisa dijadikan sebagai bagian dari gaya hidup atau aktifitas dalam keseharian. tidak perlu merasa khawatir atau takut ketika sebelumnya Anda memiliki riwayat aktif dalam hubungan seksual, selama gejala penyakit bisa diketahui sejak awal dan Anda tidak terlambat untuk melakukan perawatan maka penyakit sipilis dapat ditangani.
 
Pemeriksaan yang dilakukan secara berkala untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh dapat dilakukan bahkan ketika Anda tidak memiliki gejala atau penyakit apapun. Dengan artian bahwa pemeriksaan tidak hanya harus dilakukan oleh orang yang memiliki keluhan atau dalam kondisi sakit. Anda bisa melakukannya sebagai tindakan antisipasi mengingat banyaknya penyakit yang bisa muncul tanpa adanya gejala fisik atau terlihat.
 
Klinik Utama Gracia adalah klinik khusus kesehatan genital yang menangani keluhan mengenai penyakit menular seksual (PMS), andrologi, dan juga ginekologi. Untuk keluhan penyakit sipilis Klinik Utama Gracia merupakan klinik yang menggunakan metode modern serta canggih pada setiap tindakan yang dilakukan. Sehingga untuk pencegahan penyakit sipilis klinik kami tidak hanya
menggobati keluhan secara fisik tetapi juga terfokus pada pengobatan untuk penyebabnya.
 
Keluhan yang masuk dalam tahap serius tentu akan membutuhkan waktu pengobatan dan juga pemulihan lebih lama jika dibandingkan dengan keluhan yang diketahui dalam tahap awal. Segera lakukan pemeriksaan diklinik kami atau hubungi 081336361555 untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis ahli kami. Anda juga bisa memanfaatkan layanan konsultasi gratis melalui chat online dengan staff medis kami, dengan cara klik gambar dibawah ini.
 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.