User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Pria dan wanita yang aktif melakukan hubungan seksual sangat rentan untuk mengalami penyakit kelamin. Lalu, apakah penyakit kelamin itu kondisi yang berbahaya? Banyak yang tidak menyadari bahwa aktifitas seksual yang dilakukan tanpa menggunakan pengaman sangat berbahaya dan berisiko untuk memiliki penyakit kelamin.


Sebenarnya, Apakah Penyakit Kelamin Itu?


Penyakit kelamin adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman, bakteri, dan mikroorganisme lain yang menganggu kesehatan kelamin Anda. Penyakit ini selalu dikaitkan dengan penyakit menular seksual karena, ini merupakan jenis penyakit yang mudah menular melalui aktivitas seksual.

Jenis penyakit ini akan sangat berbahaya jika tidak segera di tangani secepatnya. Karena, dapat menyebabkan kerusakan dan menganggu kesehatan organ reproduksi dan kelamin penderita penyakit ini. Bagi Anda yang aktif melakukan hubungan seksual jika tidak melakukan hubungan seks yang aman dan tidak segera mengatasi kondisi ini secepatnya maka, akan menyebabkan komplikasi yang sangat berbahaya bagi kesehatan kelamin Anda.

Namun, tidak sedikit pria dan wanita yang mengalami komplikasi akibat penyakit ini. Hal ini dapat terjadi karena, sebagian gejala penyakit kelamin sulit untuk diketahui keberadaanya sehingga, banyak dari penderita yang tidak menyadari bahwa mereka sedang terinfeksi penyakit berbahaya.


Inilah, 3 Jenis Penyakit Kelamin Beserta Penyebab Dan Gejalanya


Ada banyak jenis penyakit kelamin dan hampir semua jenis penyakit kelamin ini memiliki tingkat bahaya yang dapat mematikan. Hal ini bisa terjadi apabila, penderita penyakit kelamin tidak segera melakukan pencegahan di saat awal mengalami gejala. Berikut ini 3 jenis penyakit kelamin beserta penyebab dan gejalanya yang umum terjadi pada pria dan wanita:

1. Gonore, Ini merupakan jenis penyakit yang sangat umum terjadi pada pria dan wanita. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri neisseria gonorrhoeae dan penularan bakteri ini sangat mudah terjadi melalui hubungan seksual. Penyakit ini akan ditandai dengan gejala keluarnya cairan yang mirip dengan cairan nanah dari kelamin. Inilah mengapa gonore disebut juga sebagai penyakit kencing nanah.

Apakah penyakit kelamin gonore bisa disembuhkan? Jika Anda mengalami gejala dan segera melakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan dokter maka penyakit ini dapat disembuhkan.

2. Kutil Kelamin, Penyakit kutil kelamin merupakan infeksi menular seksual yang disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV). Penyakit ini salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya terlebih pada wanita. Penyakit kutil kelamin ditandai dengan munculnya pertumbuhan daging berukuran kecil di area kelamin dan biasanya disertai dengan rasa gatal, nyeri dan panas pada sekitar area genital.

Apakah penyakit kelamin jenis ini dapat sembuh total? Sampai saat ini belum ada obat ataupun tindakan pengobatan yang dapat menghilangkan virus HPV secara total dari tubuh. Dan penyakit ini dapat muncul kembali pada waktu yang tidak dapat ditentukan. Tetapi, penyakit ini bisa dihilangkan pertumbuhannya dengan beberapa tindakan pengobatan dan tujuan pengobatan untuk penyakit kutil kelamin yaitu mencegah perkembangan virus menjadi lebih besar.

3. Herpes Kelamin, Herpes Simpleks (HSV) adalah jenis virus yang menjadi penyebab utama penyakit ini. Herpes simpleks memiliki 2 jenis virus yaitu HSV-1 dan HSV-2 dan biasanya yang sering menjadi penyebab herpes kelamin yaitu virus herpes simpleks tipe 2 (HSV-2). Herpes kelamin ditandai dengan munculnya luka kecil terbuka (lesi) yang dapat ditemukan di area sekitar genital. Biasanya luka ini akan disertai dengan rasa sakit.

Apakah penyakit kelamin ini mematikan? Yang harus Anda ketahui, penyakit jenis ini bisa menyebabkan kematian apabila Anda tidak segera ditangani dengan benar.


Apakah Penyakit Kelamin Dapat Menular Tanpa Melakukan Hubungan Seksual?


Umumnya, penularan infeksi penyakit kelamin sangat mudah menular melalui aktivitas seksual. Namun, beberapa jenis penyakit kelamin dapat menularkan infeksi tanpa melakukan hubungan seksual seperti herpes kelamin. Penyakit ini dapat menular melalui kontak langsung dengan luka (lesi) yang terdapat virus dan bisa menginfeksi Anda.

Selain itu, seorang wanita yang memiliki riwayat dan penyakit kelamin dapat menularkan infeksi ini kepada janin selama masa kehamilan atau proses persalinan. Bayi yang terinfeksi dari ibunya akan mengalami penyakit kelamin ini dan lahir dengan beberapa kerusakan organ penting di tubuh akibat bakteri atau virus yang menyerang kesehatan bayi.


Lalu, Apakah Penyakit Kelamin Dapat Di Cegah?


Tentu saja, pertanyaan seperti ini sangat banyak ditanyakan oleh mereka yang aktif melakukan hubungan seksual. Tahukah Anda bahwa mencegah penyakit kelamin sangat mudah dilakukan yaitu dengan melakukan hubungan seksual yang aman. Sebaiknya, Anda menghindari melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan dan menggunakan pengaman saat berhubungan seksual dengan pasangan seks yang tidak diketahui riwayat kesehatan seksualnya.

Untuk mencegah terjadinya komplikasi yang ditimbulkan dari penyakit kelamin sebaiknya ketika Anda mengalami gejala penyakit kelamin segera melakukan pemeriksaan dengan dokter. Hal ini dilakukan untuk mencegah perkembangan bakteri yang dapat memperburuk kesehatan Anda.


Apakah Penyakit Kelamin Dapat Di Obati?


Hampir semua jenis penyakit kelamin dapat diobati dan tentu saja tindakan pengobatan akan berbeda-beda disesuaikan dengan jenis dan tingkat keparahan penyakit yang Anda alami. Untuk mengetahui informasi lain mengenai pengobatan penyakit kelamin. Anda bisa melakukan konsultasi dengan tim medis Klinik Utama Gracia melalui tombol konsultasi online dibawah ini atau bisa menghubungi kami melalui via telepon di 081336361555.

Baca Juga :  Gejala, Penyakit Sifilis Dan Penyebab Sifilis


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.