User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Waspadalah, Inilah Ciri Ciri Kutil Kelamin Pada Pria dan Wanita


Seringnya kita tidak menyadari bahwa biasanya terdapat ciri ciri kutil kelamin pada pria maupun pada wanita sebelum penyakit kutil kelamin (Genital Warts) ini bisa menginfeksi seseorang, namun sayangnya kebanyakan orang belum mengetahui ciri cirinya tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa biasanya ciri ciri kutil kelamin akan tumbuh pada vagina dan penis, sehingga pertumbuhan kutil kelamin yang tumbuh di sekitar kelamin harus segera di atasi agar tidak menyebar dan menular pada orang lain, khususnya orang-orang yang Anda cintai.

Baca Juga: 4 Metode Ini Dipercaya Ampuh Untuk Menghilangkan Kutil Kelamin

Biasanya tahapan awal pertama kali kutil hanya tumbuh satu buah saja dan kutil kelamin tersebut bisa menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan dan hal tersebutlah yang membuat kutil kelamin sering disepelehkan, sehingga ada baiknya agar mencegah kutil kelamin mulai dari sekarang juga

Namun jika Anda ataupun pasangan telah terlanjut terinfeksi kutil kelamin maka jangan khawatir karena terdapat banyak cara untuk mengobati kutil kelamin, bisa dengan cara medis dengan melalui operasi tertentu atau dengan cara alternatif lainnya.



Lalu, Apa Sajakah yang Menyebab Kutil Kelamin?
Dengan mengetahui penyebab kutil kelamin di harapkan Anda bisa menghindarinya agar terhindari dari kutil kelamin maka ada baiknya Anda untuk menghindari berbagai macam hal seperti:

- Tidak menjaga kebersihan organ intim

- Melakukan seks bebas

- Terinfeksi virus HPV

- Berhubungan seks sewaktu muda tanpa menggunakan kondom sebagai pelindung

- Berbagi barang pribadi (seperti celana dalam)

- Pernah terkena penyakit kelamin sebelumnya

- Pernah melakukan Seks oral dengan seseorang yang terinfeksi

- Menggunakan Seks toys yang tidak steril

Waspada, Inilah Ciri Ciri kutil kelamin Pada Pria dan Wanita:

- Ciri ciri kutil kelamin pada wanita biasanya kutil akan tumbuh pada bagian vulva, dinding vagina, daerah antara kelamin eksternal dan anus, lubang anus, dan leher rahim.

- Ciri ciri kutil kelamin pada pria biasanya kutil akan tumbuh pada bagian di ujung atau batang penis, skrotum, atau pada anus.

- Selain itu kemungkinan besar ciri ciri kutil kelamin dapat berkembang di bagian mulut juga atau pada tenggorokan dari seseorang yang memiliki kontak seksual oral dengan orang yang terinfeksi.

- Ciri ciri kutil kelamin selanjutnya adalah terdapat benjolan kecil yang muncul seperti daging berwana abu-abu atau pembengkakan didaerah kelamin.

- Adanya beberapa kutil yang berdekatan mirip seperti bentuk kembang kol.

- Kutil kelamin biasanya akan menimbulkan gejala gatal-gatal atau rasa tidak nyaman di daerah kelamin.

- Adanya pendarahan saat berhubungan intim.

Bagaimanakah Kutil Kelamin Didiagnosis?

Munculnya kutil kelamin begitu kecil sehingga tak kasat di lihat mata telanjang yang lama kelamaan kutil kelamin dapat muncul semakin banyak, maka dengan diagnosis yang tepat kemungkinan besar kutil kelamin dapat lebih mudah

Selain itu dokter akan melakukan pemeriksaan secara lebih mendetail biasanya tergantung kepada lokasi kutil kelamin yang tumbuh di dalam vagina dan dokter akan menggunakan alat yang disebut spekulum untuk melihat dinding vagina dan leher rahim, sedangkan jika kutil kelamin tumbuh di dalam anus biasanya dokter akan menggunakan alat yang disebut proktoskop.

Khusus untuk wanita, test papsmear dan pemeriksaan area panggul sebaiknya rutin untuk dilakukan. Selain bisa mendeteksi adanya perubahan di dinding dan leher rahim akibat kutil kelamin, pemeriksaan yang dilakukan dengan cara mengambil sampel sel dari rahim untuk diperiksa di laboratoruim ini bisa mendekteksi tanda-tanda kanker rahim sejak dini.

Bagaimanakah Pencegahan Kutil Kelamin?

Sebagai langkah utama, kutil kelamin dapat kita cegah dengan langkah-langkah sebagai berikut:

- Apabila Anda mencurigai pasangan memiliki kutil kelamin maka gunakanlah kondom, karena kondom dapat melindungi dari paparan kulit langsung, namun bukan berarti dengan menggunakan kondom dapat mencegah kutil kelamin sampai 100%

- Melakukan vaksinasi yang dapat melindungi terhadap dua jenis virus yang paling umum menyebabkan kutil kelamin dan kanker leher rahim.

- Vaksin HPV ini sekarang tersedia luas di klinik dan di rumah sakit dan seorang pria juga dapat di vaksinansi untuk mencegah kutil kelamin dan melindunginya terhadap kanker yang di sebabkan oleh Virus HPV.

Bagaimanakah Cara Mengobati Atau Menghilangkan Kutil Kelamin?

- Metode Eksisi
Metode eksisi adalah metode dimana kutil akan di potong dan dibuang, selanjutnya luka pada kulit akan di jahit.

- Metode Bedah Listrik
Metode bedah listrik adalah metode yang dilakukan setalah eksisi, yaitu dengan cara dibakar dengan kawat yang panas untuk menghancurkan sisa-sisa jaringan kutil, metode ini biasanya di terapkan untuk menghilangkan kutil dibagian vulva dan anus.

- Metode Cryotherapy
Metode Cryotherapy ini merupakan metode pelepasan kutil dengan cara dibekukan menggunakan cairan nitrogen. Metode ini dilakukan secara berkala untuk menghilangkan kutil kecil yang terdapat di penis dan di sekitar vulva tanpa sisa dan tertutup oleh kulit baru.

- Metode Bedah Laser
Metode bedah laser adalah metode yang menggunakan energi laser untuk membakar dan menghilangkan kutil. Metode ini menjadi metode terakhir yang dilakukan ketika metode ablasi lainnya tidak dapat mengobati kutil kelamin yang ukurannya besar dan letaknya sulit di jangkau seperti di dalam uretra atau anus.



Nah, itulah tadi berbagai macam ciri ciri kutil kelamin yang perlu Anda waspadai, dan jika Anda ataupun pasangan merasa memiliki ciri-ciri seperti di atas maka ada baiknya untuk segera konsultasikan dengan Kami di Klinik Utama Gracia, atau Anda bisa juga berkonsultasikan dengan mengklik tombol chat online diatas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.