User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan dapat menyebabkan bahaya penyakit sipilis atau masalah kesehatan yang serius jika tidak segera ditangani. Sipilis lebih sering terjadi pada pria dibandingkan pada wanita, dan jumlah orang yang terinfeksi penyakit sipilis meningkat pada pria yang berhubungan seks dengan pria lagi atau pada orang yang memiliki infeksi HIV atau AIDS.

Sipilis adalah penyakit menular seksual (PMS). Ditularkan dari orang ke orang melalui kontak langsung dengan penderita penyakit sipilis yang dikenal dengan chancre. Luka-luka ini dapat di temukan pada alat kelamin pria, alat kelamin wanita, anus, dubur, bibir dan mulut. Pada wanita hamil dapat menularkan penyakit ini ke bayinya yang belum lahir. Penyakit ini dapat menyebabkan bahaya penyakit sipilis dengan jangka panjang jika tidak segera ditangani.

Beberapa Penyebab Munculnya Penyakit Sipilis


Penyakit menular seksual (PMS) ini disebabkan oleh bakteri yang disebut Treponema Pallidum dan ditularkan melalui kontak seksual, biasanya dalam bentuk seks vaginal, oral atau anal. Jika tidak segera ditangani maka dapat menyebabkan berbagai bahaya penyakit sipilis atau penyakit serius lainnya seperti gila dan bahkan kematian.

Siapapun yang aktif secara seksual akan berisiko terkena penyakit sipilis. Sipilis biasanya menular melalui kontak dengan luka yang terinfeksi dan biasanya melalui vagina, anal atau oral seks atau dengan berbagi mainan seks (seks toys). Pengguna obat-obatan terlarang seperti narkoba dan yang lainnya lalu berbagi jarum suntik dapat menularkan penyakitnya karena berbagi dengan seseorang yang terinfeksi. Selain itu dapat tertular dari transfusi darah meskipun semua sampel diuji. Sipilis tidak dapat menyebar melalui dudukan toilet, pakaian atau alat makan.

Baca Juga : 4 Gejala Penyakit Sifilis Pada Pria Dan Wanita

 

Tanda Dan Gejala Utama Penyakit Sipilis

Sipilis memiliki 3 tahap dan masing-masing dengan gejala yang berbeda seperti:
 
1. Sipilis Primer
 
• 10 hari hingga 3 bulan setelah terinfeksi kemungkinan mendapatkan chancre di area infeksi. Biasanya pada alat kelamin pria atau alat kelamin wanita, dimulut atau disekitar dubur.
 
• Untuk menyembuhkan sekitar 2 hingga 6 minggu. Kelenjar didekat luka bisa membengkak.
 
2. Sipilis Sekunder
 
• Beberapa minggu setelah adanya rasa sakit kemungkinan akan mendapatkan ruam ditubuh, biasanya di telapak tangan atau di telapak kaki. Kemungkinan merasa sakit dengan demam atau sakit kepala.
 
• Kemungkinan mengalami rambut rontok, kehilangan berat badan atau pertumbuhan seperti kutil kelamin. Ini akan muncul disekitar anus pada pria dan wanita dan juga disekitar vulva pada wanita.
 
• Antara tahap kedua dan ketiga, sipilis bisa menjadi laten yang berarti tidak menunjukkan tanda ataupun gejala.
 
3. Sipilis Laten
 
• Setelah sekunder, masuklah tahap laten. Pada tahap ini tidak memiliki gejala sama sekali. Gejala yang muncul pada primer dan sekunder akan hilang pada tahap laten, seolah-olah sembuh. Kenyataannya sebaliknya, justru ini akan menuju tahap selanjutnya yaitu tersier.
 
4. Sipilis Tersier
 
• Beberapa tahun kemudian, sipilis dapat menyebabkan masalah serius seperti dapat merusak jantung, otak dan sistem saraf. Infeksi ini biasanya terdeteksi pada saat itu.

Bahaya Penyakit Sipilis Jika Tidak Diobati


Pada tahap awal bahaya penyakit sipilis akan menyebabkan luka yang disebut chancre didalam tubuh. Chancre terlihat banyak di daerah genital tubuh. Sipilis juga bisa menyebabkan ruam, demam ringan, kelelahan, sakit kepala, sakit tenggorokan, rambut rontok dan kelenjar bengkak diseluruh tubuh. Jika dibiarkan sipilis yang tidak diobati bisa menyebar ke seluruh area tubuh.

Bahaya penyakit sipilis kemungkinan besar akan mempengaruhi jantung, mata, otak, sistem saraf, tulang dan persendian. Sipilis dapat menyebabkan penyakit mental, kebutaan, masalah neurologis, penyakit jantung dan kematian. Penyakit utama karena sipilis adalah neurosifilis. Ketika bakteri yang menyebabkan sipilis menyerang sistem saraf maka orang yang terinfeksi dapat mengembangkan neurosifilis.

Beberapa orang dengan neurosifilis kemungkiann tidak mengalami komplikasi atau bahaya penyakit sipilis. Beberapa komplikasi atau bahaya penyakit sipilis termasuk sakit kepala, leher kaku, demam, kejang dan gejala yang mirip dengan stroke (mati rasa, lemah dan masalah penglihatan). Diperlukan waktu hingga 20 tahun untuk mengembangkan neurosifilis sejak infeksi.

Sipilis menyebabkan kerusakan organ internal selama tahap laten dan tersier. Infeksi sipilis tahap tersier menyebabkan masalah serius seperti:

• Kerusakan vessel darah.
• Penyimpangan jantung.
• Cacat mental.
• Kerusakan tulang.
• Kerusakan hati.
• Gangguan sistem saraf.
• Adanya luka di tubuh atau di kulit (gummata).

Sipilis tahap akhir jika tidak segera ditangani juga dapat menyebabkan kematian. Ibu hamil berisiko menularkan sipilis ke bayinya yang belum lahir.

Cara Mengatasi Penyakit Sipilis Dan Cara Pencegahannya


Perawatan sipilis dengan pengujian atau tes darah untuk memastikan kesembuhan. Jika tidak ditangani dalam jangka panjang maka sipilis yang tidak diobati dapat mempengaruhi otak, jantung, pembuluh darah besar, sumsum tulang belakang, kulit dan tulang. Dan bisa menyebabkna cacat dan kematian.

Saat mengalami infeksi dan setelah didiagnosis usahakan jangan berhubungan seksual terlebih dahulu selama perawatan, bahkan dengan pengaman atau pelindung sekalipun. Sipilis sangat menular terutama selama tahap pertama dan kedua. Anda dapat mengurangi risiko terkena sipilis dengan cara seperti:

• Selalu menggunakan pengaman atau pelindung karena itu adalah cara terbaik untuk melindungi penyakit sipilis dan infeksi menular seksual (IMS) lainnya. Digunakan selama seks vaginal dan anal atau oral hal tersebut dapat mencegah infeksi menular seksual (IMS).

• Miliki hubungan jangka panjang dimana tidak ada salah satu yang terinfeksi dan tidak memiliki pasangan lain atau berganti-ganti pasangan.

• Batasi pasangan seks Anda, semakin sedikit orang yang berhubungan semakin rendah risiko orang yang menderita penyakit sipilis.

• Hindari menggunakan jarum suntik secara bersamaan, seperti membuat tattoo atau memakai narkoba.

Untuk lebih jelas mengenai pertanyaan seputar penyakit kelamin. kami sangat merekomendasikan Anda untuk melakukan perawatan di Klinik Utama Gracia. Karena sudah banyak pasien yang juga melakukan perawatan penyakit kelamin di Klinik Utama Gracia dan hasilnya sembuh. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 dan jika ada pertanyaan lainnya maka dapat menggunakan layanan konsultasi online gratis dibawah ini.

Baca Juga :  Gejala, Penyakit Sifilis Dan Penyebab Sifilis


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.