User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Sifilis merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang diketahui penyebab sifilis disebabkan oleh adanya bakteri yang bernama Treponema pallidum.

Namun, sayangnya banyak diantara kita mungkin sering mendengar penyakit-penyakit yang bisa menular melalui hubungan seksual salah satunya sifilis ini penyakit yang sangat mudah menular pada orang yang sering melakukan hubungan seksual secara bebas.

Penyakit sifilis awalnya tidak ada menunjukan tanda-tanda sakit kemudian akan terasa sakit pada bagian alat kelamin, mulut atau sekitar anus.

Penyebaran dengan mudah terjadi jika ada kontak cairan antara tubuh dan ketika bakteri sudah masuk ke dalam tubuh maka bisa saja gejala tersebut tidak langsung muncul. Penyakit sifilis ini sangatlah mengerikan namun sebenarnya bisa disembuhkan pada tahap awal.

Ternyata Inilah Penyebab Sifilis Pada Pria dan Wanita


- Penyebab sifilis yang pertama adalah karena menyebar lewat hubungan seksual lewat cairan vagina, cairan anal maupun cairan oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi sipilis

- Penyebab sifilis yang kedua adalah karena adanya bakteri yang juga bisa menyebar melalui cairan tubuh seperti pemakaian jarum suntik secara bergantian dari seseorang terinfeksi ke orang yang sehat dan sering di temukan pada pengguanaan narkoba.

Selain itu penyebab sifilis bisa menjadi kondisi yang sangat serius pada bayi yang dilahirkan dengan persalinan normal oleh ibu yang terinfeksi penyakit sifilis. Kondisi yang lebih buruk lagi akan menyebabkan keguguran atau kematian bayi setelah dilahirkan.

Luka yang terdapat pada bagian organ kelamin juga menyebabkan penularan HIV/AIDS menjadi lebih mudah terjadi.

Wajib Tahu, Inilah Tahapan-Tahapan Sifilis:
Tahukah Anda bahwa penyakit sifilis berkembang dari berbagai tahapan, ditahap awal penyakit sifilis masih bisa diobati namun pada tahap akhir akan bisa menyebabkan komplikasi yang tentunya sangat berbahaya. Berikut di bawah ini adalah beberapa tahap penyakit sifilis yang perlu Anda waspadai.

- Sifilis Primer (Tahap 1)
Tahap ini ditandai dengan munculnya luka pada bagian mulut atau alat kelamin. Luka berkembang dari satu tempat dan menyebar ke sekitarnya.

Dan biasanya muncul luka bisa menjadi sangat sakit, selain itu penularan bisa sangat mudah dengan adanya luka yang terkontak cairan langsung dari penderita ke orang yang sehat.

Bakteri sifilis juga dapat berkembang pada tahap ini dimana waktu berkembangnya antara 2 hingga 6 minggu setelah seseorang terinfeksi sifilis dan kemungkinan rasa sakit tersebut bisa hilang setelah 6 minggu, namun jika tidak segera diobati maka bakteri sebenarnya masih tetap tinggal dalam tubuh dan akan berlanjut ke tahapan sifilis berikutnya.

- Sifilis Sekunder (Tahap 2)
Tahap sifilis sekunder biasanya ditandai dengan rasa sakit yang berkembang dari alat kelamin atau mulut ke bagian kulit dan tenggorokan, lalu berkembangnya rasa sakit dapat munculnya ruam pada kulit dan gejala lain sebelum menjadi tahap laten adalah bengkak pada kelenjar getah bening.

Setelah tahap tersebut gejala akan menghilang sendiri tanpa menyebabkan rasa sakit, namun sebenarnya penyakit itu bisa memasuki ke tahapan selanjutnya dan dimana tahap ini penyakit bisa berkembang selama beberapa tahun tanpa ada rasa sakit sama sekali.

- Sifilis Tersier
Tahap ini menjadi sangat serius dibandingkan pada tahap sekunder, dan biasanya tidak terjadi lagi gejala, namun akan berkembang menjadi rasa sakit akibat terjadi kerusakan pada organ tubuh hal tersebut terjadi karena bakteri sudah menyerang tanpa bisa dihentikan.

Beberapa bagian tubuh yang dirusak oleh bakteri sifilis tersebut seperti saraf, jantung, mata, hati, ginjal, pembuluh darah, sendi, tulang dan otak. Selain itu meskipun perawatan tahap awal sudah dilakukan tetap bisa terjadinya kerusakan pada organ tubuh.

Awas, Inilah Bahaya Sifilis Untuk Ibu Hamil dan Janin
Tahukah Anda bahwa ternyata Sifilis yang diderita oleh ibu hamil bisa menjadi sangat berbahaya untuk ibu hamil dan janinnya?

Selain itu berkembangnya penyakit dari ibu melalui plasenta bayi yang dilahirkan terinfeksi sifilis sama sekali tidak menunjukkan gejala, namun biasanya akan terjadi ruam pada kulit bisa menjadi pertanda yang serius dan berikut di bawah ini adalah dampak pada bayi yang telah terinfeksi sifilis dari ibu pada saat hamil, diantaranya:

- Mengalami kerusakan pendengaran yang menyebabkan tuli

- Mengalami kerusakan pada rahang dan bagian gigi

- Mengalami kerusakan pada bagian rahang dan tulang hidung

Lalu, Siapa Sajakah yang Bisa Terinfeksi Sifilis?



- Seseorang yang melakukan hubungan seksual dan selalu berganti-ganti pasangan.

- Seseorang yang berhubungan seksual dengan banyak orang baik sesama jenis atau berbeda jenis kelamin.

- Laki-laki yang berhubungan seksual dengan laki-laki secara anal.

- Penderita penyakit HIV/AIDS.

Lalu, Bagaimanakah Cara Mendiagnosa Sifilis?

- Tes darah: tes darah dilakukan oleh dokter untuk mengetahui jenis antibodi tertentu yang berfungsi untuk melawan infeksi terjadap bakteri penyebab sifilis.

- Pemeriksaan cairan pada bagian luka sifilis, dimana dokter akan mengambil sample dari luka pada bagian yang terkena sifilis diuji dibawah mikroskop. Dalam pemeriksaan ini juga bisa diketahui jenis sifilis yang terjadi termasuk untuk tahap primer, sekunder dan tersier.

- Selain itu dilakukan pemeriksaan cairan pada bagian tulang belakang otak untuk mengetahui bakteri sifilis yang sudah masuk ke dalam tubuh menyebabkan kerusakan pada bagian syaraf. Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan metode pengambilan cairan dari tulang belakang atau spinal tap.

Bagaimanakah Cara Mencegah Sifilis?

- Lakukan Hubungan Seksual Hanya dengan Pasangan Anda yang sudah Anda nikahi

- Hindari Hubungan Seksual Sesama Jenis

- Gunakan Kondom

- Hindari Penggunaan Narkoba

Bagaimanakah Cara Mengobati Sifilis?
Pengobatan pertama dilakukan dengan memberikan obat antibiotik untuk mengatasi sifilis melalui suntikan dari dokter, jenis antibiotik bisa membunuh bakteri dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. perawatan ini sangat penting untuk sifilis pada tahap awal.

Wanita hamil yang terkena penyebab sifilis juga bisa menerima suntikan penisilin dari resep dokter, dan hal ini juga dilakukan terhadap bayi yang baru dilahirkan.

Namun, terdapat efek samping dari suntikan penisilin adalah seperti demam, sakit perut, mual, nyeri, sakit otot, sakit kepala, dan meriang. Efek samping ini biasanya akan berlangsung selama beberapa hari.

Pentingnya untuk mengetahui penyebab sifilis
Pengetahuan tentang penyakit sifilis sangat penting untuk semua orang. Penting mengetahui bagaimana penularan dan penyebaran sifilis maka bisa menghindari proses penularan tersebut.

Pengetahuan ini juga sangat baik untuk mencegah agar berbagai kebiasaan buruk yang melanggar norma sosial bisa ditinggalkan. Perilaku yang baik seperti setia dengan satu pasangan, menjauhi seks sejenis dan sek bebas, menjauhi narkoba adalah langkah yang sangat baik untuk mencegah sifilis.

Sifilis termasuk salah satu penyakit menular seksual, penyebab sifilis yaitu jika terjadi kontak hubungan antara seseorang dengan yang sudah terinfeksi sifilis.

Perlu Anda ketahui bahwa seseorang yang sudah terinfeksi sifilis maka kemungkinan besar kerusakan yang disebabkannya tidak akan mengembalikan kekeadaan seperti semula walaupun telah dilakukan pengobatan dan pada intinya sifilis bisa menyebabkan kerusakan pada organ tubuh


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.