User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit yang disebabkan oleh hubungan seks yang tidak aman sering kita kenal dengan sebutan infeksi menular seksual (IMS). Mungkin bagi orang awam lebih dikenal dengan istilah penyakit kelamin. Karena IMS akan menimbulkan beberapa gejala tak biasa pada kelamin. Penyakit kelamin terdiri dari berbagai macam jenisnya. Kita akan membahas satu persatu mengenai macam-macam penyakit kelamin yang sering terjadi selain HIV/AIDS..

Sebagian besar penyakit kelamin disebabkan oleh hubungan seks yang taka man seperti hubungan seks dengan orang yang tidak anda ketahui riwayat penyakit kelaminnya tanpa menggunakan pengaman, melakukan hubungan seks dengan orang yang sudah tertular penyakit kelamin, dan sering bergonta-ganti pasangan seks juga menjadi penyebab seseorang terkena penyakit kelamin. Namun penyakit kelamin tidak hanya ada satu jenis yang sering kita dengan seperti HIV/AIDS saja. Tetapi cukup banyak.

Macam-Macam Penyakit Kelamin

Herpes Genital

Salah satu penyakit kelamin yang sering muncul pada tubuh seseorang adalah herpes genitalis atau herpes simplexs. Ciri-ciri penyakit kelamin yang satu ini adalah timbulnya semacam benjolan-benjolan seperti cacar air yang tumbuh disekitar area kelamin.

Penyakit ini akan menimbulkan luka melepuh yang cukup parah. Selain di area kelamin, penyakit herpes juga dapat muncul di mulut, tenggorokan jika anda pernah melakukan seks oral. Juga bisa timbul di anus, jika anda pernah melakukan seks anal. Lebih bahayanya, terkadang herpes tidak menunjukan gejala apapun pada penderitanya sebelum munculnya luka melepuh di area kelamin.

Gonore

Di Indonesia, mungkin orang lebih sering mengenal gonore sebagai kencing nanah. Karena memang penyakit gonore menimbulkan gejala menggeluarkan cairan dari alat kelamin yang berupa lendir seperti nanah. Sehingga disebut penyakit kencing nanah.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang dikenal dengan sebutan bakteri Neisseria gonorrhoaee yang dan bakteri jenis ini merupakan bakteri yang menular, dan penularannya melalui cairan dari alat kelamin pria dan wanita. Banyak dari penderita gonore yang tidak menyadari bahwa ia sudah tertular bakteri kencing nanah, karena hampir sebagian besar penderita gonore tidak menunjukan gejala yang pasti.

Klamidia

Klamidia lebih rentan menyerang wanita. Penyakit ini dapat menyerang wanita yang berusia dibawah 25 tahun. Apa lagi klamidia pun sering tidak menunjukan gejala apapun pada penderitanya. Tanda seorang wanita mengalami klamidia biasanya akan menyebabkan keputihan yang tidak normal dan rasa panas seperti terbakar pada alat kelamin.

Pada wanita penyakit ini dapat cukup parah, seperti masuk ke dalam tubuh dan dapat menyerang organ rahim wanita. Jika pada pria, terkadang penyakit ini tidak akan menunjukan tanda-tanda yang lebih parah. Tetapi gejala pada umumnya bisa terlihat seperti rasa sakit saat berkemih dan pembengkakan pada testikel.

Sifilis

Macam-macam penyakit kelamin lainnya adalah sifilis, sifilis di Indonesia dikenal dengan sebutan raja singa. Gejala umum pada sifilis adalah akan munculnya luka di area kelamin, dan luka tersebut akan hilang sekitar satu bulan. Tetapi virus penyebab sifilis dapat hidup hingga berpuluh-puluh tahun dalam tubuh penderitanya. Sehingga sifilis sering satu-satunya penyakit kelamin yang memiliki empat tahapan pada penderitanya. Dan setiap tahapan akan menimbulkan gejala yang berbeda-beda.

Trikomoniasis

Macam-macam penyakit kelamin yang satu ini sering sekali menunjukan gejala dan bisa tumbuh dalam tubuh tanpa disadari oleh penderitanya. Banyak orang yang sering tidak menyadari bahwa dirinya sudah terinfeksi trikomoniasis. Penyakit ini disebabkan oleh parasite Trichomonas vaginalis.

Terlebih banyak penderita trikomoniasis yang tidak menunjukan gejala apapun ketika mereka terserang penyakit ini. Biasanya gejala pada pria adalah rasa gatal pada penis, rasa sakit saat berhubungan badan, dan pada wanita akan muncul gejala seperti keputihan yang abnormal, vagina lebih merah, dan bau yang tidak sedap pada vagina.