User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Pria maupun wanita yang sudah melakukan hubungan seksual berisiko untuk menderita penyakit kelamin gonore. Tetapi, gejala gonore pada wanita lebih sulit untuk diketahui dibanding dengan pria. Hal inilah yang menjadi penyebab banyak wanita tidak mengetahui, bahwa mereka sedang terinfeksi penyakit kelamin gonore.

Gonore adalah penyakit menular seksual yang terjadi karena adanya infeksi bakteri menular. Bakteri ini sangat mudah berkembang pada area yang lembab. Seringnya, bakteri ini menginfeksi melalui area kelamin, dubur, dan leher rahim, saluran kencing, tenggorokan dan mata. Penyakit ini dikenal juga dengan sebutan kencing nanah, yang dapat menyerang pria maupun wanita dari segala usia.

Bakteri ini sangat mudah berkembang dan akan menyebar melalui aliran darah, cairan di kelamin, permukaan kulit dan persendian. Jika, bakteri menginfeksi wanita, maka akan menyebabkan banyak gangguan yang mengakibatkan rasa ketidaknyamanan di sekitar kelamin.

Apa yang Menyebabkan Bakteri Ini Mudah Menular?


Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri neisseria gonorrhoeae yang bersifat menular. Penularan infeksi sangat mudah terjadi melalui aktivitas seksual yang tidak aman. Seorang wanita yang aktif berhubungan seksual dan memiliki banyak pasangan seks, memiliki risiko yang sangat tinggi untuk menderita penyakit ini.

Selain itu, penularan sangat mudah terjadi saat Anda berhubungan seks dengan pasangan yang lebih dahulu menderita penyakit gonore. Penularan bakteri sangat mudah terjadi, saat Anda melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang baru dikenal tanpa menggunakan pengaman (kondom).

Berbeda dengan pria, penularan infeksi gonore pada wanita bisa ditularkan tanpa melakukan kontak seksual. Hal ini sering terjadi, ketika wanita hamil yang terinfeksi gonore dengan mudah untuk menularkan infeksi ini kepada bayinya selama proses persalinan dan masa kehamilan.

Bayi yang terinfeksi dari ibunya akan berisiko untuk menderita penyakit ini dan mengalami banyak kerusakan pada organ vital ketika dilahirkan. Beberapa kasus gonore yang menginfeksi bayi, sering terlihat pada kerusakan saraf mata yang mengakibatkan bayi terlahir mengalami kebutaan.

Meskipun, penularan bakteri ini mudah untuk diketahui tidak dengan gejala gonore pada wanita yang lebih sulit untuk diketahui dan sebaiknya Anda mencari segala informasi tentang gejala penyakit ini.

 

Lalu, Apa Saja Gejala Gonore Pada Wanita?


Ada beberapa tanda dan gejala gonore pada wanita yang bisa Anda ketahui dan sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dengan dokter, ketika Anda mengalami salah satu dari gejala ini. Inilah 9 tanda dan gejala gonore pada wanita, di antaranya :

1. Mudah Lelah, wanita yang terinfeksi gonore akan ditandai dengan penurunan sistem imunitas tubuh yang mengakibatkan wanita menjadi mudah lelah yang menyebabkan wanita mengalami demam tinggi.

2. Terasa Gatal Pada Miss V, selanjutnya wanita yang terinfeksi gonore akan disertai dengan rasa gatal yang terjadi di sekitar area kewanitaan. Kondisi seperti ini yang mengakibatkan wanita tidak menyadari bahwa sedang menderita penyakit kelamin berbahaya.

3. Mengalami Peningkatan Buang Air Kecil, biasanya wanita yang mengalami gonore akan ditandai dengan keinginan buang air kecil yang meningkat. Meskipun begitu, air kencing yang akan keluar hanya berjumlah sedikit dan sering disertai dengan rasa perih ketika buang air kecil.

4. Keputihan Abnormal, gejala gonore pada wanita akan ditandai dengan keputihan yang tidak normal. Biasanya, wanita yang terinfeksi gonore akan mengalami cairan keputihan dengan perubahan warna, tekstur dan disertai dengan bau. Cairan keputihan yang akan dialami oleh wanita yang menderita gonore, seperti cairan encer berwarna kuning kehijauan (mirip seperti cairan nanah) yang keluar dari Miss V.

5. Pendarahan Di Luar Periode Haid, gonore yang menginfeksi wanita akan menyebabkan wanita mengalami pendarahan diluar masa menstruasinya. Pendarahan ini sering terjadi dengan ditandai munculnya bercak darah yang berjumlah sedikit.

6. Periode Haid Tidak Teratur, wanita yang mengalami haid tidak teratur bisa menjadi salah satu tanda dan gejala bahwa sedang menderita penyakit gonore.

7. Sakit Ketika Berhubungan Seks, jika biasanya, wanita tidak merasakan sakit ketika berhubungan seks. Maka, gejala gonore pada wanita akan ditandai dengan rasa sakit ketika melakukan hubungan seksual dan rasa sakit ini sangat menyiksa.

8. Pendarahan Setelah Berhubungan Seks, biasanya, wanita yang sudah berkali-kali melakukan hubungan seksual tentunya sudah tidak perawan. Nah, salah satu tanda bahwa wanita menderita gonore ditandai dengan pendarahan setelah melakukan hubungan seks.

9. Terasa Sakit Pada Perut Bawah, yang terakhir menjadi salah satu tanda bahwa infeksi sudah menyebar dan menyerang organ reproduksi lainnya. Sakit pada perut bagian bawah bisa menjadi salah satu komplikasi dari bakteri gonore yang sudah menginfeksi bagian pinggul dan Anda memiliki risiko untuk menderita radang panggul (pid).

Gejala seperti di atas sangat sulit untuk diketahui oleh wanita, bahwa mereka sedang terinfeksi penyakit gonore. Hal ini disebabkan gejala gonore pada wanita sering dianggap sebagai kondisi yang normal dan mungkin hanya terjadi sesekali. Padahal, kondisi ini jika terus menerus dibiarkan dapat menyebabkan masalah yang semakin besar dan mengakibatkan memburuknya kesehatan wanita yang menderitanya.

Apakah Gonore Pada Wanita Bisa Disembuhkan? Bagaimana Caranya?


Jika Anda merupakan wanita yang aktif berhubungan seks, maka langkah yang harus Anda ketahui, yaitu gejala gonore pada wanita. Apabila, Anda mengetahui setiap gejala penyakit ini dan Anda mengalami salah satu gejalanya. Langkah selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dokter akan melakukan pemeriksaan melalui cairan abnormal yang keluar dari area kewanitaan Anda dan kemudian akan dibawa sampel tersebut ke laboratorium untuk dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebabnya. Dokter juga mungkin melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah bakteri sudah menginfeksi area lainnya.

Dokter akan memberikan tindakan pengobatan yang sesuai untuk menghilangkan rasa sakit yang mungkin disebabkan oleh gejala gonore. Langkah pengobatan ini juga bertujuan untuk membunuh bakteri agar tidak semakin berkembang dan tidak menular ke orang lain.

Nah, itulah gejala gonore pada wanita dan sebaiknya Anda mulai mencari tahu tentang penyakit ini. Jika Anda membutuhkan informasi lainnya mengenai penyakit ini, sebaiknya segera hubungi tim medis Klinik Utama Gracia melalui layanan KONSULTASI ONLINE yang sudah tersedia atau melalui telepon di 081336361555.

Baca Juga :  Duh! Ini Dia Virus Penyebab Penyakit Gonorrhea


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.