User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Ada banyak jenis pengobatan yang bisa digunakan untuk mengobati kutil kelamin. Inilah, cara mengobati kutil kelamin dengan tepat. Berikut ini penjelasannya untuk Anda.

Kutil kelamin atau biasa dikenal dengan sebutan jengger ayam merupakan jenis penyakit kelamin yang sangat menular dan penularannya sangat mudah terjadi melalui aktivitas seksual. Pria maupun wanita yang sudah melakukan hubungan seks akan berisiko tinggi untuk menderita penyakit ini.

Penyebab Dan Faktor Penularan Kutil Kelamin


Infeksi ini disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Virus ini memiliki ratusan jenis virus dan biasanya yang menjadi penyebab kutil kelamin adalah hpv tipe 6 dan 11. Penularan sangat mudah terjadi, saat Anda berhubungan seksual dengan pasangan yang sudah terinfeksi penyakit kutil kelamin.

Penularan infeksi ini dapat terjadi melalui aktivitas seks kelamin, anal, maupun oral. Jika Anda memiliki pasangan seks lebih dari satu dan kerap berganti-ganti pasangan, maka penularan infeksi sangat mudah terjadi dan Anda berisiko untuk tertular penyakit ini dari salah satu pasangan seksual Anda.

Selain itu, ketika daya tahan tubuh Anda melemah akan sangat mudah untuk terinfeksi virus. Sistem imunitas yang lemah sangat rentan untuk terinfeksi berbagai penyakit dan salah satunya kutil kelamin. Pria yang memiliki pasangan seks sesama jenis akan meningkatkan risiko untuk tertular penyakit kelamin ini terlebih berhubungan seks tanpa menggunakan pengaman (kondom).

Tanda Dan Gejala Kutil Kelamin

Umumnya, penyakit ini mudah untuk diketahui melalui pertumbuhan daging yang disebut dengan kutil. Biasanya, kutil akan tumbuh di area sekitar kelamin dan sangat mudah berkembang pada area kelamin yang lembab. Pertumbuhan kutil ini dapat terjadi pada Mr P, skrotum, pangkal paha, dubur.
 
Sementara itu, pada wanita pertumbuhan kutil dapat ditemui pada area Miss V, pangkal paha, dubur, dan leher rahim. Pertumbuhan kutil kelamin yang terjadi pada wanita lebih sulit untuk diketahui, karena dapat tumbuh pada area dalam organ reproduksi dan membutuhkan pemeriksaan khusus.
 
Penderita akan mengalami gejala, seperti rasa gatal dan nyeri disekitar pertumbuhan kutil. Selain itu, pada area kelamin akan terasa panas seperti terbakar akibat peradangan pada pertumbuhan kutil. Wanita yang menderita penyakit ini akan ditandai dengan gejala, seperti keputihan tidak normal dan akan terasa sakit saat buang air kecil.

Apakah Kutil Kelamin Penyakit Yang Berbahaya?


Banyak penderita yang menganggap bahwa penyakit ini tidak begitu berbahaya dan hanya akan menyebabkan ketidaknyamanan pada permukaan kutil kelamin. Padahal, kutil kelamin adalah jenis penyakit dengan tingkat bahaya yang sangat tinggi.

Hal ini dipengaruhi oleh tingkat penularan infeksi yang sangat mudah menyebar dan perkembangan virus yang sangat mudah terjadi. Jika tidak ditangani dengan benar, maka pertumbuhan kutil ini akan terus berkembang lebih besar dan tubuh secara berkelompok.

Kutil kelamin juga tidak dapat disembuhkan secara total. Ketika, Anda terinfeksi maka virus ini akan terus berada dan menetap di dalam tubuh Anda. Sehingga, tidak dapat dihilangkan secara total dan dapat aktif kembali pada waktu yang tidak dapat ditentukan.

Wanita yang menderita penyakit ini akan memiliki risiko dan bahaya yang lebih besar dibandingkan dengan pria. Karena, beberapa kasus kutil kelamin yang terjadi pada wanita dapat ditemukan pada leher rahim yang memicu untuk terjadinya kanker serviks. Meskipun, tidak semua kutil kelamin yang diderita oleh wanita akan berkembang menjadi kanker serviks.

Lalu, Bagaimana Cara Mengobati Kutil Kelamin?

Tahukah Anda ada banyak cara mengobati kutil kelamin dan tujuan pengobatan ini dilakukan untuk mencegah perkembangan virus agar tidak semakin meluas. Selain itu, pengobatan juga bertujuan untuk meminimalisir penularan infeksi dengan cara melakukan hubungan seks yang aman.
 
Beberapa penderita memilih cara mengobati kutil kelamin dengan cara yang salah. Seperti kebanyakan dari mereka menginginkan kesembuhan dengan cepat, namun melakukan cara yang sangat fatal dengan mengkonsumsi obat-obatan yang tidak sesuai dengan kondisi dan tingkat keparahan penyakit yang di alami. Sehingga, mengakibatkan komplikasi dan memperburuk kondisi kesehatan.

Inilah Cara Mengobati Kutil Kelamin Dengat Tepat


Ketika Anda menyadari, bahwa ada kutil yang tumbuh pada area kelamin, maka segera lakukan pemeriksaan dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan obat berupa krim/salep untuk mengatasi rasa gatal dan sakit akibat gejala.

Dokter juga akan memberikan Anda beberapa resep obat atau suntikan untuk mencegah terjadinya komplikasi. Meskipun, kutil kelamin tidak dapat sembuh secara total, tetapi pertumbuhan kutil yang menyebabkan rasa tidak nyaman dapat dihilangkan.

Tindakan ini bisa dilakukan dengan operasi pembedahan atau menggunakan metode laser. Saat ini, cara mengobati kutil kelamin untuk menghilangkan pertumbuhan kutil banyak menggunakan metode laser, karena dipercaya ampuh menghilangkan kutil dengan cepat. Metode ini juga meminimalisir terjadinya pendarahan dan mencegah kemungkinan terjadinya komplikasi.

Nah, itulah cara mengobati kutil kelamin dengan cara yang tepat dan cepat. Jika Anda ingin menghilangkan pertumbuhan kutil di area kelamin, maka segera hubungi Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain untuk cara mengobati kutil kelamin, silahkan melakukan konsultasi dengan tim medis kami melalui layanan KONSULTASI ONLINE yang sudah tersedia di bawah ini.

 Baca Juga :  Bahaya Kutil Kelamin Jika Tidak Segera Diobati


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.