User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Bagaimanakah Cara Menyembuhkan Herpes Kelamin?


Cara menyembuhkan herpes kelamin tentunya menjadi salah satu cara yang paling banyak dicari, karena salah satu jenis penyakit menular seksual ini menjadi ancaman serius yang memerlukan perawatan dan pengobatan yang paling tepat.

Bahkan menurut data dari Kementerian Kesehatan RI yang memperkirakan bahwa sekitar 125.000 orang terinfeksi penyakit menular seksual setiap tahunnya dan 25% dari total tersebut terinfeksi penyakit herpes kelamin.

Herpes kelamin ataupun genital herpes adalah sejenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh adanya infeksi virus yang bernama HSV (herpes simplex virus).
Virus HSV memiliki 2 tipe yang berbeda tergantung dari gejala yang ditimbulkan, yaitu HSV-1 yang biasanya memberikan gejala seperti bentol berair di area mulut dan HSV-2 yang memberikan gejala seperti gangguan sistem reproduksi dan permukaan alat kelamin manusia.

Selain itu herpes dapat menyerang siapa saja baik pria dan wanita yang sering melakukan hubungan seks bebas dengan banyak pasangan tanpa menggunakan alat pengaman (kondom). Masa inkubasi virus HSV di dalam tubuh membutuhkan waktu yang relatif lama, sekitar 1-3 bulan sejak seseorang terkontaminasi virus ini.

Siapa Sajakah yang Berpotensi Terinfeksi Herpes Kelamin?

Ternyata terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terinfeksi herpes kelamin, diantaranya:

- Perlu diketahui bahwa wanita lebih mudah terinfeksi virus HSV daripada pria dan hal ini disebabkan sistem kekebalan tubuh wanita sulit melawan perkembangan virus di dalam tubuh dan berdampak pada kesehatan di daerah kewanitaan.

- Seseorang yang selalu berganti-ganti pasangan untuk melakukan hubungan seks ternyata lebih berpotensi mengalami herpes kelamin dibandingkan dengan seseorang yang tidak melakukannya sama sekali

Apa Sajakah Tanda dan Gejala Herpes Kelamin

Pada umumnya, infeksi herpes kelamin tidak memberikan tanda-tanda dan gejala yang sangat mudah untuk dikenali oleh penderitanya. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi penderita infeksi herpes genital untuk melakukan konsultasi medis kepada Kami di Klinik Utama Gracia.


Namun, masih terdapat gejala-gejala yang biasanya ditimbulkan oleh infeksi herpes kelamin, diantaranya adalah sebagai berikut:

- Rasa nyeri dan gatal-gatal yang timbul di area kelamin dan bokong.

- Muncul sekelompok benjolan atau lenting kecil di area kelamin yang dapat mengakibatkan luka jika pecah.

- Rasa nyeri ketika buang air kecil dan berhubungan seksual

- Mengalami demam

- Kelenjar getah bening yang membesar dengan ditandai adanya lipatan kulit pada paha.

 


Bagaimanakah Cara Mendiagnosa Herpes Kelamin?

Jika Anda atau orang di sekeliling Anda mengalami salah satu gejala yang telah disebutkan di atas, maka sangat dianjurkan untuk segera bertemu dengan dokter spesialis untuk mendapatkan tes diagnosa (pemeriksaan) dan penanganan khusus.

Ketika mendiagnosa pasien yang terinfeksi herpes kelamin dokter akan menerapkan beberapa metode diagnosa yang cocok dengan kondisi kesehatan dan permintaan pribadi pasien, diantaranya adalah sebagai berikut:

- Test kultur virus test ini umumnya dilakukan dengan cara mengambil sampel darah pasien untuk dianalisa di laboratorium hal tersebut bertujuan agar dokter dapat menemukan virus tertentu yang berpotensi menyebabkan herpes kelamin.

- Test Poly Chain Reaction (PCR) test ini umumnya digunakan dengan menyalin DNA dari sampel darah yang telah diambil untuk kemudian diuji di laboratorium dan tes ini bertujuan untuk mengetahui tipe virus HSV yang mengendap di dalam tubuh.

Setelah mendapatkan hasil pemeriksaan dan hasil analisa laboratorium, maka dokter spesialis akan memberikan rekomendasi penanganan dan pengobatan khusus untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan dari infeksi herpes genital.



Bagaimanakah Cara Menyembuhkan Herpes Kelamin?

Perlu Anda catat bahwa virus HSV tidak dapat disembuhkan dan tidak ada satu pun perawatan khusus untuk menghilangkan virus HSV akan tetapi pengobatan diperlukan untuk menekan aktivitas virus dan meredakan gejala sakit.

Bahkan ketika seseorang pasien herpes kelamin sembuh, namun kemungkinan besar masih terdapat virus yang berada di dalam badan dan sewaktu-waktu virus tersebut bisa aktif ataupun kambuh kembali karena daya tahan tubuh pasien yang melemah.

Namun, biasanya dokter spesialis akan memberikan resep obat khusus yang berfungsi untuk mencegah virus menggandakan diri, serta mengurangi keparahan yang diakibatkan oleh gejala herpes kelamin dan lamanya gejala saat mereka berkobar.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa untuk cara menyembuhkan herpes atau cara mengatasi infeksi virus HSV maka pasien memerlukan kondisi daya tahan tubuh yang baik. Karena herpes kelamin disebabkan oleh virus HSV, sehingga pengobatan antivirus bisa berfungsi untuk mencegah perkembangan virus dan mencegah luka lepuh pada kelamin agar tidak bertambah luas

Perlu Anda ketahui bahwa cara menyembuhkan herpes atau mencegah virus dengan antivirus yang diresepkan oleh dokter akan diberikan sekurang-kurangnya 5 hari setelah didiagnosis memiliki herpes kelamin dan berikut di bawah ini adalah beberapa pengobatan yang bisa mengurangi wabah herpes kelamin:

- Menggunakan Pengobatan Intermiten
Dokter Anda mungkin akan meresepkan obat antiviral agar Anda dapat bertahan jika Anda memiliki penyakit lain, dan pengobatan ini disebut terapi intermiten.

Anda bisa minum pil dua sampai lima hari dengan resep dokter segera mungkin setelah Anda melihat luka atau saat Anda merasakan wabah herpes kelamin dan fungsi obat ini adalah agar mengurangi keparahan gejala.

- Menggunakan Pengobatan Supresif
Jika Anda sering mengalami wabah herpes kelamin yang berulang mungkin Anda bisa memakai obat antiviral setiap hari dengan resep dokter menyebut terapi ini dengan sebutan supresif.

Bagi seseorang yang terinfeksi herpes kelamin dan memiliki lebih dari enam wabah dalam 12 bulan maka dengan pengobatan supresif dapat menekan dan dapat mengurangi jumlah wabah herpes kelamin hingga 70% sampai 80%.

Bagaimanakah Cara Mencegah Herpes Kelamin?
Beberapa tindakan pencegahan dan cara menyembuhkan herpes yang dapat membantu untuk menurunkan resiko penularan infeksi herpes kelamin diantaranya:

- Setia pada pasangan dan janganlah bergonta-ganti pasangan seks

- Menjauhi berhubungan seksual dengan orang-orang yang terinfeksi.

- Selalu gunakan kondom pada saat melakukan hubungan seksual.

- Sebaiknya selalu berkonsultasi dengan dokter terutama bagi wanita hamil yang terinfeksi herpes untuk menghindari penularan virus tersebut atau menghindari komplikasi yang dapat membahayakan bayi nantinya.

 

Nah, itulah tadi berbagai macam cara menyembuhkan herpes kelamin dimana cara tersebut bertujuan agar mengurangi gejala yang telah diberikan oleh herpes kelamin.

Dan jika misalkan Anda mengalami salah satu gejala herpes kelamin maka ada baiknya untuk konsultasikan kepada Kami di Klinik Utama Gracia atau bisa juga berkonsultasi dengan mengklik tombol chat online di atas.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.