User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Penyakit kelamin dapat dialami oleh pria dan wanita. Berikut ini beberapa penyakit di kelamin pria yang harus Anda ketahui dan waspadai.

Apa Itu Penyakit Kelamin?

Sebelum membahas mengenai penyakit di kelamin pria, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu penyakit kelamin. Umumnya penyakit kelamin sering dikaitkan dengan penyakit menular seksual(PMS). Penyakit ini adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi menular seksual dan penularannya terjadi melalui kontak fisik saat berhubungan seksual.
 
Biasanya penyakit ini ditularkan melalui cairan yang ada pada vagina, melalui sperma dan darah. Beberapa jenis penyakit kelamin lainnya juga dapat menular melalui mulut dan kontak dari kulit yang terinfeksi. Penyakit menular seksual ini bisa terjadi pada pria dan wanita yang sudah aktif melakukan hubungan seksual dan dapat terjadi dari berbagai usia.

Apa Yang Menyebabkan Pria Mengalami Penyakit Kelamin?

Penyebab penyakit kelamin akan dipengaruhi oleh faktor hubungan seksual yang tidak aman. Pria yang memiliki aktivitas seks yang bebas lebih rentan dan berisiko untuk memiliki penyakit kelamin. Beberapa faktor hubungan seks yang dapat menjadi penyebab pria terinfeksi penyakit kelamin diantaranya:

• Memiliki pasangan seks lebih dari satu dan sering berganti-ganti pasangan seks
• Melakukan hubungan seks dengan wanita yang memiliki infeksi menular seksual
• Sering melakukan hubungan seks dengan pasangan baru dan tidak menggunakan kondom
• Meliliki hubungan seks sesama jenis dan sering melakukan anal dan oral seks
• Pertukaran darah dengan seorang yang terinfeksi penyakit menulas seksual.
• Menggunakan jarum suntik yang sama dengan penderita PMS.

Sementara itu, penyebab penyakit kelamin akan berbeda-beda tergantung pada jenis penyakit kelamin yang dialami pria. Biasanya penyebab penyakit kelamin akan disebabkan oleh infeksi bakteri, virus dan jamur. Berikut ini beberapa jenis penyakit di kelamin pria beserta penyebab dan gejalanya.

Baca Juga : Mengenal Gejala Awal Kutil Kelamin Pada Pria Dan Wanita

Akibat Infeksi Bakteri

Penyakit di kelamin pria yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan umum terjadi yaitu:

Kencing Nanah

Penyakit di kelamin pria yang pertama ialah penyakit kencing nanah atau gonore merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri neisseria gonorrhoea. Jenis penyakit ini sangat sering dialami oleh pria dan gejala yang ditimbulkan diantaranya:

• Keluar cairan seperti nanah dari penis
• Terasa panas terbakar pada saat buang air kecil
• Sakit dan bengkak pada daerah testis

Sifilis

Penyakit sifilis disebabkan oleh infeksi bakteri treponema pallidum. Bakteri jenis ini akan menyerang jaringan kulit dan menimbulkan gejala pada permukaan kulit dibagian tubuh termasuk kelamin. Penyakit sifilis dikenal juga dengan sebutan penyakit raja singa. Berikut gejala umum dari penyakit raja singa:

• Luka tunggal pada area penis
• Ruam kulit pada telapak kaki dan tangan
• Sakit saat buang air kecil dan bengkak pada testis

Sifilis adalah penyakit yang sangat berbahaya apabila tidak segera ditangani. Penyakit ini memiliki gejala yang berbeda-beda disetiap tahapnya. Segera lakukan pemeriksaan dengan dokter jika mengalami gejala.

Infeksi Virus Kelamin

Herpes Kelamin

Herpes simpleks merupakan salah satu penyebab utama dari penyakit herpes kelamin. Jenis penyakit ini akan menimbulkan beberapa gejala sebagai berikut:

• Luka terbuka dan berwarna merah tanpa rasa sakit akan terlihat di penis
• Terasa gatal, sakit di daerah kelamin atau sekitar anus
• Luka melepuh pada area kelamin dan anus

Gejala penyakit herpes akan selalu terlihat pada permukaan kulit kelamin.

Kutil Kelamin

Human papillomavirus (HPV) adalah infeksi yang menyebabkan kutil kelamin. Virus ini akan menyebabkan benjolan berukuran kecil pada area kelamin. Gejala kutil kelamin:

• Terasa sakit dan gatal pada area pertumbuhan kutil biasanya di penis, buah zakar dan anus
• Nyeri dan sakit saat buang air kecil. Ini terjadi jika kutil tumbuh pada saluan kencing
• Rasa panas seperti terbakar

Umumnya penyakit di kelamin pria akan disebabkan oleh penyakit menular seksual yang terjadi akibat infeksi bakteri dan virus. Sebaiknya, sangat disarankan bagi Anda yang aktif melakukan hubungan seksual untuk menggunakan kondom sebagai pengaman saat berhubungan seks.

Hindari berhubungan seks dengan banyak pasangan wanita karena ini merupakan faktor penularan infeksi yang sangat cepat sehingga menyebabkan terjadinya penyakit di kelamin pria. Lakukanlah hubungan seks dengan aman menjadi salah satu bentuk upaya pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk memperkecil risiko penularan.

Baca Juga : Ketahui Macam - Macam Penyakit Kelamin Berbahaya

Pengobatan

Tindakan pengobatan penyakit di kelamin pria akan berbeda-beda tergantung pada jenis penyakit yang sedang di alami. Dokter akan memberikan tindakan pengobatan sesuai dengan kondisi dan tingkat keparahan penyakit yang Anda derita.

Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk melihat seberapa parah penyakit yang di derita. Dokter juga akan mengambil sampel darah untuk dilakukan uji laboratorium, untuk mengetahui penyakit yang diderita. Kenali gejala-gejala penyakit kelamin pada pria dan segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan dokter.

Apabila Anda membutuhkan bantuan pemeriksaan dan pengobatan penyakit kelamin pria. Anda bisa menghubungi Klinik Utama Gracia di 081336361555 untuk mendapatkan bantuan pengobatan yang tepat dan efektif. Jika, Anda memiliki pertanyaan lainnya, Anda dapat melakukan konsultasi dengan tim medis kami melalui layanan konsultasi online gratis.


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.