User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Apakah penyakit kelamin itu dapat menyebabkan kematikan? Masih banyak pria maupun wanita yang mencari informasi mengenai penyakit kelamin. Banyaknya pria dan wanita yang tidak mengetahui apa sebenarnya penyebab penyakit kelamin, sehingga mereka tidak menyadari meningkatkan faktor risiko untuk menderita penyakit kelamin. Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai penyakit kelamin, ini penjelasannya untuk Anda.

Penyakit kelamin merupakan jenis penyakit yang menyerang kesehatan organ reproduksi manusia. Pria maupun wanita dapat menderita penyakit ini. Umumnya penyakit kelamin dikaitkan dengan penyakit menular seksual (PMS), penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakter, virus, dan mikroorganisme lain yang menyerang kelamin.

Pria dan wanita yang aktif melakukan hubungan seks di usia dini sangat berisiko menderita penyakit kelamin. Ada beberapa jenis penyakit kelamin yang hanya di alami oleh pria dan wanita. Namun, tidak sedikit jenis penyakit yang dapat menginfeksi pria maupun wanita.

Kenali Tanda Penyakit Kelamin Pada Pria Dan Wanita


Berikut ini tanda penyakit kelamin pada pria yang harus Anda ketahui:

• Mengalami luka di sekitar Mr P, skrotum, dan dubur
• Mengalami pembengkakan pada area genital meliputi, buah zakar, pangkal paha, dan penis
• Mengalami rasa nyeri dan sakit saat buang air kecil
• Gatal disertai rasa panas seperti terbakar pada area genital

Berikut ini tanda penyakit kelamin pada wanita yang harus Anda waspadai:

• Mengalami keputihan abnormal
• Terasa sakit saat buang air kecil
• Terasa panas dan gatal di area Miss V
• Nyeri pada perut bagian bawah
• Mengalami pendarahan di luar masa menstruasi
• Terasa sakit saat berhubungan seksual

Tanda dan gejala mungkin akan berbeda-beda tergantung pada jenis penyakit kelamin yang sedang di derita. Umumnya, gejala pada pria lebih sulit untuk diketahui berbeda dengan wanita yang lebih banyak menimbulkan tanda dan gejala. Namun, beberapa jenis penyakit kelamin akan sulit untuk diketahui tanda penyakitnya pada wanita.

 

Apakah Penyakit Kelamin Itu Menular?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa penyakit kelamin disebut juga dengan penyakit menular seksual. Penyakit ini sangat mudah menular dari satu pasangan ke pasangan lain. Jika Anda kerap melakukan hubungan seksual bebas akan sangat mudah menderita penyakit kelamin.
 
Infeksi mudah menular melalui aktivitas seksual, seperti berhubungan seksual dengan banyak pasangan seks tanpa menggunakan pengaman. Penularan infeksi juga mudah terjadi saat Anda melakukan hubungan seks dengan pasangan yang memiliki penyakit kelamin. Infeksi akan menular melalui cairan tubuh seperti cairan sperma, cairan di vagina dan cairan darah di dalam tubuh.

Inilah Jenis Penyakit Kelamin Yang Umum Terjadi

 

  • Kencing Nanah, jenis penyakit kelamin ini sangat umum menginfeksi pria dan wanita. Pria juga dapat terinfeksi penyakit ini dari pasangan seks sesama jenis yang sudah terinfeksi. Kencing nanah akan menimbulkan tanda seperti cairan abnormal yang keluar dari kelamin.

  • Kutil Kelamin, penyakit kelamin kutil akan ditandai dengan tumbuhnya benjolan daging berukuran kecil yang biasa ditemukan di area kelamin. Pada wanita, pertumbuhan kutil lebih sulit untuk diketahui, karena dapat tumbuh pada area reproduksi bagian dalam sehingga banyak wanita yang tidak mengetahui bahwa mereka sedang terinfeksi penyakit kelamin.

  • Raja Singa, selanjutnya sifilis atau raja singa adalah jenis penyakit kelamin yang sering di derita oleh pria. Kebiasaan “jajan” yang sering dilakukan pria sangat mudah untuk menginfeksi terjadinya penyakit ini. Tanda penyakit sifilis sangat sulit untuk diketahui, namun sering ditandai dengan luka yang terjadi pada permukaan kulit kelamin.
Tidak sedikit mereka yang menderita penyakit kelamin selalu bertanya apakah penyakit kelamin itu dapat menimbulkan komplikasi bagi tubuh? Kondisi seperti ini mungkin saja terjadi, jika Anda mengalami jenis penyakit kelamin tertentu dan tidak segera mengobatinya.

Lalu, Apakah Penyakit Kelamin Itu Mematikan?

Saat Anda terinfeksi penyakit kelamin, maka hal yang akan Anda tanyakan yaitu apakah penyakit kelamin itu mematikan? Karena kondisi seperti ini tentu saja akan sangat berbahaya dan menakutkan penderitanya.
 
Beberapa jenis penyakit kelamin dan mungkin hampir semua penyakit kelamin umumnya tidak mematikan jika Anda segera melakukan tindakan pengobatan di awal mengalami gejala. Pencegahan di awal gejala akan membantu penyakit ini menjadi berkembang lebih besar dan mengakibatkan terjadinya komplikasi yang bisa berakibat kematian.
 
Untuk itu, sangat disarankan kepada Anda yang aktif melakukan hubungan seksual untuk lebih waspada terhadap penyakit kelamin dan segera lakukan pemeriksaan saat Anda mengalami tanda dan gejala yang tidak biasa terjadi pada area kelamin Anda.

Apakah Penyakit Kelamin Itu Dapat Di Cegah?

Tindakan pencegahan penyakit kelamin biasanya akan mempengaruhi aktifitas seksual seseorang. Bentuk pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk menghindari penyakit kelamin diantaranya:
 
- Melakukan hubungan seks monogami dengan pasangan yang terhindar dari infeksi menular jenis apapun
- Tidak bergonta-ganti pasangan seks
- Menggunakan pengaman saat berhubungan seks dengan pasangan yang tidak diketahui riwayat seksualnya
- Hindari berhubungan seksual dengan sesama jenis
- Hindari berhubungan seksual dengan pasangan yang memiliki infeksi menular seksual

Apakah Penyakit Kelamin Itu Bisa Disembuhkan?


Saat Anda melakukan pemeriksaan dengan dokter, maka pertanyaan yang akan Anda lontarkan yaitu apakah penyakit kelamin itu bisa disembuhkan? Ada beberapa jenis penyakit kelamin yang dapat disembuhkan secara total dari tubuh Anda. Tentu saja, tindakan pengobatan harus disesuaikan dengan kondisi Anda dan sebaiknya Anda menghindari aktifitas yang menjadi penyebab penyakit kelamin untuk menghindari terjadinya infeksi yang berulang.

Namun, tidak sedikit jenis penyakit kelamin yang tidak bisa disembuhkan secara total dan biasanya ini merupakan jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi virus. Kutil kelamin salah satu jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh virus dan sulit untuk menghilangkan pertumbuhan virus di dalam tubuh.

Sebaiknya, konsultasikan segera kondisi Anda dengan dokter Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan informasi mengenai apakah penyakit kelamin itu berbahaya dan mencegah komplikasi penyakit kelamin.

Baca Juga :  Ketahui Macam - Macam Penyakit Kelamin Berbahaya


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.