User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Apakah Anda mengetahui apa sebenarnya penyebab penyakit kelamin? Banyak yang tidak mengetahui tentang hal ini dan biasanya mereka tidak menyadari bahwa memiliki faktor yang meningkatkan risiko untuk menderita penyakit kelamin.

Dalam kebanyakan kasus, penyakit kelamin disebut juga dengan penyakit menular seksual. Ini merupakan jenis penyakit yang menular dan menyerang area kelamin. Penyakit kelamin memiliki banyak jenis dan penyebabnya akan berbeda-beda pada setiap jenis penyakitnya.

Penyakit kelamin dapat menyerang pria maupun wanita dari segala usia. Biasanya, ini dapat menular dari satu orang ke orang lain ketika terinfeksi dan akan terus menerus menyebar ketika Anda melakukan hal yang dapat meningkatkan faktor Anda terinfeksi.

Lalu, Apa Saja Penyebab Penyakit Kelamin?

Ada banyak penyebab penyakit kelamin dan umumnya penyakit ini disebabkan oleh bakteri ataupun virus. Jenis mikroorganisme ini sangat menular dan penularannya sangat mudah terjadi melalui hubungan seksual yang dilakukan dengan penderita penyakit kelamin.
 
Berikut ini beberapa jenis penyakit kelamin berdasarkan penyebabnya, di antaranya:

Infeksi Bakteri


Infeksi bakteri merupakan penyebab penyakit kelamin yang sangat umum terjadi pada penyakit kelamin. Penyakit kelamin, seperti kencing nanah, raja singa, dan klamidia merupakan penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

- Kencing Nanah, neisseria gonorhoeae adalah bakteri yang menyebabkan penyakit kelamin kencing nanah. Bakteri ini sangat mudah menular melalui hubungan seks dan akan menyerang area kelamin dengan berkembang melalui area lembab yang terdapat pada kelamin. Biasanya, bakteri ini akan menyerang kelamin, dubur, mulut, tenggorokan, dan rektum.

Seseorang yang terinfeksi kencing nanah akan ditandai dengan keluarnya cairan abnormal yang mirip dengan cairan nanah keluar dari kelamin. Biasanya, wanita akan mengalami keputihan yang tidak normal dan penderita akan mengalami pembengkakan pada area kelamin.

- Raja Singa, treponema pallidum adalah penyebab penyakit kelamin raja singa. Bakteri ini akan menginfeksi melalui cairan di dalam tubuh, seperti cairan pada kelamin, darah, bahkan melalui selaput kulit. Bakteri ini sangat mudah menular melalui hubungan seks yang dilakukan melalui kelamin, anal dan oral. Beberapa penularan juga dapat terjadi melalui penggunaan jarum suntik secara bersamaan dengan penderita penyakit raja singa.

Sulit untuk mengetahui, bahwa seseorang sedang terinfeksi penyakit kelamin ini. Karena, raja singa atau sipilis adalah jenis penyakit kelamin yang sulit untuk diketahui penyebab dan tanda pastinya. Sehingga, sulit unutk mengetahui bahwa Anda sedang terinfeksi penyakit ini.

Selain itu, ada banyak jenis penyakit kelamin lainnya yang disebabkan oleh infeksi bakteri, diantarnya klamidia, trikomoniasis, dll.

Infeksi Virus

Ketika membahas tentang penyebab penyakit kelamin, maka virus adalah salah satu penyebab yang sangat berbahaya untuk penyakit kelamin. Banyak yang tidak menyadari, bahwa infeksi virus ini sangat membahayakan kondisi kelamin Anda.
 
- Herpes Kelamin, penyakit ini disebabkan oleh herpes simpleks virus (HSV). Ada dua jenis HSV, yaitu HSV-1 dan HSV-2 kedua jenis virus ini menyebabkan herpes kelamin. Namun, yang sangat sering ditemukan adalah HSV tipe 2 menjadi penyebab penyakit herpes kelamin.
 
Tidak banyak yang mengetahui, bahwa herpes adalah penyakit kelamin yang menyebabkan kerusakan pada kulit. Sehingga, banyak penderita yang menganggap bahwa, mereka hanya menderita penyakit kulit biasa dan tidak menyadari bahwa sedang terinfeksi penyakit kelamin.
 
- Kutil Kelamin, penyakit ini disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Virus ini memiliki ratusan jenis virus yang dapat menjadi penyebab penyakit berbahaya lainnya. Kutil kelamin dapat menyerang pria maupun wanita dan penyakit ini lebih berbahaya jika terjadi pada wanita.
 
Karena, beberapa tipe hpv dapat menyebabkan kanker serviks yang merupakan penyakit mematikan bagi kaum wanita. Namun, tidak semua wanita yang menderita kutil kelamin akan mengalami kanker serviks, meskipun risiko untuk mengalami kondisi ini sangat tinggi.
 
Selama ini, banyak orang yang berpikir bahwa penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi virus hanya HIV/Aids. Padahal, diluar itu masih banyak jenis penyakit kelamin yang tidak jauh berbahaya dengan HIV dan sifatnya mematikan.

Inilah Faktor Yang Meningkatkan Anda Terinfeksi


Pria maupun wanita dari berbagai usia yang sudah melakukan hubungan seks berisiko untuk menderita penyakit kelamin. Biasanya, infeksi ini sangat mudah menular melalui aktivitas seks yang dilakukan dengan banyak pasangan secara bergonta-ganti.

Jika Anda memiliki pasangan seks lebih dari satu dan kerap berganti pasangan ketika melakukan hubungan seks, maka ini merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi Anda untuk menderita penyakit kelamin. Selain itu, hubungan seks yang dilakukan dengan pasangan yang sudah memiliki penyakit kelamin akan menjadi penyebab Anda untuk menderita penyakit kelamin yang sama.

Lalu, Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Kelamin?


Bagi Anda yang tidak ingin menderita penyakit kelamin, maka hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjaga aktivitas seks agar tetap aman. Sebaiknya, lakukan hubungan seks hanya dengan satu pasangan yang terbebas dari infeksi menular seksual jenis apapun dan gunakan pengaman (kondom) ketika melakukan hubungan seks dengan pasangan yang tidak diketahui riwayat seksualnya.

Selain itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab penyakit kelamin, karena berguna untuk mencegah terjadinya komplikasi. Ketika Anda mengetahui bahwa Anda sedang terinfeksi penyakit kelamin, segera lakukan pemeriksaan dengan dokter.

Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab penyakit kelamin dan jenis penyakit kelamin yang sedang Anda derita. Tindakan ini akan mempermudah dokter untuk memberikan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Itulah, penyebab penyakit kelamin, jenis, serta faktor yang dapat mempengaruhi Anda untuk menderita penyakit kelamin. Apabila Anda memiliki pertanyaan lainnya mengenai penyebab penyakit kelamin ataupun Anda membutuhkan pengobatan untuk penyakit kelamin yang sedang Anda derita.

Silahkan hubungi Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan tindakan pengobatan yang tepat dari dokter ahli kami. Anda bisa melakukan konsultasi melalui tombol KONSULTASI ONLINE di bawah ini.

Baca Juga :  Bahaya Kutil Kelamin Jika Tidak Segera Diobati


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.