User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Mungkin, sudah tidak asing lagi bagi Anda ketika mendengar penyakit herpes kelamin. Namun, masih banyak yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki faktor yang meningkatkan terjadinya infeksi. Waspada dan ketahui setiap penyebab dan gejala herpes kelamin yang mungkin sedang menginfeksi Anda.

Kenali, Apa Itu Penyakit Herpes Kelamin


Penyakit herpes kelamin adalah salah satu jenis penyakit kelamin menular yang terjadi karena adanya infeksi dari virus menular. Penyakit ini dapat menyerang pria maupun wanita dari segala usia terlebih bagi mereka yang sudah aktif berhubungan seks sejak usia dini.

Tahukah Anda, bahwa herpes merupakan penyakit kulit yang terbagi menjadi dua jenis, di antaranya: herpes zoster dan herpes kelamin. Herpes zoster merupakan penyakit yang mengakibatkan kerusakan pada permukaan kulit tubuh dan tidak begitu berbahaya.

Berbeda dengan herpes kelamin yang merupakan penyakit kulit menular yang dapat merusak permukaan kulit di area kelamin dan mengakibatkan banyak kerusakan pada organ penting di tubuh bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Faktanya, menurut penelitian world health organization (WHO) memperkirakan bahwa ada sekitar 3,7 miliar orang dibawah usia 50 tahun terinfeksi virus HSV-1 dan 417 juta orang terinfeksi HSV-2. Ini merupakan virus yang menjadi penyebab penyakit herpes kelamin.

Penyebab Infeksi Penyakit Herpes Kelamin


Herpes simpleks virus (HSV) adalah virus yang sangat menular dan umum di alami oleh mereka yang menderita penyakit kelamin herpes. Virus ini sangat mudah menular melalui kontak seksual yang dilakukan dengan penderita herpes ataupun aktivitas seks yang tidak aman lainnya.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa ada dua jenis virus yang dapat menyebabkan herpes kelamin, yaitu HSV-1 dan HSV-2. Namun, yang sering ditemukan pada kasus herpes kelamin adalah virus HSV-2 yang banyak menjadi penyebab herpes kelamin.

Tidak hanya itu, aktivitas seks yang tidak aman sangat meningkatkan risiko seseorang untuk menderita penyakit herpes kelamin. Aktivitas seks ini meliputi:

• Berhubungan seks dengan penderita herpes kelamin
• Memiliki pasangan seks lebih dari satu
• Kerap berganti-ganti pasangan seks
• Berhubungan seks dengan sesama jenis
• Tidak menggunakan pengaman (kondom) ketika berhubungan seks

Hampir semua aktivitas seks yang tidak aman dapat menyebabkan seseorang memiliki infeksi penyakit kelamin. Wanita, yang berbagi mainan seks dengan temannya akan menyebabkan terjadinya penularan ataupun dapat tertular melalui aktivitas tersebut.

Tidak hanya herpes kelamin, tetapi semua infeksi yang menjadi penyebab penyakit menular seksual sangat mudah menular melalui aktivitas seks yang tidak aman.

Inilah Gejala Penyakit Herpes Kelamin


Meskipun herpes kelamin adalah salah satu penyakit menular seksual yang umum terjadi dikalangan masyarakat indonesia bahkan dunia. Namun, beberapa dari mereka yang menderita penyakit ini tidak memiliki gejala apapun.

Herpes kelamin terkenal sebagai penyakit yang hampir tidak dapat diketahui gejalanya dengan pasti. Infeksi ini dapat bersembunyi di dalam tubuh tanpa menunjukkan gejala apapun, adapun gejala yang akan muncul diantaranya:

• Nyeri dan gatal pada area kelamin
• Muncul benjolan merah berukuran kecil ataupun benjolan berisi air (lentingan) yang dapat ditemukan disekitar kelamin
• Muncul luka akibat lentingan yang pecah
• Luka yang sembuh akan mengering
• Merasakan sakit ketika buang air kecil

Tidak hanya itu, penderita akan mengalami flu berat, demam, pembesaran kelenjar getah bening, sakit kepala dan nyeri pada otot. Gejala yang muncul, hampir sulit untuk diketahui, karena terlihat seperti kondisi yang sangat biasa.

Apakah Penyakit Herpes Kondisi Yang Berbahaya?

Hampir semua jenis penyakit menular seksual sangat berbahaya, terlebih jika tidak dilakukan penanganan apapun untuk mencegah terjadinya komplikasi. Jika tidak ditangani, maka penyakit ini dapat mengakibatkan penularan yang semakin luas.
 
Ketika Anda terinfeksi herpes kelamin dan Anda aktif berhubungan seksual, maka pasangan Anda sangat rentan dan memiliki risiko untuk terinfeksi penyakit ini. Tidak hanya itu, jika terus menerus dibiarkan infeksi herpes kelamin menjadi lebih sulit untuk diobati dan dapat membahayakan kondisi kesehatan Anda hingga mengakibatkan kematian.

Diagnosa Dan Pengobatan


Untuk mencegah terjadinya komplikasi yang dapat membahayakan kondisi kesehatan Anda, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan dengan dokter sedini mungkin.

Untuk mendiagnosa penyakit herpes kelamin, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui keberadaan luka yang menjadi tanda dari penyakit ini. Selanjutnya, dokter akan melakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui adanya virus yang mungkin menginfeksi Anda.

Setelah, mengetahui kondisi dan tingkat keparahan penyakit yang Anda derita. Selanjutnya, dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Dokter mungkin meresepkan Anda obat untuk membantu menghilangkan rasa sakit yang muncul akibat gejala.

Pengobatan untuk penyakit ini tidak semuanya sama, pengobatan mengacu pada kondis dan tingkat keparahan penyakit yang Anda derita. Tetapi, meskipun sudah dilakukan pengobatan penyakit herpes kelamin tidak dapat disembuhkan secara total.

Hal ini disebabkan oleh virus yang menjadi penyebab utama penyakit ini bertahan selamanya didalam tubuh Anda dan dapat aktif kapanpun yang menyebabkan infeksi kambuhan. Itulah, sangat disarankan bagi Anda untuk segera melakukan pemeriksaan dengan dokter agar mendapatkan penanganan dini untuk mencegah terjadinya komplikasi penyakit herpes kelamin.

Nah, jika Anda memiliki gejala yang sama seperti herpes kelamin segera periksakan diri Anda dengan Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan dari dokter spesialis penyakit kelamin yang sudah berpengalaman.

Anda bisa melakukan konsultasi online dengan tim medis kami, ataupun datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan langsung dari dokter.

Baca Juga :  Ternyata Seperti Ini Ciri-Ciri Herpes


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.