User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Herpes genitalis merupakan infeksi menular seksual yang menyerang alat kelamin, baik pria maupun wanita. Herpes genitalis disebabkan oleh virus Herpes Simplexs (HSV). Penularan virus dapat terjadi melalui hubungan seks, baik seks kelamin, anal, maupun seks oral.

Virus HSV akan meyerang bagian kulit dan saraf tepi. Sehingga terkadang herpes simplexs akan menyebabkan rasa nyeri, ngilu, dan juga sakit bagi bagian yang tumbuh semancam bentol-bentol pada tubuh. Bentolan tersebut akan tumbuh pada bagian tubuh yang terserang virus.

HSV tertular melalui hubungan seks. Apabila anda melakukan hubungan seks tanpa pengaman dengan orang yang sudah terjangkit virus HSV, maka anda kemungkinan besar akan terjangkit. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka sudah tertular, sebelum munculnya bentol-bentol disekitar area kelamin. Dan juga bentol-bentol tersebut bisa muncul dibagian mulut serta anus jika anda pernah melakukan seks anal dan seks oral.

Gejala Herpes Genitalis

  • Muncul ruam disekitar kelamin, anus, dan mulut
  • Disertai demam
  • Luka melepuh
  • Sakit saat kencing
  • Sakit pada panggul
  • Timbulnya cairan yang tak wajar pada vagina dan penis.

Virus HSV tidak selalu akan aktif didalam tubuh. Biasanya virus akan non aktif dalam sementara waktu, dengan ditandai hilangnya ruam tanpa pengobatan. Meskipun hilang, bukan berarti herpes simplexs sudah sembuh dan hilang. Virus HSV bisa kembali muncul ketika metabolisme tubuh anda sedang menurun.

Penyebab

Herpes simplexs disebabkan oleh virus HSV yang ditularkan dari hubungan badan. Ada dua jenis virus HSV. Dimana kedua virus tersebut akan menyebabkan timbulnya ruam yang berbeda-beda pada tubuh. Virus HSV 1 yang akan menimbulkan ruam pada bagian mulut, sedangkan HSV 2 akan menular melalui hubungan seks dan menyerang alat kelamin.

Diagnosis dan Pengobatan

Herpes simplexs dapat didiagnosis setelah anda melakukan pemeriksaan kepada dokter spesialis kelamin. Dimana dokter akan menanyakan gejala apa saja yang anda rasakan, dan dokter akan mengambil sampel bentol yang muncul pada tubuh anda untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui apa yang menyebabkan luka tersebut muncul.

Bagi wanita hamil yang tertular virus HSV, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan. Karena virus dapat menyerang janin yang ada pada kandungan anda. Sebaiknya segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk mengetahui kondisi janin anda.

Herpes genitalis merupakan penyakit kelamin yang belum ditemukan obatnya. Herpes simplexs tidak dapat disembuhkan secara total, pengobatan yang dilakukan hanya untuk mencegah kembali aktifnya virus dan juga agar tubuh dapat melawan virus penyebab herpes simpleks tersebut.

Adapun tiga jenis obat yang sering diberikan pada penderita herpes simplexs adalah acyclovir, famciclovir, dan valacyclovir. Anda juga dapat mencoba untuk melakukan perawatan sendiri dirumah, dengan selalu membersihkan bekas luka, memberikan es batu pada bagian benjolan-benjolan yang tumbuh berkelompok disekitar area kelamin. Usahakan menggunakan pakaian yang nyaman digunakan untuk anda.

Pencegahan Herpes

Seperti dijelaskan diatas, penyebab herpes simplexs adalah sering bergonta-ganti pasangan, dan tidak menggunakan alat pengaman saat berhubungan seks dengan orang lain, dan sering melakukan seks anal. Agar terhindar dari herpes genitalis, maka anda dianjurkan untuk tidak selalu bergonta-ganti pasangan seks. Milikilah satu orang pasangan seks agar anda aman dalam melakukan hubungan seks.

Apabila anda ingin melakukan pemeriksaan herpes genitalis, maka anda dapat datang ke Klinik Utama Gracia untuk berkonsultasi dan melakukan penanganan medis untuk mencegah virus kembali aktif dan timbulnya berbagai ruam disekitar kelamin anda.