User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Wanita yang aktif behubungan seksual rentan terinfeksi penyakit menular seksual salah satunya gonore, lalu apa saja kah bahayanya gonore pada wanita? Simak penjelasannya disini.

Gonore adalah penyakit menular seksual (PMS) yang mempengaruhi pada wanita maupun pria. Hal ini disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Bakteri ini ditularkan melalui hubungan seksual oral, anal, atau vaginal dengan orang yang sudah terinfeksi gonore. Infeksi gonore dapat menyebar melalui air mani dan cairan vagina, namun bisa menulari mata, mulut, dan tenggorokan selain vagina, leher rahim, rahim, saluran tuba, dan anus.

Gejala Gonore Pada Wanita yang Umum Terjadi


Penyakit gonore bisa menjadi rumit, karena anda atau pasangan anda mungkin tidak memiliki gejala apapun. Atau tanda-tanda gonore mungkin sangat ringan sehingga anda bahkan tidak menyadarinya. Terkadang orang binggung dengan gejala gonore dengan infeksi lainnya. Gonore dapat menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius dan bahkan ketidaksuburan jika Anda tidak segera mengobatinya. Berikut ini adalah gejala penyakit gonore pada wanita :

• Gonore discharge. Ini termasuk keputihan abnormal yang terjadi pada wanita apabila terinfeksi bakteri gonore. Gejala yang akan dialami ialah keluarnya cairan dari vagina yang mungkin berwarna hijau, kuning, atau keputihan.

• Sensasi terbakar saat buang air kecil.Gejala ini juga disebut sebagai disuria, gejala ini biasa terjadi pada PMS lain seperti sifilis, kutil kelamin dan penyakit lainnya. sehingga penting bagi Anda untuk melakukan uji atau pemeriksaan ke dokter.

• Periode yang tidak teratur atau menyakitkan. Rasa sakit selama menstruasi bisa sangat tidak normal atau anda dapat mengalami pendarahan diantara periode menstruasi.

• Rasa sakit saat berhubungan seksual. Terkadang karena daerah yang terinfeksi bisa berada didalam vagina, yang bisa berakibat sakit saat berhubungan seks.

• Nyeri perut atau demam. Kedua jenis tersebut merupakan indikasi komplikasi yang lebih serius dari penyakit gonore dan harus segera di periksakan oleh dokter.

 Baca Juga :  Pengobatan Gonore Yang Tepat Untuk Pria Dan Wanita

Ciri Penyakit Gonore Pada Wanita


• Sering buang air kecil dan terasa sakit pada bagian vital.
• Anus gatal, nyeri dan terjadi pendarahan.
• Terdapat cairan vagina abnormal.
• Alat kelamin gatal dan terasa panas.
• Pendarahan haid tidak teratur.
• Nyeri pada perut bagian bawah.
• Hubungan seksual terasa sakit.
• Yang jarang terjadi sakit tenggorokan dan penyakit mata menular.

Bahaya Penyakit Gonore Pada Wanita


Penyakit gonore yang tidak diobati dapat meningkatkan kemungkinan tertular PMS lain nya seperti HIV/ AIDS atau dapat meningkatkan kemungkinan transmisi STD itu ke orang lain. Meskipun sangat jarang (kurang dari 1%) adalah mungkin untuk mengembangkan Infeksi Gonococcal Diseminata (DGI) yang juga disebut radang gonokokus. Hal ini terjadi saat infeksi gonore menyebar ke daerah lain ditubuh seperti darah, persendian, kulit atau jantung. Gejalanya meliputi lesi kulit, demam, persendian yang menyakitkan dan bengkak, atau infeksi dilapisan dalam jantung.

Bagi wanita yang mengidap penyakit gonore yang tidak diobati akan dapat menyebar melalui rahim Anda ke tubafalopi anda. Saluran tuba menghubungkan ovarium ke rahim dan mengangkut telur yang telah dibuahi selama kehamilan. Jika gonore yang tidak diobati menyebar daerah ini, hasilnya adalah penyakit radang panggul (PID).

Cara Mencegah Penyakit Gonore


Cara yang paling efektif untuk tidak tertular penyakit gonore pada wanita adalah tidak melakukan seks oral, anal. Jika anda aktif secara seksual, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk dapat mengurangi resiko, seperti :

• Batasi jumlah pasangan seksual. Minta pasangan anda dan diri anda diuji sebelum melakukan hubungan seks oral, vagina, atau anal dan untuk memastikan anda tidak terinfeksi bakteri. Semakin banyak pasangan yang anda miliki pada waktu tertentu, semakin besar kemungkinan tertular gonore atau PMS lainnya.
• Gunakan kondom. Gunakanlah kondom sesuai petunjuk setiap saat untuk membantu mengurangi resikonya, namun kondom tidak 100 % efektif dalam mencegah resiko tertularnya bakteri gonore pada wanita.
• Lakukan pemeriksaan pap smear. Bagi Anda wanita yang aktif berhubungan seksual, sebaiknya lakukan pemeriksaan pap smear untuk mengetahui apakah Anda aman dari penyakit menular seksual.
• Hindari douching. Douche atau douching mengacu pada mencuci vagina dengan campuran air dan cuka dirumah atau menggunakan produk yang dibeli yang dapat mencakup antiseptik dan wewangian.

Mendiagnosa Penyakit Gonore


Gonore dapat di diagnosa dengan beberapa cara tes laboratorium yang berbeda. Bisa mengunakan sample urin untuk menguji bakteri atau kapas dari daerah yang terinfeksi. Hal ini paling sering dioleskan dari serviks untuk wanita, tapi bisa juga termasuk usapan anus atau daerah yang terinfeksi lainnya. Dokter mungkin juga melakukan pemeriksaan fisik untuk memeriksa pms lainnya. Klamidia dan gonore sangat mirip jadi penting untuk menguji keduanya untuk memastikan anda menerima perawatan yang tepat.

Pengobatan Gonore Pada Wanita


Pengobatan gonore penting dilakukan agar tidak terjadi masalah kesehatan serius dan luka permanen baik pada pria maupun wanita. Gonore pada wanita yang tidak diobati akan menyebabkan komplikasi penyakit radang panggul (PID) seperti :

• Pembentukan jaringan parut yang memblok tuba falopi.
• Kehamilan ektopik ( kehamilan di luar rahim).
• Infertilitas (ketidakmampuan untuk hamil).
• Nyeri panggul / perut jangka panjang.

Selama pengobatan hindari melakukan hubungan seksual dengan pasangan sampai Anda benar-benar sembuh. Dan perlu Anda ketahui bahwa pengobatan gonore tidak dapat menyembuhkan luka permanen yang diakibatkan bakteri gonore.

Jika anda memiliki salah satu gejala yang dijelaskan Anda harus segera periksakan diri ke dokter. Secara umum, jika anda aktif secara seksual dan memiliki sensai terbakar atau rasa sakit saat berhubungan seks, mungkin anda terkena PMS dan harus diuji.

Selain itu, apabila wanita mengidap gonore anda harus menghubungi dokter Spesialis Klinik Utama Gracia jika anda memiliki gejala komplikasi serius akibat penyakit gonore. Anda dapat membuat janji dengan dokter dengan konsultasi online free di Klinik Utama Gracia. Klinik Utama Gracia memiliki dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin baik pria maupun wanita.

Baca Juga : Gonorrhea Adalah Penyakit Kelamin Yang Mengerikan


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.