User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Tahukah Anda bahwa mengetahui gejala awal kutil kelamin dapat mencegah terjadinya komplikasi kanker. Sehingga membuat penyakit kutil kelamin (penyakit menular seksual) ini sangat berbahaya apabila tidak segera diobati.

Kutil kelamin merupakan penyakit menular seksual yang bisa menyerang pria dan wanita. Namun, wanita lebih rentan dan mudah untuk mengembangkan pertumbuhan kutil dibandingkan pada pria. Jenis penyakit ini sangat menular dan berbahaya apabila tidak segera dilakukan pengobatan. Penyakit kulit kelamin salah satu jenis penyakit menular seksual yang sangat umum terjadi. Semakin maraknya aktivitas hubungan seks bebas, yang dilakukan menjadi salah satu faktor penularan penyakit kelamin menjadi semakin besar.

Berikut ini penyebab dan faktor penularan kutil kelamin.


Penyebab Kutil Kelamin


Kutil kelamin disebabkan oleh infeksi dari human papillomavirus (HPV). Virus ini memiliki banyak jenis lebih dari 100 jenis virus dan diantaranya yang merupakan penyebab utama dari kutil kelamin. Anda bisa mendapatkan infeksi virus ini melalui hubungan seksual dengan orang yang sudah memiliki infeksi kutil kelamin sebelumnya. Melakukan hubungan seksual tidak aman merupakan faktor utama Anda mendapatkan penularn infeksi tersebut. Beberapa faktor penularan kutil kelamin yang harus Anda ketahui:

Pasangan Seks Lebih Dari Satu : Melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan menjadi faktor Anda tertular penyakit kutil kelamin. Virus ini akan menular dari salah satu pasangan Anda yang sudah terinfeksi kutil kelamin. Sebaiknya hindari melakukan hubungan seksual seperti ini.

Melakukan Hubungan Dengan Seorang yang Tidak Diketahui Riwayat Seksualnya. : sebaiknya hindari melakukan hubungan badan dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksualnya, untuk mencegah tertularnya bakteri kutil kelamin.

Ada banyak faktor penyebab penularan kutil kelamin lainnya dan sebagain faktor ini mempengaruhi aktivitas hubungan seks yang bebas.


Pertumbuhan Dan Gejala Awal Kutil Kelamin


Muncul benjolan seperti daging berukuran kecil di sekitar kelamin menjadi salah satu gejala awal kutil kelamin yang sangat umum terjadi. Tetapi, tidak semua benjolan yang muncul di kelamin menjadi gejala kutil kelamin kondisi ini bisa menjadi tanda dari penyakit kelamin jenis lainnya. Selain itu, gejala kutil kelamin juga akan disertai dengan beberapa gejala lainnya seperti:

• Rasa gatal pada daerah kelamin dan disekitar area anus
• Terasa nyeri dan sakit di sekitar penis dan buah zakar pria
• Bengkak pada vagina
• Terasa panas dan seperti rasa terbakar pada daerah kelamin


Kutil kelamin juga akan menyebabkan gangguan susah buang air kecil bahkan dapat terjadi pendarahan pada saat berhubungan seksual. Pertumbuhan kutil kelamin akan meliputi daerah kelamin bagian luar dan bagian dalam.

Kutil Kelamin Pada Pria

Kutil kelamin pada akan tumbuh pada bagian :

• Penis
• Buah zakar
• Pangkal paha
• Anus bagian luar/dalam

Kutil Kelamin Pada Wanita


Pertumbuhan kutil kelamin pada wanita :

• Vagina bagina luar/dalam
• Pangkal paha
• Anus bagian luar/dalam

Selain itu, pertumbuhan kutil kelamin pada wanita dapat terjadi pada leher rahim yaitu daerah reproduksi bagian dalam yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan peralatan medis. Kutil kelamin dapat tumbuh hanya satu kutil tetapi jika tidak diobati maka, pertumbuhan kutil kelamin dapat menjadi berkelompok dan membesar menyerupai kembang kol.


Mencegah Kutil Kelamin


Untuk mencegah penularan kutil kelamin hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari segala faktor yang dapat menyebabkan penyakit ini salah satunya dengan tidak melakukan hubungan seks bebas. Selain itu, apabila Anda sudah memiliki gejala awal kutil kelamin segera lakukan pemeriksaan dengan dokter untuk selanjutnya dilakukan tindakan pengobatan.


Bahaya Kutil Kelamin


Kutil kelamin yang tidak diobati akan berbahaya dan berisiko meningkatkan penularan menjadi semakin meluas ke pasangan seksual. Selain itu, apabila tidak diobati kutil kelamin akan tumbuh dan menjadi semakin banyak sehingga tindakan untuk pengobatan lebih sulit untuk dilakukan. Pada wanita yang menderita kutil kelamin jika, tidak segera diobati akan meningkatkan risiko terjadinya kanker serviks.


Pengobatan


Setelah Anda mengetahui gejala awal kutil kelamin dan Anda mengalaminya. Segeralah melakukan pemeriksaan dengan dokter kulit & kelamin. Pengobatan diawal mengalami gejala awal kutil kelamin akan lebih mudah untuk dilakukan daripada kondisi kutil kelamin yang sudah berkembang menjadi besar serta menimbulkan komplikasi yang berbahaya menjadikan proses pengobatan lebih sulit untuk dilakukan.

Mulailah melakukan hubungan seks yang aman dan kenali gejala awal kutil kelamin. Jangan menunda proses pengobatan kutil kelamin karena dapat membahayakan kondisi kesehatan Anda dan menyebabkan kondisi yang semakin buruk. Apabila Anda membutuhkan bantuan pemeriksaan dan pengobatan kutil kelamin yang Anda miliki. Silahkan menghubungi Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan tindakan pengobatan yang tepat sesuai dengan tingkat keparahan kutil kelamin yang Anda derita.

Jika Anda memiliki pertanyaan lainnya, Anda dapat menggunakan layanan konsultasi online dengan tim medis kami melalui tombol konsultasi dibawah ini atau bisa menghubungi kami di 081336361555.

Baca Juga :  Begini Cara Mengobati Kutil Kelamin Dengan Tepat


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.