User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit kelamin adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya yang dapat merusak organ tubuh manusia terutama di area kemaluan dan penyakit ini dapat dengan menular kepada orang lain.

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit kelamin adalah penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi PMS (penyakit menular seksual). Setiap tahun penderita penyakit kelamin mengalami peningkatan, dikarenakan sedikitnya pengetahuan mengenai penyebab dan gejala penyakit kelamin. Berikut ini adalah penjelasan mengenai penyakit kelamin adalah.

Penyakit kelamin adalah penyakit menular seksual (PMS) yang di sebabkan oleh infeksi virus ataupun bakteri yang ditularkan melalui aktivitas seksual seperti seks vagina, anal, maupun oral seks. Penyakit kelamin biasanya jarang menimbulkan gejala sehingga penderita tidak menyadari bahwa dia sudah terinfeksi penyakit kelamin.

Ada beberapa jenis penyakit kelamin yang perlu di waspadai. Berikut ini adalah jenis – jenis penyakit kelamin adalah.

Jenis – Jenis Penyakit Kelamin Serta Gejalanya


1. Gonore

Gonore (gonorrhea/kencing nanah) adalah infeksi bakteri disebabkan oleh Neisseria gonorrheae. Di Amerika, gonore adalah penyakit menular seksual kedua yang paling umum di derita. Bakteri ini sangat menular dan dapat bertahan di vagina, penis, mulut, rectum yang ditularkan melalui kontak seksual.

Gejala Penyakit Gonore Pada Pria dan Wanita :
- Terasa sakit seperti terbakar saat baung air kecil.
- Pada pria akan mengalami nyeri dan pembengkakan pada testis.
- Keluar cairan abnormal dari kemaluan berwarna kuning, putih dan hijau.
- Keluar bercak darah setelah melakukan hubungan seksual pada wanita.
- Pembengkakan vulvitis (vulva) pada wanita.

2. Sipilis

Sipilis disebabkan oleh bakteri yang bernama Treponema Pallidum. Penyakit ini tidak hanya menular melalui kontak seksual saja, tetapi juga bisa melalui seorang ibu yang terinfeksi sipilis dan sedang mengandung, bakteri dapat menularkan penyakit tersebut kepada calon bayinya. Penyakit ini jarang menimbulkan gejala dan tanda, kadang gejala yang di timbulkan seperti gejala penyakit pada umumnya.

Gejala Penyakit Sipilis :
- Munculnya ruam berwarna kemerahan pada kemaluan, tubuh, telapak tangan dan telapak kaki.
- Mengalami nyeri pada otot.
- Demam, sakit tenggorokan.
- Mengalami penurunan berat badan.
- Kerusakan pada organ jantung, otak, dan persendian.
- Dapat menyebabkan kebutaan.

Baca Juga : Mengenal Gejala Awal Kutil Kelamin Pada Pria Dan Wanita


3. Kutil Kelamin

Kutil kelamin disebabkan oleh HPV (Human Papillomavirus) yang dapat mempengaruhi kulit seperti leher rahim, anus, kemaluan, dan mulut. Ada lebih dari 100 jenis HPV, dimana sekitar 40nya dapat mempengaruhi area genital yang dapat memicu muculnya kutil. Penyakit ini apabila tidak segera mendapat pengobatan, dapat menyebabkan komplikasi seperti kanker serviks.

Gejala Kutil Kelamin :
- Pada pria akan tumbuh di batang atau ujung penis dan kantung zakar.
- Pada wanita tumbuh diarea kelamin, anus, dan leher rahim.
- Terasa gatal dan membuat tidak nyaman.

Selain pada kelamin, kutil kelamin juga dapattumbuh pada area mulut atau tenggorokan akibat melakukan seks oral.

4. Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah penyakit menular seksual yang dapat menyerang pria dan wanita, namun wanita lebih cenderung mengalami gejala penyakit tersebut. Trikomoniasis disebabkan oleh parasit bernama Trichomonas vaginalis. Infeksi ini pada umumnya menyerang vagina pada wanita, sedangkan untuk pria akan menyerang uretra (saluran kencing).

Gejala Trikomoniasis :
- Keluar aroma tidak sedap dari vagina.
- Mengalami keputihan abnormal seperti, gatal, berbau, dan perubahan warna keputihan.
- Terasa sakit saat buang air kecil pada pria dan wanita.
- Terasa sakit saat melakukan hubungan seksual.

5. Herpes Genital (Herpes Simplex)

Herpes genital adalah infeksi virus herpes simpleks (HSV). Penyakit ini bisa dikenali dengan munculnya luka melepuh yang berwarna kemerahan dan terasa sakit diarea kelamin. Sama seperti penyakit kelamin lainnya, bahwa virus ini terkadang tidak menimbulkan gejala bagi yang baru terinfeksi.

Gejala Herpes Genital :
- Terasa sakit dan gatal di area kelamin dan anus.
- Mengalami flu, demam dan kehilangan nafsu makan serta mudah kelelahan.
- Timbul luka melepuh pada area genital, paha maupun anus.

Pengobatan Penyakit Kelamin Adalah


Sebelum melakukan pengobatan dokter akan mengajukan pertanyaan dan melakukan pemeriksaan fisik seputar gejala yang dialami. Bila diperlukan dokter akan mengambil sampel cairan luka, lendir, serta tes darah, untuk kemudian dilakukan uji laboratorium untuk mengetahui penyakit kelamin apa yang di derita.

Apabila Anda mengalami gejala seperti salah satu penyakit diatas, segera periksakan diri ke dokter spesialis agar cepat mendapatkan pengobatan sehingga tidak menyebabkan komplikasi serius. Penyakit kelamin adalah penyakit yang serius dan harus segera mendapatkan penanganan, karena luka yang ditimbulkan dari penyakit kelaminadalah tidak dapat disembuhkan.

Pengobatan dilakukan hanya untuk menekan virus atau bakteri penyakit kelamin agar tidak menyebar dan menularkan ke pasangan seksual Anda. Anda bisa melakukan pemeriksaan di KLINIK UTAMA GRACIA untuk melakukan pengecekan penyakit kelamin. Atau Anda bisa melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter kami, dengan cara klik gambar konsultasi dibawah ini.

Baca Juga : 4 Penyakit Di Kelamin Pria Dan Cara Menyembuhkannya


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.