User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 


Tahukah Anda bahwa penyebab kutil kelamin yang paling utama adalah karena adanya virus yang hampir sama dengan penyebab kanker serviks akan tetapi jenisnya berbeda, akan tetapi adapula penyebab lain yang juga memicu penyakit ini.

Kutil kelamin atau genital warts merupakan salah satu penyakit menular seksual (PMS) dan umumnya kutil kelamin akan berbentuk seperti kembang kol menyerupai benjolan-benjolan daging yang ukurannya kecil pada area kelamin ataupun dubur.

Penyakit ini juga dikenal oleh kebanyakan masyarakat dengan sebutan jengger ayam, karena bentuk kutil yang muncul menyerupai jengger ayam dan seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa penyebab kutil kelamin sendiri adalah virus yang sama dengan penyebab kanker serviks, lalu adakah penyebab lain dari kutil kelamin?

Waspada, Inilah Penyebab Kutil Kelamin Pada Pria dan Wanita


Perlu Anda ketahui bahwa Human papillomavirus atau HPV adalah penyebab kutil kelamin yang utama. Virus ini dapat menginfeksi seseorang ketika melalui kontak seksual seperti seks vaginal, anal maupun oral dengan orang lain yang sudah terinfeksi virus tersebut.

Walaupun penyebab utama penyakit ini adalah HPV, namun ada faktor lain penyebab kutil kelamin yang bisa dialami oleh pria dan wanita ini dan untuk lebih jelasnya berikut di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya.

HPV adalah singkatan dari human papillomavirus adalah penyebab kutil kelamin yaitu infeksi menular seksual yang paling umum dialami oleh seseorang yang aktif secara seksual, selain itu biasanya HPV tidak berbahaya dan mungkin bisa hilang dengan sendirinya, akan tetapi beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker atau kutil kelamin.

Baca Juga: Bahaya Penyakit Raja Singa

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa ada lebih dari 100 jenis human papillomavirus (HPV) dan sekitar 40 jenis HPV dapat menginfeksi area kelamin dan bisa menjadi penyebab kutil kelamin dan juga bisa menginfeksi leher rahim, rektum, anus dan skrotum serta mulut dan tenggorokan dan jenis HPV ini menyebar selama aktivitas seksual.

Infeksi HPV kelamin ini sangat umum terjadi dan hampir setiap orang yang berhubungan seks bisa mendapat virus HPV di beberapa titik dalam kehidupan mereka. Namun sayangnya kebanyakan orang yang terinfeksi HPV tidak memiliki gejala dan secara tidak sengaja telah menginfeksi pasangan seksnya.

Dua jenis HPV (tipe 6 dan 11) menyebabkan kebanyakan kasus kutil kelamin, sehingga bisa timbulnya kutil bisa menyebabkan rasa malu, ketidaknyamanan, serta bisa menyebabkan rasa sakit ketika berhubungan seks akan tetapi HPV dianggap berisiko rendah karena tidak menyebabkan kanker atau tidak menyebabkan masalah kesehatan serius lainnya.

Namun, perlu Anda waspadai bahwa setidaknya selusin jenis HPV kadang-kadang dapat menyebabkan kanker, meskipun dua tipe khusus (tipe 16 dan 18) hampir sebagian besar menyebabkan kasus kanker selain itu HPV juga dapat menyebabkan kanker pada vulva, vagina, penis, anus, mulut, dan pada tenggorokan.

 

Gejala-Gejala Kutil Kelamin yang Perlu Anda Waspadai!!

Seperti namanya, gejala yang akan muncul karena penyakit ini adalah adanya kutil pada area kelamin yang ukurannya kecil dan datar. Penderita akan merasakan ketidaknyamanan pada area kelaminnya karena munculnya gatal, selain itu ketika melakukan hubungan seksual kutil bisa saja berdarah.

Kutil yang muncul akan berwarna kemerahan ataupun abu-abu. Biasanya kutil akan tumbuh berkelompok, dan membentuk seperti kembang kol, atau jengger ayam. Kutil ini juga bisa bertambah banyak, dan menyebabkan terjadinya bengkak dan kemerahan, lalu dimanakah kutil kelamin akan muncul?

Baca Juga: Inilah Cara Menyembuhkan Herpes Kelamin


Pada pria, biasanya kutil kelamin akan muncul di batang atau ujung Mr P, buah zakar, selangkangan, paha atas, sekitar anus, dan juga di uretra bagian dalam.

Sementara pada wanita, kutil bisa muncul pada vulva, anus, Miss V, anus, leher rahim, dan juga paha atas. Selain di kelamin dan anus, kutil juga bisa terjadi di mulut atau tenggorokan, yang biasanya terjadi pada orang yang melakukan oral seks dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Bagaimanakah Cara Mencegah Kutil Kelamin?

Perlu Anda ketahui bahwa tidak ada obat untuk HPV akan tetapi ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah HPV yang umumnya dapat menimbulkan dampak negatif pada kesehatan tubuh.

Selain itu terdapat vaksin khusus dari dokter yang dapat membantu melindungi Anda dari infeksi penyebab kutil kelamin seperti jenis HPV tertentu, akan tetapi ada cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terinfeksi kutil kelamin diantaranya:

- Tidak melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan

- Menghindari segala macam aktifitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi PMS

- Selalu gunakan kondom jika hendak melakukan hubungan seks, akan tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya untuk mencegah PMS

- Selalu menjaga kebersihan organ intim

Cara Menyembuhkan Kutil Kelamin

Kutil kelamin akan mudah didiagnosis melalui pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter spesialis kutil kelamin yang berada di Klinik Utama Gracia, selain itu pemeriksaan mendetail akan dilakukan jika kutil kelamin berada di lokasi-lokasi tertentu, seperti kutil yang tumbuh di anus akan digunakan alat proctoscopy untuk melihat anus bagian dalam.

Lalu kutil kelamin yang tumbuh pada Miss V bagian dalam maka dokter akan menggunakan spekulum untuk melihat Miss V pada bagian dalam dan juga pada bagian leher rahim.

Bagi wanita, tes pap smear bisa dilakukan untuk pemeriksaan panggul secara rutin. Selain melihat adanya perubahan yang terjadi juga bisa mendeteksi dini kemungkinan tanda adanya kanker rahim.

Pada intinya jika Anda maupun pasangan aktif secara seksual dan sering berganti-ganti pasangan dan memiliki gejala-gejala penyakit kutil kelamin, maka segera periksakan kondisi Anda ke Klinik Utama Gracia yang merupakan salah satu tempat pengobatan terbaik untuk penyakit kelamin dan Anda juga bisa memanfaatkan layanan konsultasi online di atas atau silahkan menghubungi kami melalui telepon dengan nomor 081336361555.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.