User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Baca Juga :  Mengenal Gejala Awal Kutil Kelamin Pada Pria Dan Wanita

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka sedang terinfeksi penyakit berbahaya. Berikut ini gejala awal penyakit kelamin yang harus Anda waspadai.

Penyakit Kelamin

Penyakit menular seksual (PMS) adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi dan bersifat sangat menular. Penularan infeksi ini sangat mudah terjadi melalui aktivitas seksual. Pria dan wanita yang aktif dalam hubungan seksual sangat mudah untuk terinfeksi penyakit ini. Penularan infeksi dipengaruhi oleh aktivitas seks kelamin, anal dan oral seks.
 
Yang harus Anda ketahui adalah penyakit kelamin memiliki banyak jenis penyakit dengan penyebab yang berbeda-beda. Infeksi ini akan mempengaruhi kesehatan kelamin Anda dan menimbulkan banyak kerusakan pada kelamin dan organ reproduksi bagian dalam.

Jenis Penyakit Kelamin Dan Faktor Penyebabnya

Infeksi Bakteri

Jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi bakteri meliputi penyakit:

- Kencing Nanah

Gonore atau kencing nanah adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri neisseria gonorrhoeae. Penyakit ini akan ditandai dengan gejala keluarnya cairan seperti nanah dari kelamin penderitanya. Anda harus sangat waspada dengan penyakit ini. Karena, penyakit gonore sangat menular dan Anda berisiko untuk terinfeksi apabila melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang menderita penyakit ini.

- Sifilis

Penyakit kelamin raja singa atau sifilis disebabkan oleh bakteri treponema pallidum. Penyakit kelamin jenis ini akan menyerang kesehatan kelamin dan kulit disekitar kelamin. Bakteri ini akan menginfeksi dan mengakibatkan kerusakan pada permukaan kulit kelamin. Sifilis adalah jenis penyakit kelamin yang sulit untuk diketahui gejalanya. Jadi Anda harus mengetahui gejala awal sifilis dan segera melakukan pengobatan jika mengalami gejalanya.

Infeksi Virus

- Kutil Kelamin

Kutil kelamin salah satu jenis penyakit kelamin yang umum terjadi di indonesia. Human papillomavirus (HPV) adalah penyebab utama penyakit ini. Banyak yang tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi penyakit kutil kelamin akibat gejala awal penyakit kelamin yang tidak diketahui. Pertumbuhan kutil dapat muncul pada area yang tidak dapat terlihat oleh kasat mata dan hanya dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan menggunakan peralatan medis.

- Herpes Kelamin

Herpes simpleks (HSV) merupakan virus yang menginfeksi dan menjadi penyebab penyakit kelamin ini. Virus ini memiliki dua jenis virus yaitu HSV-1 dan HSV-2 umumnya yang menjadi penyebab herpes kelamin adalah HSV tipe 2. Kenala gejala awal penyakit kelamin herpes dan segera lakukan pengobatan sedini mungkin.

Baca Juga :  Astaga! Ini Bahaya Penyakit Raja Singa

Waspada, Inilah Gejala Awal Penyakit Kelamin


Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa setiap penyakit memiliki gejala yang berbeda-beda. Berikut ini gejala awal penyakit kelamin yang harus Anda ketahui dan waspadai:

1. Keluar Cairan Dari Kelamin

Gejala awal penyakit kelamin akan ditandai dengan keluarnya cairan abnormal dari kelamin. Cairan ini biasanya menyerupai cairan nanah yang keluar dari kelamin. Pada wanita yang terinfeksi penyakit kelamin akan mengalami cairan yang keluar dari vagina dengan bau busuk.


2. Keputihan Abnormal

Wanita yang terinfeksi penyakit kelamin akan mengalami gejala awal disertai dengan keputihan yang tidak normal. Infeksi ini akan mempengaruhi cairan keputihan yang berubah warna dan cairan biasanya lebih kental berwarna coklat, kuning kehijauan. Keputihan juga disertai rasa gatal dan bau busuk.
 

3. Nyeri Saat Berhubungan Seksual

Gejala awal penyakit kelamin sering ditandai dengan rasa sakit yang dirasakan pada saat berhubungan seksual. Kondisi ini biasanya dialami oleh wanita yang terinfeksi oleh penyakit kelamin tertentu. Sakit saat berhubungan seksual bisa saja terjadi tanpa terinfeksi penyakit kelamin. Namun, jika setiap melakukan hubungan seksual merasa sakit selama aktivitas berlangsung maka, Anda kemungkinan terinfeksi penyakit kelamin.
 

4. Sakit Saat Buang Air Kecil

Umumnya saat buang air kecil tidak akan terasa sakit. Namun, tanda seseorang memiliki gejala awal penyakit kelamin akan ditandai dengan rasa sakit dan nyeri serta panas seperti terbakar saat buang air kecil. Seseorang yang terinfeksi juga akan merasakan keinginan untuk buang air kecil secara terus menerus.


5. Nyeri Dan Sakit Pada Perut Bagian Bawah

Nyeri pada perut bagian bawah dapat terjadi diakibatkan oleh banyak faktor dan kondisi. Gejala awal pada wanita akan ditandai dengan rasa sakit dan nyeri di panggul. Penting untuk Anda selalu merasakan perubahan yang terjadi dan segera lakukan pengobatan sebelum kondisi ini semakin berlarut larut.

Mencegah Penularan Penyakit Kelamin

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa penyakit kelamin sangat mudah untuk ditularkan melalui aktivitas hubungan seksual. Apabila Anda aktif dalam hubungan seksual sebaiknya hindari berhubungan seksual seperti :
 
• Berganti ganti pasangan seksual
• Melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang terinfeksi penyakit kelamin
• Tidak menggunakan kondom saat berhubungan seksual
• Memiliki pasangan seksual lebih dari satu pasangan
 
Hubungan seksual yang bebas menjadi salah satu faktor penularan infeksi menular yang sangat cepat. Dengan menghindari aktivitas hubungan seksual seperti di atas akan membantu Anda mencegah penularan infeksi menular yang akan menyerang kesehatan kelamin Anda.

Mengobati Penyakit Kelamin Dengan Tepat


Ada banyak jenis pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit kelamin. Tindakan pengobatan akan berbeda-beda pada setiap jenis penyakit kelamin yang di alami. Sebaiknya, Anda melakukan pengobatan penyakit kelamin dengan bantuan dokter.

Sebelumnya, Anda harus mengetahui apa saja gejala awal penyakit kelamin dan jika Anda membutuhkan bantuan pengobatan untuk penyakit kelamin silahkan menghubungi Klinik Utama Gracia di 081336361555. Kami memiliki peralatan medis yang berteknologi canggih dan modern serta ditangani oleh dokter yang ahli serta berpengalaman sehingga pengobatan penyakit kelamin akan lebih tepat dan aman.

Nah, itulah beberapa gejala awal penyakit kelamin yang harus Anda waspadai. Apabila Anda memiliki salah satu gejala seperti di atas segera lakukan pengobatan dengan Klinik Utama Gracia dan jangan biarkan kondisi ini terus menerus tanpa adanya pengobatan.


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.