User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kutil Kelamin adalah penyakit menular seksual yang umum terjadi, apa saja bahaya kutil kelamin? Berikut informasi beserta penjelasannya.

Kutil kelamin merupakan penyakit kelamin yang dapat menular juga mengakibatkan timbulnya benjolan kecil lembut di daerah kelamin Anda yang disebabkan oleh infeksi dari human papilloma virus (HPV). Ada lebih dari 100 jenis virus yang umumnya dapat mengakitbatkan jenis kutil yang meliputi tangan, jari-jari dan bagian tubuh lainnya. Kutil kelamin dapat menyerang pria dan wanita, tapi pada umumnya perempuan lebih rentan terkena kutil kelamin. Rentannya seseorang menderita penyakit ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk aktivitas hubungan seksual yang tidak aman.


Penyebab Kutil Kelamin


Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus HPV. Daerah yang lembab di dalam tubuh menjadi tempat virus berkembang dan menyebar, daerah kelamin merupakan tempat yang paling sering ditemukan infeksi virus HPV. Infeksi kutil kelamin pada umumnya tidak mematikan namun, jika Anda mengalami gejala dan memiliki pertumbuhan kutil tetapi tidak ditangani dengan baik dan tidak segera melakukan pengobatan maka infeksi ini akan menjadi berbahaya dan menyebabkan komplikasi yang parah serta pengobatan akan lebih sulit. Beberapa hal yang dapat menyebabkan pertumbuhan kutil kelamin:

• Hubungan seks yang tidak aman
• Memiliki penyakit menular seksual jenis lainnya
• Daya tahan tubuh yang menurun sehingga mudah terinfeksi oleh bakteri dan virus
• Kebersihan kelamin yang sangat buruk


Faktor Penularan Kutil Kelamin


Kutil kelamin akan menyebar melalui kontak fisik pada saat berhubungan seksual. Kebanyakan kasus, penularan kutil kelamin terjadi saat Anda memiliki hubungan seks yang tidak aman sehingga menyebabkan tumbuhnya bakteri ataupun virus yang ditularkan melalui pasangan yang sudah terinfeksi sebelumnya. Aktivitas hubungan seksual yang tidak aman dan dapat menyebabkan pertumbuhan kutil kelamin meliputi:

• Anal seks
• Memiliki pasangan seks yang banyak dan sering berganti-ganti
• Berhubungan seks dengan pasangan sejenis
• Oral seks
• Tidak menggunakan kondom saat berhubungan seks dengan pasangan baru bahkan dengan banyak pasangan


Gejala Kutil Kelamin


Pertumbuhan kutil kelamin dapat terjadi di daerah sekitar kelamin bagian luar seperti: di sekitar vagina, penis, buah zakar, sekitar anus. Pada wanita, pertumbuhan kutil kelamin dapat ditemukan pada organ reproduksi bagian dalam yang dapat dilihat dengan menggunakan peralatan medis khusus.

Baca Juga : Awas, Inilah Penyebab Kutil Kelamin Dan Cara Menyembuhkannya

Gejala kutil kelamin akan meliputi: Adanya benjolan seperti daging berukuran kecil bahkan tumbuh secara berkelompok di daerah kelamin atau sekitar anus dan rasa gatal disekitar kelamin yang disertai dengan rasa perih bahkan terasa seperti panas terbakar pada daerah pertumbuhan kutil. Segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan dokter apabila Anda mengalami gejala seperti diatas. Karena, bahaya kutil kelamin akan berisiko pada penderita yang tidak segera melakukan pengobatan diawal mengalami gejala.


Apa Saja Bahaya Kutil Kelamin Jika Tidak Diobati?


Jika terus dibiarkan tanpa dilakukan pengobatan maka, pertumbuhan kutil kelamin akan bertambah banyak serta menyebabkan penderita penyakit ini mengalami depresi akibat pertumbuhan kutil secara berkelompok. Bahaya kutil kelamin juga akan berdampak pada penularan penyakit ini kepada pasangan saat berhubungan seksual.

Seseorang penderita penyakit kutil kelamin akan mengalami gangguan buang air besar serta rasa sakit yang sangat kuat dibagian kelamin jika pertumbuhan kutil terdapat pada liang vagina dan liang anus ini akibat bahaya kutil kelamin yang tidak diobati.

Bahaya kutil kelamin lainnya akan berdampak pada wanita yang menderita penyakit ini dan tidak segera melakukan pengobatan. Karena, wanita sangat rentan terhadap kanker serviks, mengingat bahwa penyebab utama dari kutil kelamin dan kanker serviks adalah HPV meskipun dengan tipe yang berbeda.


Upaya Pencegahan Kutil Kelamin


Mencegah bahaya kutil kelamin dapat dilakukan dengan cara menghindari hal yang dapat menyebabkan infeksi ini terjadi. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah adalah:

• Tidak berganti-ganti pasangan seksual
• Berhubungan seksual hanya dengan satu orang
• Menggunakan kondom saat berhubungan seksual
• Menjaga kebersihan daerah kelamin
• Tidak menggunakan pakaian yang lembab yang dapat membuat daerah kelamin menjadi rentan terhadap terinfeksi

Selain melakukan pencegahan, Anda disarankan untuk melakukan pengobatan serta pemeriksaan terhadap penyakit ini.


Pengobatan Kutil Kelamin


Mengobati penyakit kutil kelamin tidak bisa dilakukan dengan cara sembarangan. Mengobati kutil kelamin harus dengan bantuan dokter. Dokter mungkin akan memberikan Anda beberapa pilihan pengobatan termasuk dengan memberikan vaksin HPV untuk melindungi diri Anda terhadap infeksi virus yang menjadi penyebab penyakit ini. Beberapa cara lain untuk menghilangkan pertumbuhan kutil kelamin dapat dilakukan dengan proses pembedahan atau dengan menghilangkan kutil kelamin dengan metode laser.

Apabila Anda mengalami gejala kutil kelamin segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan dokter sebelum bahaya kutil kelamin menjadikan kondisi kesehatan Anda menjadi semakin buruk. Untuk bantuan pemeriksaan dan pengobatan kutil kelamin Anda bisa mempercayakannya dengan Klinik Utama Gracia.

Jika Anda memiliki kutil kelamin dan ingin melakukan pengobatan dengan Klinik Utama Gracia. Anda bisa melakukan konsultasi online dengan tim medis kami atau datang langsung ke klinik kami untuk mendapatkan tindakan pengobatan lebih lanjut sesuai kondisi yang sedang Anda alami.

Artikel Terkait : Waspadalah, Inilah Ciri Ciri Kutil Kelamin Pada Pria Dan Wanita


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.