User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Setiap tahun penderita penyakit gonore terus meningkat, sehingga banyak yang mencari cara bagaimana pengobatan gonore yang tepat untuk dilakukan. Sebelum membahas pengobatan gonore sabaiknya ketahui dahulu apa itu gonore dan gejalanya.

Gonore adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebab kan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Penyakit ini menular dari satu orang ke orang lainnya melalui hubungan seksual vaginal, anal ataupun oral seks. Orang yang memiliki banyak pasangan seksual dan tidak menggunakan pengaman seperti kondom memiliki resiko tinggi terinfeksi bakteri tersebut.

Gonore adalah infeksi menular seksual yang umum terjadi pada anak muda terutama remaja usia 20 tahun keatas. Infeksi penyakit ini dapat menyerang reproduksi pria maupun wanita, selain itu juga dapat menginfeksi anus, tenggorokan dan mata. Perlu Anda ketahui bahwa infeksi penyakit gonore tidak hanya dapat ditularkan dari aktivitas seks saja, tetapi juga dapat ditularkan dari berbagi mainan seks, berbagi jarum suntik, dan bayi yang baru lahir pun dapat terinfeksi apabila ibunya mengidap penyakit gonore.


Gejala Penyakit Gonore Yang Perlu Di Ketahui


Penyakit ini jarang tidak menimbulkan gejala pada seorang yang baru terinfeksi bahkan sampai bertahun-tahun. Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi penyakit gonore, karena tanda-tanda yang timbul ringan, sehingga Anda tidak dapat membedakan penyakit gonore dengan infeksi lainnya. Tetapi apabila Anda mengalami gejala serius segera konsultasikan dengan kami, dengan cara klik gambar konsultasi dibawah ini, agar secepatnya mendapatkan pengobatan gonore.

Baca Juga : Ketahuilah Penyebab Gonore Atau Gonorhea


Gejala Gonore Pada Wanita

Gejala akan muncul antara satu sampai dua minggu setelah melakukan hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi. Berikut ini adalah gejala gonore pada wanita :

- Terasa sakit dan terbakar saat buang air kecil
- Mengalami keputihan abnormal
- Keluarnya cairan abnormal dari vagina berwarna kuning atau putih susu
- Terasa sakit saat melakukan hubungan seksual
- Sakit dibagian perut dan demam

Gejala pada wanita biasanya sangat ringan dan serupa dengan gejala infeksi lainnya, seperti ragi vagina atau infeksi bakteri. Sehingga membuatnya sulit untuk dikenali.

Gejala Gonore Pada Pria

Gejala pada pria mungkin tidak akan menimbulkan gejala yang berarti selama beberapa minggu. Apabila gejala timbul maka yang akan dirasakan adalah sebagai berikut :

- Terasa menyakitkan dan sensasi terbakar saat buang air kecil
- Keluar cairan seperti nanah (putih, kuning, atau kehijauan) dari penis
- Terasa nyeri dan mengalami pembengkakan pada buah zakar
- Dorongan ingin buang air kecil lebih dari biasanya

Adapun gajala yang terdapat dianus akibat melakukan seks anal, adalah sebagai berikut :

- Anus terasa gatal dan sakit
- Pendarahan pada anus


Diagnosa Penyakit Gonore


Sebelum melakukan pengobatan gonore hal yang pertama dilakukan adalah melakukan diagnosa gejala gonore. Jika Anda merasa memiliki gejala seperti diatas, melakukan pengujian tes berupa pengambilan sampel darah atau cairan dari vagina dan penis adalah pilihan yang tepat untuk mengetahui apakah Anda menderita gonore atau terinfeksi penyakit menular seksual lainnya.


Komplikasi Penyakit Gonore


Wanita berisiko lebih besar terkena komplikasi jangka panjang dari infeksi gonore yang tidak diobati. Bakteri gonore yang tidak diobati dapat naik kesaluran reproduksi wanita dan menyerang rahim, saluran tuba, dan ovarium. Kondisi seperti ini disebut dengan radang panggul (PID) dan dapat menimbulkan rasa sakit kronis yang parah serta merusak organ reproduksi wanita.

Pada pria, penyakit gonore yang tidak diobati dapat menyerang sistem reproduksi, epididymitis, dan dapat menyebabkan kemandulan pada pria.Dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi bakteri gonore dapat menyebar ke saluran darah dan membuat penderita mengalami artritis, kerusakan sumsum tulang belakang, dan sakit di persendian.


Pengobatan Gonore


Untuk melakukan pengobatan gonore biasanya dokter akan menanyakan terlebih dahulu mengenai riwayat seksual Anda, gejala detail yang Anda derita, dan kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk melihat infeksi bakteri sudah menyebar atau tidak.

Jika Anda ingin melakukan pengobatan gonore sebaiknya ajak juga pasangan seksual Anda untuk dilakukan uji laboratorium apakan Anda dan pasangan Anda terinfeksi bakteri gonore atau tidak. Pengobatan gonore harus dilakukan dengan pemberian obat antibiotik yang benar dan dosis yang tepat,. Karena apabila salah memberikan antibiotik, akan membuat bakteri kebal terhadap antibiotik dan semakin sulit disembuhkan bahkan tidak bisa diobati.

Perlu Anda ketahui bahwa pengobatan gonore dilakukan untuk membunuh bakteri penyebab infeksi, tetapi tidak dapat menyembuhkan luka yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Oleh karena itu pentingnya melakukan pemeriksaan awal sebelum infeksi menyebabkan komplikasi.

Di Klinik Utama Gracia Anda dapat melakukan pengobatan gonore dengan metode yang modern, di bantu dengan peralatan medis dan laboratorium yang canggih sehingga memberikan pengobatan yang tepat dan hasil lab yang akurat. Anda juga bisa melakukan konsultasi online gratis dengan dokter kami, untuk menanyakan keluhan yang Anda derita dengan cara klik gambar konsultasi dibawah ini atau konsultasi via telepon dengan cara menghubungi nomor kami di 081336361555.

Baca Juga : Duh! Ini Dia Virus Penyebab Penyakit Gonorrhea


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.