User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Tahukah Anda bahwa sipilis adalah penyakit menular seksual. Banyak dari mereka yang menderita penyakit ini tidak mengetahui cara menyembuhkan penyakit sipilis. Tidak sedikit penderita sipilis mengalami komplikasi akibat penyakit yang tidak diobati dengan benar. Sebelum itu ada baiknya untuk Anda mengetahui apa saja faktor yang bisa menyebabkan dan meningkatkan risiko Anda menderita penyakit sipilis.

Sipilis adalah jenis penyakit kelamin yang dapat menyerang pria maupun wanita. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri menular yang akan menginfeksi permukaan kulit di area kelamin. Sipilis dikenal juga dengan sebutan penyakit raja singa dan biasanya pria yang memiliki banyak pasangan seksual akan meningkatkan risiko penularan infeksi menjadi semakin luas.

Inilah Penyebab Dan Faktor yang Meningkatkan Risiko Infeksi


Treponema pallidum adalah jenis bakteri spiral yang dapat menginfeksi jaringan saraf dan sangat menular. Bakteri ini adalah penyebab utama dari penyakit sipilis yang menyerang pria maupun wanita. Penderita sipilis akan meningkatkan risiko untuk terinfeksi jika, memiliki pasangan seksual lebih dari satu.

Mereka yang kerap bergonta-ganti pasangan seks saat berhubungan seksual juga akan meningkatkan risiko penularan bakteri. Ketika Anda berhubungan seks dengan banyak pasangan seksual, maka secara tidak sadar Anda akan terinfeksi penyakit ini dari salah satu pasangan seks yang menderita penyakit sipilis. Penularan juga dapat terjadi, ketika Anda melakukan hubungan seks tanpa pengaman (kondom) dengan pasangan yang tidak diketahui riwayat seksualnya.

Berhubungan seksual menggunakan kondom menjadi salah satu cara mencegah penularan infeksi bakteri menular. Namun, Anda harus menghindari berhubungan seks dengan pasangan yang sudah memiliki penyakit sipilis, meskipun menggunakan kondom sebaiknya Anda tidak melakukannya.

Tahukah Anda, bahwa penularan infeksi bakteri ini tidak dapat menular melalui penggunaan peralatan secara bersamaan dengan penderita penyakit sipilis. Seperti menggunakan peralatan mandi, makan, pakaian, kamar mandi dan lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh bakteri treponema pallidum yang tidak dapat hidup dalam waktu yang lama di luar tubuh manusia. Namun, bakteri ini dapat ditularkan saat Anda menggunakan jarum suntik dan mainan seks dengan penderita sipilis.

Lalu, Apa Saja Gejala yang Di Timbulkan Penyakit Sipilis?

Umumnya, sipilis adalah penyakit yang sangat sulit untuk diketahui setiap gejalanya. Karena, penyakit ini mampu menyembunyikan gejala sehingga banyak yang tidak menyadari bahwa mereka sedang terinfeksi penyakit kelamin menular ini. Ada empat tahap gejala penyakit sipilis yang berbeda di setiap tahapnya dan akan terus berkembang ke tahap berikutnya ketika tidak di obati di tahap awal mengalami gejala.

Sipilis Primer

Gejala yang muncul pada sipilis primer ini adalah munculnya luka. Luka akan muncul 10-90 hari setelah bakteri masuk ke dalam tubuh. Luka ini seringkali dianggap sepele oleh penderita sipilis karena tidak menimbulkan rasa sakit, luka ini juga berkembang pada bagian tubuh dimana bakteri pertama masuk seperti pada penis, vagina atau sekitar anus.

Sipilis Sekunder

Pada tahap ini umumnya, penderita akan mengeluhkan timbulnya ruam tidak gatal yang berawal dari tubuh bagian tengah, namun kemudian menyebar hingga menutupi seluruh tubuh. Dalam beberapa kasus, pasien juga bisa mengeluhkan kondisi lain, seperti kerontokan rambut, nyeri otot, demam, sakit tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Sipilis Laten

Di tahap ini, hampir tidak ada gejala yang ditimbulkan oleh penyakit sipilis. Namun, tahap ini dikenal sebagai tahap kambuhan yang memungkinkan gejala di tahap sebelumnya muncul dan hilang pada waktu yang tidak bisa ditentukan dan akan berlanjut ke tahap sipilis selanjutnya.

Sipilis Tersier


Sekitar 30% dari penderita sipilis yang tidak di obati akan mengalami tahapan ini, gejala yang timbul akan dimulai selama bertahun-tahun setelah infeksi pertama menulari tubuh. Pada tahap ini merupakan kondisi yang sangat membahayakan. Karenanya, tidak sedikit penderita sipilis mengalami kematian di tahap ini akibat bakteri yang sudah menyebar ke seluruh tubuh dan mengakibatkan kerusakan di semua sistem saraf dan organ tubuh.

Penderita sipilis yang tidak mengetahui cara menyembuhkan penyakit sipilis dan tidak melakukannya di tahap awal mengalami gejala akan mengalami kerusakan organ seperti, jantung, otak, kerusakan sistem saraf, bahkan mengalami kematian.

Bagaimana Cara Menyembuhkan Penyakit Sipilis?


Saat Anda menderita penyakit ini tentu saja informasi yang akan Anda cari yaitu cara menyembuhkan penyakit sipilis dan tidak sedikit dari penderita penyakit ini yang salah langkah dalam melakukan pengobatan. Banyak dari mereka menggunakan tindakan pengobatan secara cepat hanya dengan mengkonsumsi obat-obatan yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit ini.

Namun, mereka tidak mengetahui bahwa obat-obatan memiliki efek samping yang bisa membahayakan kesehatan mereka dan mengakibatkan komplikasi. Cara menyembuhkan penyakit sipilis yang sangat tepat yaitu dengan bantuan dokter.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan melakukan uji laboratorium melalui sampel cairan yang ada pada kelamin atau melalui urin. Setelah itu, dokter akan memberikan tindakan pengobatan yang sesuai dengan kondisi dan tingkat keparahan penyakit yang Anda derita.

Selain itu, cara menyembuhkan penyakit sipilis harus disertai dengan pencegahan terhadap aktivitas seksual yang tidak aman. Selama proses pengobatan berlanjut sebaiknya Anda tidak melakukan hubungan intim. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir penularan infeksi bakteri dan mencegah terjadinya komplikasi yang lebih berbahaya.

Itulah informasi mengenai cara menyembuhkan penyakit sipilis. Jika Anda membutuhkan tindakan dan cara menyembuhkan penyakit sipilis yang sedang Anda derita, silahkan hubungi Klinik Utama Gracia melalui via telepon di 081336361555. Anda bisa melakukan konsultasi dengan tim medis kami untuk mengetahui cara menyembuhkan penyakit sipilis secara tepat.

Baca Juga : Gejala, Penyakit Sifilis Dan Penyebab Sifilis


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.