User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS), infeksi sipilis terjadi secara bertahap yang disebut primer, sekunder, laten dan tersier. Oleh karena itu harus segera mencari tempat pengobatan sipilis yang paling tepat agar penyakitnya bisa segera ditindak lanjuti. Setiap tahap memiliki berbagai jenis gejala. Sipilis bisa aktif dan tidak aktif, kedua kondisi ini bisa silih berganti.
 
Ketika kondisinya aktif kemungkinan adanya gejala. Namun ketika kondisinya tidak aktif maka tidak ada gejala yang muncul meskipun penyakitnya masih berada didalam tubuh. Sipilis jauh lebih umum daripada klamidia dan gonore (kencing nanah), tingkat sipilis telah meningkat dan kasus sipilis terjadi pada pria yang berhubungan seks dengan pria lagi.

Penyebab Yang Di Timbulkan Oleh Sipilis


Sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Treponema Pallidum. Sipilis ditularkan antara pasangan seksual melalui kontak kulit ke kulit saat berhubungan seksual. Sipilis juga bisa ditularkan dari ibu hamil ke bayi nya.

Segera lakukan konsultasi dengan dokter spesialis yang nanti akan menangani Anda mengenai penyakit yang Anda derita. Agar dilakukan pemeriksaan awal mengenai sipilis. Setelah pemeriksaan dilakukan dokter biasanya akan menyarankan atau menganjurkan untuk melakukan pengobatan sipilis lebih lanjut untuk menghindari gejala yang berulang.

Baca Juga :  Sering Di Abaikan Inilah Cara Menyembuhkan Penyakit Sipilis

Adapun Tanda Dan Gejala Daripada Penyakit Sipilis

Banyak orang yang terinfeksi sipilis tidak memiliki gejala selama bertahun-tahun, namun akan tetap berisiko mengalami setiap komplikasi lanjut jika terus terusan tidak diobati. Oleh karena itu lakukan pengobatan sipilis agar gejalanya tidak bersarang di tubuh Anda. Meskipun tampaknya sipilis muncul dari orang-orang dengan luka yang berada di tahap primer atau sekunder. Sebagian besar penularan berasal dari orang-orang yang tidak menyadari infeksinya. Tahapan gejalanya sebagai berikut:

• Tahap Primer

Luka (chancre) berbentuk bulat dan kecil dan tidak terasa nyeri. Gejala pertama biasanya mulai dari 10 sampai 90 hari setelah infeksi, berlangsung 3 hingga 6 minggu, jika tidak segera melakukan pengobatan sipilis maka infeksinya akan berlanjut ke tahap kedua. Oleh karena itu harus melakukan pengobatan sipilis.

• Tahap Sekunder

Ruam kulit dan selaput lendir muncul setelah tahap primer selesai. Ruam muncul sebagai bintik-bintik berwarna cokelat dan bertekstur kasar, terkadang berwarna merah atau kemerahan baik itu di telapak tangan atau di bagian bawah kaki.

• Tahap Laten

Tidak menyebabkan gejala dan infeksi hanya dapat dideteksi dengan pengujian atau tes darah. Jika tidak segera mendapatkan pengobatan sipilis, maka tahap laten akan berlanjut seumur hidup. Meskipun orang yang dengan sipilis tahap laten tidak pernah memiliki masalah yang serius.

• Tahap Tersier


Muncul ketika gejala dari tahap sekunder menghilang dan mempengaruhi tubuh secara internal. Tanda dan gejelanya termasuk kesulitan berkoordinasi dengan gerakan otot, kelumpuhan, mati rasa, kebutaan yang bertahap dan demensia. Sipilis tidak menular pada tahap ini meskipun kerusakan yang terjadi pada orang-orang yang terinfeksi dapat mengakibatkan kematian.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Sipilis

Pemeriksaan kesehatan seksual secara teratur dengan dokter dapat mendeteksi penyakit sipilis dengan pengujian atau tes darah. Jika seorang pria berhubungan seks dengan pria lain (termasuk oral seks) maka sangat penting untuk melakukan pengobatan. Konsultasikan dengan dokter spesialis yang nanti akan menangani Anda.

Pengobatan Sipilis Yang Paling Utama


Pengobatan biasanya dengan terapi. Pengobatan dengan antibiotik yang berbeda dilakukan jika seseorang tersebut memiliki alergi terhadap obat-obatan lain. Pengobatan dapat menyembuhkan penyakit sipilis meskipun tidak akan mengoptimalkan kerusakan yang disebabkan oleh sipilis pada tahap tersier ini.

Setelah pengobatan, pengujian atau tes darah lanjutin dilakukan pada 6 dan 12 bulan, dan setiap 6 bulan selama 2 tahun untuk memastikan bahwa pengobatan bekerja dengan baik. Pengujian atau tes akan dilakukan lebih sering jika seseorang tersebut mengidap HIV. Pengobatan dilakukan se efektif mungkin untuk semua tahap termasuk tahap kongenital.

Pengobatan sipilis di awal infeksi diperlukan untuk membantu mencegah komplikasi lebih lanjut dan untuk menghindari infeksi ke pasangan seksualnya. Usahakan menghindari kontak seksual sampai pengobatannya selesai. Dokter biasanya melakukan pengujian atau tes sipilis dengan pemeriksaan fisik dan darah.

Selain itu STD (penyakit kelamin) lain seperti gonore (kencing nanah), klamidia dan HIV juga perlu diperiksakan. Siapapun yang aktif secara seksual harus melakukan pemeriksaan mengenai penyakit menular seksual (PMS) lainnya. Seseorang yang telah melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang menderita sipilis atau memiliki gejala penyakit apapun maka harus melakukan pemeriksaan dengan dokter sesegera mungkin.

Untuk mencari tempat pengobatan yang paling tepat hanya ada di Klinik Utama Gracia. Klinik yang menangani berbagai macam penyakit kelamin yang sudah terbukti dan menjadi kepercayaan setiap orang dalam menangani penyakit kelamin. Untuk pengobatan kami hanya merekomendasikan Anda di Klinik Utama Gracia dan segera menghubungi kami di nomor 081336361555 dan jika Anda mempunyai pertanyaan lain seputar penyakit kelamin maka dapat menggunakan layanan konsultasi online gratis dibawah ini.

Baca Juga :  Waspada, Inilah Ciri Ciri Penyakit Sipilis Pada Wanita Dan Pria


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.