User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kondiloma akuminata, genital warts, dan jengger ayam merupakan kondisi yang sama dengan penyakit kutil kelamin. yang mana nama-nama tersebut bisa diartikan sebagai nama medis dan juga nama lain atau sebutan yang sering digunakan untuk penyakit tersebut. setiap orang baik pria maupun wanita dari segala umur bisa memiliki risiko untuk mendapatkan infeksi, khususnya bagi pria dan wanita yang aktif secara seksual.

Hal tersebutlah yang menjadikan alasan untuk penyakit kutil kelamin termasuk dalam salah satu penyakit menular seksual (PMS), dimana media penularan utamanya adalah melalui kontak secara langsung seperti hubungan seksual vaginal, oral, maupun anal. Infeksi yang disebabkan mungkin tidak akan langsung bisa dirasakan oleh orang yang terinfeksi.

Dikarenakan penyakit kutil kelamin ini memiliki masa inkubasi cukup lama yaitu sekitar 3 bulan, sejak pertama Anda terinfeksi hingga nantinya akan menimbulkan gejala yang dirasakan. Sehingga tidak banyak orang yang bisa menyadari jika dirinya sudah terinfeksi oleh penyakit kutil kelamin. selama masa tersebut juga Anda berkesempatan untuk menginfeksi pada orang lain atau pasangan.

Apa Yang Menyebabkan Anda Terinfeksi Penyakit Kutil Kelamin?

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa media penularan utama dari penyakit kutil kelamin yaitu dengan melalui segala bentuk aktifitas seksual. Saat Anda terinfeksi penyakit kutil kelamin maka Anda mendapatkan infeksinya dari human papilloma virus atau yang sering disingkat dengan HPV dan merupakan organisme penyebab munculnya keluhan kutil kelamin.

HPV sendiri memiliki banyak jenis atau strain yang berisiko dan bisa menjadi penyebab munculnya keluhan lain jika Anda sudah terinfeksi. Beberapa jenis atau strain HPV dianggap memiliki risiko tinggi karena dapat menyababkan penyakit kanker serviks (leher rahim) bagi wanita dan kanker penis bagi pria. gejala kutil pada bagian tangan atau kaki juga disebabkan oleh HPV namun dengan strain yang berbeda.

Kutil pada bagian lain tubuh Anda tidak bisa berpindah atau menyebabkan kutil kelamin, begitu pula dengan sebaliknya. Virus menyebar atau berpindah melalui kontak kulit ke kulit yang dilakukan selama aktifitas seksual, Tetapi Anda juga tidak perlu melakukan kontak seksual untuk mendapatkan infeksi atau menularkannya kepada orang lain.

Kontak kulit ke kulit yang dilakukan dengan memegang kutil seseorang yang terinfeksi juga bisa berisiko menyebabkan adanya perpindahan virus bagi Anda. seorang ibu hamil yang terinfeksi HPV juga bisa menyebabkan infeksi pada bayi yang dilahirkan, kondisi ini tentu akan berbahaya bagi bayi jika terjadi gejala pertumbuhan kutil pada saluran pernapasannya.

Bagaimana Gejala Penyakit Kutil Kelamin Muncul?


Kutil kelamin tidak selalu terlihat oleh mata karena mungkin tumbuh dengan sangat kecil dan tersamarkan. Namun biasanya Anda akan merasa tidak nyaman ketika menyentuh daerah genital yang ditumbuhi kutil tersebut. berikut ini adalah tanda dan gejala penyakit kutil kelamin yang biasanya muncul atau terjadi pada daerah alat kelamin maupun sekitarnya yaitu:

  • Muncul benjolan atau bintil seperti daging tumbuh
  • Benjolan atau bintil yang tumbuh tidak terasa sakit saat disentuh
  • Berwarna merah muda seperti daging atau mungkin sedikit gelap seperti kulit
  • Permukaan terasa kasar menyerupai akar atau terasa halus dengan sedikit bergelombang saat disentuh
  • Ada yang tumbuh satuan namun ada juga yang tumbuh bergerombol
  • Bintilan berbentuk seperti puting susu, kembang kol, atau jengger ayam
  • Terasa gatal dan berbau jika mengeluarkan sekresi (jarang dirasakan)


pada pria keluhan kutil kelamin dapat ditemukan pada uretra, batang penis, skrotum, dan juga area dubur atau anus. Jika pada wanita biasanya muncul pada daerah yang lembab seperti labia (bibir vagina) minora dan mayora, lubang vagina, bahkan juga hingga serviks. Dalam tahapan yang lebih serius, gejala dari kutil kelamin mungkin bisa mengakibatkan pendarahan.

Mendapatkan Diagnosis Dan Pengobatan Untuk Penderita Kutil Kelamin


Bagaimana Anda bisa tahu jika Anda terinfeksi penyakit kutil kelamin? tidak semua infeksi dari HPV akan menimbulkan gejala fisik secara langsung, bahkan mungkin Anda tidak akan mengetahui jika Anda mendapatkan infeksi HPV karena gejala yang tidak terlihat. Salah satu Cara untuk dapat memastikannya adalah dengan melakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan adalah tahap awal untuk Anda agar mendapatkan diagnosis secara pasti dari dokter dengan mempertimbangkan segala faktor. Proses pemeriksaan dan pengambilan diagnosis yang dilakukan dengan tepat juga akan berperan penting dalam menentukan pengobatan yang akan dilakukan nantinya.

Dokter Anda biasanya akan menentukan jenis pengobatan bergantung pada lokasi kutil tumbuh, jumlah kutil yang tumbuh, serta penampilan atau bentuk dari kutil tersebut. beberapa tindakan perawatan atau pengobatan berikut ini juga mungkin akan disarankan bagi Anda:
  • Elektrokauter, tindakan medis dengan arus listrik yang digunakan utnuk menghancurkan kutil
  • Cryotherapy, proses pembekuan kutil dengan menggunakan nitrogen cair
  • Eksisi atau bedah, tindakan medis dengan memotong bagian kutil
  • Perawatan laser, proses menghancurkan kutil dengan menggunakan sinar cahaya yang lebih intensif
  • Pemberian terapi obat, pengobatan dengan menggunakan cairan atau krim biasanya akan disarankan untuk kondisi kondisi dalam tahap ringan atau dalam kondisi tertentu.

Dalam beberapa kasus, doter Anda mungkin akan menggunakan lebih dari satu tindakan perawatan atau pengobatan pada saat yang bersamaan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat perubahan atau pengobatan yang tepat dengan kondisi dari pasien tersebut. jangan biarkan keluhan kutil kelamin berlangsung secara terus menerus dan dalam jangka panjang.

Klinik Utama Gracia adalah klinik khusus kesehatan genital yang menangani keluhan mengenai penyakit menular seksual (PMS), andrologi, dan juga ginekologi. Untuk keluhan kutil kelamin Klinik Utama Gracia merupakan klinik yang menggunakan metode modern serta canggih pada setiap tindakan yang dilakukan. Sehingga untuk pengobatan kutil kelamin klinik kami tidak hanya menggobati keluhan secara fisik tetapi juga terfokus pada pengobatan untuk penyebabnya.

Keluhan yang masuk dalam tahap serius tentu akan membutuhkan waktu pengoatan dan juga pemulihan lebih lama jika dibandingkan dengan keluhan yang diketahui dalam tahap awal. Segera lakukan pemeriksaan diklinik kami atau hubungi 081336361555 untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis ahli kami. Anda juga bisa memanfaatkan konsultasi chat online dengan cara klik gambar di bawah ini.


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.