User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Bagi Anda yang mengalami gejala kutil kelamin pasti bertanya-tanya mengenai bagaimana cara mengobati kutil di kemaluan pria dan wanita, sebelum membahasnya sebaiknya ketahui dulu apa itu kutil kelamin.

Kutil kelamin tumbuh di kulit di area selangkangan, genital atau anal dan bisa menyerang pria maupun wanita. Oleh karena itu harus segera mencari cara mengobati kutil di kemaluan pria maupun wanita dengan pengobatan yang tepat. Ukuran dan bentuk kutil bisa berbeda-beda. Beberapa terlihat seperti datar dan berwarna putih namun terkadang terlihat bergelombang seperti kembang kol.

Kutil kemaluan adalah jenis infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh virus yang bernama Human Papilloma Virus (HPV). Kutil kemaluan muncul sebagai benjolan kecil atau sekelompok benjolan di area genital. Beberapa kutil kemaluan sangat kecil sehingga sangat sulit untuk terlihat dengan kasat mata.

Penyebab Munculnya Kutil Di Area Kemaluan Pria Maupun Wanita

Human Papilloma Virus (HPV) adalah virus daripada kutil kemaluan. Beberapa jenis virus yang menyebabkan kutil kemaluan dan beberapa jenis yang menyebabkan perubahan sel serviks (leher rahim) yang abnormal dan kanker serviks (leher rahim). HPV dan kutil kemaluan dapat menyebar melalui kontak genital atau dari kulit ke kulit dengan seseorang yang terkena virusnya.
 
Human Papilloma Virus (HPV) adalah salah satu infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum. Ada banyak jenis HPV yang berbeda. Beberapa jenis dapat menyebabkan kutil berisiko rendah. Dan beberapa jenis dapat menyebabkan kanker serviks (leher rahim), dubur atau mulut berisiko tinggi terkena kutil. Yang terkena virus ini bukan hanya pada wanita, namun pria juga dapat tertular. Oleh karena itu segera mencari tahu cara mengobati kutil di kemaluan pria dan wanita.
 

Tanda Dan Gejala Kutil Di Kemaluan

Pada kebanyakan orang yang terinfeksi HPV tidak memiliki gejala. Akan tetapi seringkali gejalanya terlihat begitu ringan sehingga pada kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa telah terinfeksi. Gejala-gejalanya kemungkinan termasuk adanya rasa sakit, adanya rasa gatal dan perdarahan serta dapat berkembang menjadi suatu kondisi kutil yang terlihat oleh mata.
Gejala terjadi sekitar 2 hingga 3 bulan setelah infeksi, namun bisa juga mengalami adanya gejala dari 3 minggu bahkan bertahun-tahun setelah terinfeksi. Kondisi ini adalah penyebaran virus jika kutil tidak terlihat. Baik pria maupun wanita bisa terkena kutil kemaluan dan gejalanya kemungkinan berbeda. Berikut gejala yang terjadi pada pria dan wanita, meliputi:

• Gejala Kutil Pada Pria

Kutil dapat muncul pada alat kelaminnya, skrotum atau disekitar anus. Tidak ada tes atau pengujian untuk menemukan virus kutil kemaluan. Oleh karena itu harus mengkonsultasikan dengan dokter untuk mengikuti pengujian atau tes reguler dan konsultasilkan bagaimana cara mengobati kutil di kemaluan pria.

• Gejala Kutil Pada Wanita

Kutil kemaluan muncul didalam dan disekitar alat kelaminnya atau anus dan di serviks (leher rahim) nya. Kemungkinan sangat kecil atau tampak sebagian sekelompok yang besar. Berwarna kemerahan atau putih. Dan terkadang wanita memiliki kutil namun tidak menunjukkan adanya gejala sama sekali. Jika setelah melakukan hubungan seksual tanpa pengaman atau pelindung maka harus memeriksakan ke dokter dengan menguji HPV berisiko rendah atau virus yang dapat menyebabkan kutil kemaluan. Untuk mengetahui secara pasti harus dilakukan biopsi (pengambilan sampel kutil). Terkadang kutil kemaluan dapat terbentuk didalam alat kelamin wanita dan sulit untuk ditemukan.

Bagaimana Mendiagnosis Kutil Kemaluan?

Dengan mendiagnosis kutil kemaluan maka akan ditemukan cara mengobati kutil di kemaluan pria maupun wanita. Dokter dapat mengetahui bahwa itu kutil kemaluan dengan melihat secara dekat ke area genital dan anal. Dan menanyakan mengenai gejala dan faktor risikonya. Faktor risiko adalah hal-hal yang membuat kemungkinan terkena infeksi. terkadang dokter mengambil sampel jaringan dari kutil kemaluan untuk dilakukan pengujian atau tes. Pada wanita bisa dilakukan tes pap smear dan pengambilan sampel yang kemungkinan diuji untuk jenis HPV yang berisiko tinggi.
 

Cara Mengobati Kutil Di Kemaluan Pria Maupun Wanita


Konsultasikan dengan dokter mengenai cara mengobati kutil di kemaluan pria maupun wanita. Pada kebanyakan orang memutuskan untuk mengobatinya karena gejalanya dan karena kutil yang sudah terlihat dan itu akan sangat mengganggu. Kutil bisa dihilangkan dengan cara dilaser, di operasi dan lain-lainnya. Infeksi HPV dapat tetap berada di sel-sel tubuh dan bisa saja Anda menularkannya ke pasangan seksual Anda.

Selain adanya gejala yang muncul dan dicari cara mengobati kutil di kemaluan pria maupun wanita. Perlu diperhatikan juga mengenai cara untuk mencegah infeksinya. Tubuh mampu melawan virus dan pada pasien yang berusia 20 hingga 30 tahun pada umumnya memiliki peluang lebih besar secara efektif membunuh virus dibandingkan pada pasien diatas usia 30 tahun.

Jika mengetahui adanya virus tersebut maka Anda harus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh melemah maka kutil kemaluan cenderung muncul. Dan harus sangat berhati-hati ketika menderita suatu penyakit terutama diabetes (kencing manis) yang kronis atau sedang menjalani kemoterapi.

Cara mengobati kutil di kemaluan pria maupun wanita dengan mengubah gaya hidup yang tidak sehat yang dapat meningkatkan risiko berkembangnya kutil kemaluan jika terjangkit virus. Dengan tidak merokok, meminum alkohol yang berlebihan serta stress. Cara mengobati kutil di kemaluan pria maupun wanita dengan mengkonsultasikannya dengan dokter spesialis. Dengan begitu akan dilakukan pemeriksaan awal agar gejalanya ditindak lanjuti.

Dengan begitu kutil dapat ditangani secepat mungkin, tidak menunggu hingga gejalanya bertambah parah. Dokter akan menganjurkan Anda untuk melakukan pengujian atau tes agar gejalanya bisa didiagnosis, karena dengan hasil diagnosis maka perawatan atau terapi bisa diterapkan. Selain itu tetaplah melakukan pencegahan melalui penggunaan pengaman atau pelindung ketika melakukan hubungan seksual.

Serta pemeriksaan secara rutin dengan dokter. Pasangan seksual Anda juga harus melakukan pemeriksaan agar gejalanya tidak terjadi bolak-balik. Anda tidak perlu khawatir ketika bingung untuk mencari tempat pengobatan kutil kemaluan. Karena Klinik Utama Gracia adalah salah satu klinik yang menangani permasalahan penyakit kelamin dan sudah banyak yang melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia.

Salah satu klinik yang sangat tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut di Klinik Utama Gracia. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 dan jika mempunyai pertanyaan lainnya seputar penyakit kelamin, Anda dapat menggunakan layanan konsultasi online gratis dibawah ini.

Baca Juga :  Inilah, Cara Menghilangkan Kutil Kelamin Dengan Cara Yang Tepat


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.